3 Kelebihan Kemasan Cup Minuman Kekinian untuk Menarik Pembeli

Memilih kemasan cup minuman kekinian sangat penting untuk dilakukan mengingat persaingan saat ini sudah sangat ketat. Bahkan, di satu daerah saja mungkin terdapat puluhan orang yang menjual produk sama.

Oleh karena itu, kemasan dapat digunakan sebagai pembeda sekaligus menarik perhatian calon pembeli di samping kualitas rasa tetap harus diperhatikan. Sayangnya, masih banyak orang mengabaikan hal ini dan terkesan membuat kemasan seadanya.

Itulah sebabnya jika Anda ingin tetap bertahan di tengah persaingan, sebaiknya mulai sekarang perhatian betul tentang kemasan tersebut. Menariknya, semua itu akan Anda pelajari pada pembahasan kali ini.

Kelebihan Menggunakan Kemasan Cup Minuman Kekinian

Kelebihan Menggunakan Kemasan Cup Minuman Kekinian

Beberapa masih memandang sebelah mata terkait dampak kemasan minuman terhadap penjualan. Padahal, ada berbagai kelebihan atau manfaat jika Ada menggunakan kemasan dengan desain kekinian.

1. Meningkatkan nilai jual

Hal pertama dan perlu digarisbawahi adalah penggunaan cup minuman kekinian dapat meningkatkan nilai jual suatu produk. Bukan hanya minuman saja, industri lain seperti makanan, kerajinan, dan sebagainya juga sudah menerapkannya.

Sebagai contoh, es teh mungkin hanya akan dihargai sekitar Rp2.000 hingga Rp4.000 saja untuk kemasan plastik biasa. Akan tetapi, dengan kemasan yang cantik dan desain menarik, minuman tersebut bisa saja dijual seharga Rp5.000 hingga Rp10.000.

Kasus tersebut bukan merupakan sesuatu yang asing. Pasalnya, Anda bisa melihat berbagai minuman kekinian di tempat tertentu seperti mall menjual minuman seharga Rp10.000 hingga Rp15.000 dengan kemasan yang menarik.

2. Menjadikan branding

Fungsi kemasan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai media untuk branding. Di kemasan tersebut, Anda bisa menyematkan logo, brand, serta alamat sehingga orang-orang dapat mengenali produk dengan baik.

Tentu saja hal tersebut berbeda jika Anda hanya mengemas minuman secara polos tanpa ada identitas. Apabila pembeli merasa puas dengan rasanya, maka mereka akan lebih mudah menghubungi atau setidaknya mencari tahu informasi lengkap seputar brand Anda.

3. Menarik perhatian pembeli

Tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu dan tenaga untuk membuat desain cup minuman yang menarik. Pasalnya, sebagian besar pasar minuman kekinian adalah anak-anak hingga remaja.

Oleh karena itu, desain kemasan benar-benar harus diperhatikan agar mereka tertarik untuk membeli produk Anda dibandingkan penjual lainnya. Bahkan, jika kemasan Anda unik, bukan tidak mungkin pembeli akan mengambil foto dan mengunggah ke akun sosial media mereka sehingga secara tidak langsung menjadi promosi gratis.

Ide Desain Cup Plastik Minuman Kekinian

Ide Desain Cup Plastik Minuman Kekinian

Setelah mengetahui manfaat di bagian sebelumnya, mungkin Anda sudah mulai tertarik namun belum memiliki gambaran akan desain yang akan digunakan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda coba.

1. Full color

Desain kemasan full color adalah yang paling sering digunakan karena sangat ampuh untuk menarik perhatian pembeli. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar desain cup minum yang telah dibuat berfungsi lebih maksimal.

Pertama, pastikan desain yang dibuat terletak pada satu sisi kemasan saja. Dengan begitu, fokus yang diberikan hanya akan terpusat pada satu titik saja sehingga lebih menarik.

Selanjutnya, tentukan elemen apa saja yang akan diaplikasikan ke kemasan, apakah itu logo saja, nama brand, tagline, atau website. Pastikan untuk tidak terlalu menambahkan banyak elemen dan membuat kesan ramai.

