Gaji Marketing ~ Marketing merupakan posisi strategis dalam sebuah perusahaan dimana berkaitan langsung dengan penjualan, pendapatan perusahaan, serta strategi promosi perusahaan. Posisi marketing memiliki tugas menyeluruh seperti mengembangkan produk, merencanakan strategi promosi, baik terkait branding dan juga penjualan.
Marketing adalah posisi yang krusial sehingga dapat menjadi kesempatan karir yang sangat bagus untuk Anda. Apa saja tugas marketing dan berapa gajinya? Rata-rata gaji marketer di Indonesia adalah Rp 5.700.000 per bulan. Kami akan mengulas kisaran gaji, job description, dan skill posisi marketing.
Gaji Marketing Sesuai Posisi dan Jabatan
Berikut beberapa posisi di bidang marketing serta rata-rata gaji per bulannya di Indonesia:
- Digital Marketer: 5.500.000
- Content Marketer: 5.700.000
- Social Media Specialist: 5.700.000
- Marketing Specialist: 8.000.000
- Marketing Manager: 15.000.000
Jobdesc Marketing
Posisi marketing memiliki jobdesc menyeluruh terkait dengan aktivitas pemasaran sebuah perusahaan, seperti merencanakan suatu produk, menetapkan harga penjualan, serta merencanakan dan melakukan promosi. Untuk detailnya, berikut adalah beberapa tugas dari seorang karyawan marketing:
Mengembangkan Produk
Seorang karyawan marketing akan berfokus pada produk perusahaan serta daya jualnya. Tidak hanya perlu merencanakan pengembangan sebuah produk yang telah dijual, seorang marketing juga perlu datang dengan ide produk baru yang potensial bagi perusahaan. Dalam pengembangan produk, seorang marketing perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui minat masyarakat serta keadaan pasar.
Menentukan Harga
Tugas seorang marketing selanjutnya adalah menentukan harga jual sebuah produk. Harga merupakan aspek penting, karena berkaitan secara langsung dengan laba perusahaan dan juga strategi memenangkan pasar. Seorang marketing perlu mempertimbangkan aspek operasional serta daya beli calon konsumen.
Merencanakan Promosi Produk
Aktivitas promosi sangat dekat dengan tugas marketing. Bahkan untuk tugas ini terdapat banyak cabang marketing yang telah kita pelajari sebelumnya. Pasalnya, dengan berkembangnya berbagai channel marketing, seorang marketer perlu beradaptasi dengan semua channel tersebut. Promosi pun banyak bentuknya, seorang marketer perlu mengambil strategi yang tepat sesuai channel dan target pasarnya.
Melayani Pelanggan dengan Baik
Seorang marketing merupakan representatif dari suatu perusahaan, sehingga marketing perlu berkomunikasi dan melayani pelanggan dengan baik. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan menjaga hubungan baik.
Skill yang perlu dimiliki Marketing
Untuk dapat mengemban tugas-tugas diatas, seorang marketing harus memiliki kemampuan yang mendukung. Berikut adalah skill perlu dimiliki seorang marketing.
Pengetahuan Pemasaran
Untuk menjadi karyawan marketing tentunya seseorang wajib memiliki pengetahuan akan pemasaran. Praktik terbaik marketing dari hulu hingga hilir. Kondisi pasar akan selalu berubah sehingga pengetahuan secara teori pun tidak cukup. Seorang marketing diperlukan kompeten dalam membangun strategi pemasaran.
Komunikasi
Karena posisinya yang strategis, karyawan marketing diperlukan memiliki komunikasi yang baik. Baik berkomunikasi pada prospek klien, partner, serta tim internal. Dengan komunikasi yang baik, tujuan dari semua aktivitas dapat tercapai.
Inovatif dan Kreatif
Tuntutan pekerjaan yang dinamis mengharuskan seseorang di bidang marketing memiliki sifat inovatif dan kreatif. Sifat ini akan membantu dalam mengembangkan produk serta strategi pemasaran lainnya. Terobosan-terobosan diperlukan untuk tetap menang dalam ekosistem dengan persaingan yang semakin ketat.
Nah itulah tadi penjelasan mengenai posisi marketing, mulai dari kisaran gaji, tugas-tugas, serta skill yang perlu dimiliki. Marketing adalah posisi strategis yang dapat menjadi pilihan karir yang sangat bagus untuk Anda. Penjelasan diatas tentunya dapat mempermudah anda dalam memahami posisi m