Advertisements

Cara Menjadi Sastrawan Serta Skill yang Harus Dimiliki

Cara Menjadi Sastrawan

Cara Menjadi Sastrawan – Anda adalah seseorang yang memiliki imajinasi dan kreativitas tinggi? Pandai merangkai kata? Nah, kalau begitu Anda mungkin cocok dengan profesi satu ini!

Sekilas Tentang Sastrawan

Sastrawan sendiri adalah sebutan bagi seorang penulis sastra, pujangga ,cendekiawan, intelektual, ahli sastra, ataupun jauhari di diksi klasik.

Advertisements

Kata “Sastra” sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta “shaastra” yang bermakna “teks yang mengandung instruksi atau pedoman”.

Apa Saja Pekerjaan Seorang Sastrawan?

Menciptakan sebuah karya/ilmu yang berkaitan dengan suatu karya sastra, sejarah, biografi, dan ilmu-ilmu lainnya yang terkait.

Siapa saja yang bisa menjadi seorang sastrawan? Siapapun bisa menjadi sastrawan, yang terpenting orang itu mau berproses dan mau belajar lebih mengenai profesi satu ini.

Cara Menjadi Seorang Sastrawan

1. Tempuh Pendidikan Jurusan Sastra

Pertama, Anda bisa menempuh pendidikan yang sesuai. Contoh : Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, dan Sastra Asing lainnya.

Advertisements

2. Jangan Berhenti Membaca

Seorang penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Pengetahuan yang didapat seorang penulis selama proses membaca akan mempengaruhi daya pikirnya yang pada akhirnya juga mempengaruhi tulisan yang dibuatnya. Jadi, kalau Anda ingin jadi seorang penulis atau sastrawan maka salah satu caranya Anda harus gemar membaca.

3. Ikuti Kursus dalam Bidang Sastra

Cara Menjadi Sastrawan ketiga adalah dengan mengikuti kursus sastra, hal ini dilakukan jika Anda merasa kemampuan bersastra Anda masih kurang dan perlu ditingkatkan. Dengan mengikuti kursus, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan lebih serta mendapatkan mentor yang akan membimbing Anda.

4. Hasilkan Sebuah Karya

Seperti yang kita bahas sebelumnya, seorang sastrawan dikenal melalui karyanya. Jadi, untuk benar-benar menjadi seorang sasrawan Anda tentunya harus memiliki minimal 1 karya yang dipublikasikan secara umum. Contohnya : Buku Biografi, Novel, dan jenis-jenis karya sastra lainnya.

5. Jangan Berhenti Berproses

Jangan mudah puas dengan hasil yang Anda capai saat ini. Hasilkan lebih banyak karya sastra untuk menginspirasi lebih banyak orang.

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Sastrawan?

  • Skill komunikasi verbal yang baik.
  • Skill komunikasi tulisan yang baik, sehingga Anda bisa menyampaikan maksud dari tulisan Anda dengan benar pada para pembaca.
  • Kemampuan melakukan berbagai riset dari berbagai sumber yang kredibel, tujuannya agar karya sastra yang dihasilkannya berbobot dan informasi yang terkandung didalamnya lebih valid.
  • Kemampuan menulis kreatif.
  • Memiliki skill editing tulisan yang baik. Contoh : paham bagaimana cara menggunakan tanda baca yang benar dan penggunaan tata bahasa yang benar.
  • Paham bagaimana kaidah menulis karya sastra yang baik dan benar dengan mengacu pada berbagai pedoman yang tersedia.
  • Mampu berpikir dengan kritis.
  • Paham mana batas-batas yang tidak boleh dilewati. Seperti : tidak menciptakan karya sastra yang berpotensi menimbulkan kontroversi dan lain sebagainya.

Perkembangan Karir Seorang Sastrawan

Karir seorang sastrawan sendiri tak jauh berbeda dari Penulis. Namun, seorang sastrawan juga bisa menjadi Kritikus Sastra setelah ia benar-benar expert dalam bidang tersebut. Seorang sastrawan dikenal melalui karya-karya miliknya. Jadi, semakin banyak karya yang Anda buat maka Anda juga bisa semakin dikenal masyarakat.

Popularitas seorang sastrawan juga tak lepas dari popularitas karyanya. Jika Anda mampu menghasilkan karya-karya populer yang diminati banyak orang, maka nama Anda juga akan semakin populer.

Menjadi sastrawan adalah salah satu pekerjaan yang menarik. Anda bisa mengekspresikan diri Anda dan nilai-nilai yang Anda usung dalam bentuk tulisan.