Gaji Masinis ~ Supir adalah orang terpenting yang bertanggungjawab terhadap kendaraan yang dioperasikannya. Tak terkecuali supir khusus kereta atau yang disebut masinis. Menjadi masinis bukanlah hal yang mudah. Perjalanan panjang seorang masinis sama dengan tanggung jawab besar yang dipikulnya.
Tahukah Anda, kalau masinis itu hanya boleh menjalankan kereta selama 4 – 5 jam setiap harinya. Jam kerja yang sangat singkat, bukan? Jam kerja singkat, tetapi taruhannya nyawa ratusan orang. Kira-kira bagaimana liku pekerjaan dan berapa gajinya?
Deskripsi Masinis
Tahukah Anda, kalau “masinis” sebenarnya dari Bahasa Belanda “machinist”, yang artinya juru mesin. Di Indonesia ada beberapa jenis kereta yang beroperasi. Dari mulai kereta jarak jauh, kereta lokal atau pun KRL.
Tugas Masinis
Dihimpun dari laman resmi KAI dan beberapa sumber lain, seorang masinis bertugas dalam:
- Memeriksa kondisi mesin dan kereta sebelum diberangkatkan.
- Memastikan muatan barang sudah sesuai dengan kapasitas yang tercatat.
- Memastikan kemungkinan adanya masalah dengan rute yang nantinya dilalui, agar bisa mencari rute alternatif.
- Mempercepat atau memperlambat, maupun menghentikan laju kereta api, dengan mengikuti atau mematuhi sinyal dan atau semboyan khusus dari ruang kontrol.
- Mengontrol seluruh instrumen di dalam kabin kendali kereta.
- Menjamin keselamatan kereta api yang sedang dijalankannya.
- Menjaga kereta agar tetap berjalan terkendali, sesuai kecepatan yang tepat.
- Memperhatikan dan menaati peraturan keselamatan perjalanan.
- Melaporkan atau mengingatkan ke bagian pusat kendali, jika tampak ada bahaya seperti kejanggalan rute atau hal lain yang tidak seharusnya ada di jalur kereta sisinya.
Kualifikasi Masinis
Kualifikasi / Skill yang Harus Dikuasai Masinis
Ada beberapa kualifikasi dan atau skill yang harus dikuasai atau dimiliki jika Anda ingin menjadi seorang masinis, yaitu:
- Pria berusia 18 – 25 tahun
- Memiliki tinggi badan minimal 165 cm
- Rata-rata nilai kelulusan (UAN/NEM) minimal 7
- Lolos dalam rangkaian seleksi, pendidikan dan pelatihan serta uji sertifikasi yang diadakan PT. Kereta Api Indonesia atau pun Kementerian Perhubungan RI
- Sebelum melakukan perjalanan kereta, akan dites kesehatan termasuk tes alkohol yang presentasi/kadar alkoholnya harus nol
- Memahami SOP dalam mengoperasikan kereta api
- Mampu melihat, membaca serta memahami pengumuman dan instruksi yang ada
- Menguasai dan memahami sinyal atau semboyan khusus kereta api
Pendidikan / Jurusan yang Bisa Diambil Masinis
Untuk menjadi seorang masinis, syarat minimal pendidikannya adalah:
- SMA IPA
- SMK jurusan mesin atau listrik atau otomotif
Gaji Masinis di Indonesia
Gaji masinis kereta api setiap bulannya sekitar Rp 7.500.000 – Rp 12.000.000. Masinis senior bisa mendapatkan gaji bulanannya mencapai Rp 18.000.000.
Selain gaji yang didapatkannya, masinis juga mendapatkan tunjangan. Seperti tunjangan istri dan anak, transportasi, tempat tinggal (mess), premi atau asuransi dan lain-lain.
Prospek Kerja Masinis
Jenjang Karir Masinis
Setelah lolos seleksi penerimaan, calon masinis akan melalui Basic Development Program di markas militer. Kemudian menempuh pendidikan dan pelatihan Awak Sarana Perkeretapian Tingkat Pertama, selama 2,5 bulan. Dilanjutkan uji teknis untuk pengoperasian (sesuai jenis sarana kereta api) dan pemahaman lintas.
Lalu praktik mengoperasikan lokomotif (Kereta Rel Diesel) di Depo KAI, didampingi petugas perawatan sarana, maksimal 1 bulan. Praktik langsir dengan sarana penggerak non-listrik, didampingi instruktur masinis, maksimal 2 bulan.
Mengikuti perjalanan kereta api maksimal 1 bulan, lalu ujian Sertifikasi Awak Sarana Perkeretapian Tingkat Pertama. Kalau lolos, Anda akan menjadi asisten masinis. Setelah jam kerja sudah atau lebih dari 2.000 jam, akan melalui tahapan yang hampir sama seperti sebelumnya, untuk mendapatkan Sertifikasi Awak Sarana Perkeretapian Tingkat Muda. Jadilah karir barunya sebagai masinis seutuhnya.
Di mana Masinis bekerja?
Masinis sudah pasti bekerja di atas kereta, yang diberangkatkan, singgah dan berhenti di Stasiun. Masinis lokomotif hanya menjalankan lokomotif keretanya, tidak bisa mengoperasikan KRL, dan sebaliknya.