Terakhir, pilih kombinasi warna yang tepat. Akan lebih baik jika warna ini senada dengan color tone dari brand Anda seperti merah untuk ceria atau biru untuk ketenangan.

2. Menggunakan quotes

Memasukkan kata-kata di cup minuman juga kerap dilakukan oleh beberapa brand. Biasanya ketika kata-kata tersebut terasa cocok dengan pembeli, mereka akan mengunggahnya ke media sosial dan produk Anda bisa tersebar secara gratis.

Untuk pemilihan kata-kata, pastikan untuk tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Selain itu, sesuaikan pesan tersebut dengan kehidupan pembeli.

Misalnya, jika target pembeli Anda adalah anak muda, maka carilah kata-kata yang berkaitan dengan motivasi berjuang atau percintaan. Semakin banyak quote yang dimiliki maka akan semakin baik untuk diaplikasikan ke banyak kemasan.

3. Desain simpel

Desain yang simpel biasanya kerap dipakai untuk kemasan paper cup karena secara visual jenis ini memang sudah cukup menonjol dibandingkan bahan plastik. Jika ingin menerapkan ini, pastikan untuk memilih hanya satu saja elemen yang ditampilkan, apakah itu logo, tagline, atau nama brand.

Selain itu, gunakan satu warna yang konsisten dan satu jenis font unik agar lebih mudah dihafal customer. Usahakan untuk memilih warna netral seperti abu-abu, cokelat, atau hitam.

Ide Bisnis Minuman dengan Kemasan Cup Minuman Kekinian

Ide Bisnis Minuman dengan Kemasan Cup Minuman Kekinian

Sebenarnya hampir semua minuman saat ini bisa diaplikasikan menggunakan kemasan kekinian. Akan tetapi, berikut ini adalah beberapa rekomendasi dengan pasar yang cukup banyak.

1. Minuman boba

Meskipun sudah tidak sepopuler awal kemunculannya, minuman ini masih ramai peminat karena rasa dan teksturnya yang unik. Anda bisa menggunakan kemasan boba dengan karakter bening agar butiran-butiran di dalamnya dapat terlihat jelas.

Selanjutnya, agar terlihat lebih menarik, silakan tambahkan elemen seperti logo atau nama brand pada satu sisi. Konsep desain seperti ini adalah yang paling banyak digunakan karena terbukti efektif menampilkan visual minuman dengan baik.

2. Minuman es teh

Bisa dibilang keberadaan es teh sangat mudah ditemui karena hampir setiap tempat makan pasti menyediakannya. Namun, apakah hal tersebut kemudian membuktikan bahwa peminat es teh dalam kemasan sedikit?

Jawabannya adalah tidak. Pasalnya, saat ini banyak brand minuman es teh kekinian yang dibalut dengan kemasan menarik mampu memikat hati para anak-anak muda.

3. Olahan kopi

Jumlah peminat kopi di Indonesia memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari anak muda hingga dewasa semua tertarik dengan minuman satu ini.

Hanya saja, biasanya anak muda lebih menyukai olahan kopi yang lebih manis seperti cappuccino, dalgona, kopi susu, dan sebagainya lalu menyajikannya dengan es. Jadi, ini bisa menjadi salah satu alternatif ide apabila Anda ingin berjualan minuman kekinian.

4. Jus buah

Terakhir adalah jus buah. Bisa dilihat di berbagai kios jus buah pasti menyediakan kemasan kekinian apabila pembeli ingin membawanya pulang.

Meskipun sudah banyak pesaing, namun kenyataannya memilih berjualan jus buah masih sangat prospektif. Pasalnya, kesadaran masyarakat akan menjaga pola hidup sehat masih cukup tinggi, terutama bagi pelaku diet.

Selain itu, olahan jus buah juga menyajikan rasa yang nikmat. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba melakoni usaha ini dengan membuat kemasan menarik dan kekinian.

Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah pilih buah yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan kualitas rasa dari jus sangat tergantung dari buah yang digunakan.

Setelah menyimak pembahasan ini, sekarang Anda sudah mengetahui betapa pentingnya kemasan cup minuman kekinian terutama dalam menarik perhatian calon pembeli. Jadi, sebaiknya persiapkan desain kemasan tersebut dengan baik agar hasilnya maksimal.

Bagikan Postingan: