Gaji Digital Marketer ~ Apakah Anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang Digital Marketing? Maka mungkin Anda sedang memilih posisi yang sangat tepat. Karena, posisi ini memang sedang sangat diburu oleh banyak perusahaan. Mulai dari startup hingga perusahaan besar juga sedang meningkatkan kualitas digital marketing mereka.
Profesi ini merupakan sebuah profesi yang bisa dipelajari oleh siapapun. Digital marketing tidak hanya terbatas untuk para lulusan marketing saja, Anda bahkan bisa melakukan shifting career dari pekerjaan yang sebelumnya. Sebelum Anda mengetahui gaji Digital Marketing, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu mengenai apa itu Digital Marketing.
Apa itu Digital Marketing?
Pengertian dari digital marketing adalah sebuah proses pemasaran dari sebuah brand atau produk yang memanfaatkan media digital atau internet. Tujuan utama dari kegiatan di dalam digital marketing adalah untuk mempengaruhi serta menarik para konsumen dengan cara lebih cepat melalui platform digital.
Contoh dari beberapa teknik pemasaran yang bisa Anda klasifikasikan sebagai Digital Marketing adalah sebagai berikut:
- Periklanan Online
- Search Engine Optimization
- Email marketing
- Mobile apps marketing
- Key Opinion Leader
- Billboard Elektronik
- Affiliate Marketing
- Online Marketplace
Dengan menggunakan banyak pilihan platform dan channel tersebut, perusahaan bisa memiliki kesempatan kompetensi yang lebih besar dan cepat. Digital marketing akan memanfaatkan konten yang menarik untuk bisa menarik customer dan calon customer di dunia maya.
Tugas Digital Marketer
Dengan banyaknya channel marketing untuk melakukan kegiatan digital marketing, maka tugas dari digital marketer bisa kita bagi dalam beberapa job desk. Berikut ini merupakan tanggung jawab atau job desk yang dimiliki oleh seorang Digital Marketer:
1. Content Marketing
Digital marketer pada bagian content marketing memiliki tugas dalam pembuatan konten yang berkualitas. Tujuan konten tersebut adalah untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi mengenai layanan dan produk yang ditawarkan. Dalam sebuah kegiatan pemasaran media sosial, konten adalah kunci utama.
2. Social Media Marketing
Tugas yang satu ini berfungsi untuk bisa menjangkau target pasar dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, dll.
Social Media Marketing juga berfungsi untuk bisa membangun brand awareness produk secara efektif mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan.
3. Search Engine Optimization (SEO)
Seo Memiliki tugas dalam memenangkan persaingan dalam pencarian kata kunci di dalam sebuah search engine. Dengan begitu sebuah brand akan bisa membangun brand awareness melalui media blog. Seorang SEO Specialist bisa menggunakan teknik ini dengan cara membuat konten blog, mengoptimasi performa artikel di dalam website, dan melakukan research terhadap kata kunci pencarian yang populer dan relevan di mesin pencarian.
4. Pengiklan Online (Online Ads)
Memiliki tugas dalam melakukan iklan produk atau jasa melalui platform online yang tersedia, seperti google ads, tiktok ads, facebook ads, dll. Tujuannya adalah untuk melakukan jangkauan lebih luas, tertarget dan waktu yang lebih cepat.
Gaji Digital Marketer
Kita sudah membicarakan mengenai pengertian dan tugas dari Digital Marketing, maka kini saatnya kita membahas mengenai seberapa besar gaji Digital Marketer. Berikut daftar gaji digital marketing di indonesia.
- Digital Marketing Manager: IDR 12.000.000 – IDR 18.000.000
- Digital Marketing Specialist: IDR 6.000.000 – IDR 10.000.000
- Digital Marketing Staff: IDR 5.000.000 – IDR 8.000.000
Penutup
Jika Anda memang sudah sangat tertarik untuk menjadi seorang Digital Marketing, maka Anda bisa belajar secara otodidak dengan memanfaatkan beberapa macam tutorial online yang tersedia. Cara ini akan memang akan memakan waktu yang lebih lama karena tidak diarahkan oleh seorang mentor. Cara lain adalah dengan mengikuti pelatihan tertentu dan mencari mentor yang memang sudah berhasil menjadi seorang digital marketer.