Cara Menjadi Penari : Syarat, Karir

Cara Menjadi Penari

Cara Menjadi Penari ~ Penari adalah sebutan bagi seseorang yang menggerakkan tubuhnya secara berirama dan penuh penghayatan untuk menyampaikan perasaan dan pikirannya melalui gerakan tarian yang dibawakannya.

Seorang penari biasanya akan memiliki keahlian tertentu. Tergantung pada aliran tarian yang ditekuninya, seperti tari tradisional, tari kreasi, atau bahkan tari kontemporer. Agar menjadi seorang penari profesional, Anda harus tekun berlatih dan mengembangkan kemampuan Anda.

blackgarlic

Syarat Menjadi Seorang Penari

Sebelum mulai membahas tentang cara menjadi penari, ini dia syarat dan keahlian yang harus seorang penari miliki :

  • Memiliki tubuh yang fleksibel/lentur.
  • Bisa menghafalkan koreografi atau gerakan tarian dengan baik.
  • Memiliki stamina yang kuat.
  • Bisa bergerak sesuai dengan irama musik/lagu pengiring.
  • Kreatif.

Pilihan Karir Penari

Penari Tradisional dan Penari Modern (Dancer). Seorang penari tradisional akan membawakan beberapa tarian tradisional atau adat dari daerahnya masing-masing atau daerah lain. Contoh, tarian yang dibawakan adalah Tari Seudati (Aceh), Tari Saman Meuseukat (Aceh), Tari Pukat (Aceh), Tari Gambyong, Tari Kipas, Tari Kecak, dan lain sebagainya.

Sementara itu, tari modern sendiri adalah tarian yang berasal dari budaya luar. Sering dipadupadankan dengan berbagai genre musik seperti HipHop, RnB, Rap, dan sejenisnya

iklan gaji

Seorang penari tradisional biasanya tampil di berbagai ajang menari tradisional. Biasanya mereka memiliki sanggar tari tersendiri, sering tampil di ajang-ajang pagelaran budaya. Sementara itu, penari modern biasanya sering tampil di panggung-panggung sebagai pengiring (back dancer) seorang penyanyi atau ia juga bisa tampil solo atau bersama dengan group dancenya.

Cara Menjadi Penari

  1. Kuliah mengambil jurusan tari.
  2. Ikuti kursus atau bimbel tari.
  3. Gabung ke dalam group tari atau sanggar tari khusus.
  4. Ikuti berbagai pertunjukan tari.
  5. Anda juga bisa mengikuti berbagai pertunjukan tari.
  6. Mulailah dapatkan penghasilan sebagai seorang penari.

Cara menjadi penari sekilas tampak mudah untuk dilakukan. Namun, nyatanya tidak semua orang bisa menjadi seorang penari profesional. Anda harus memiliki minat & bakat dalam bidang tarian, ketekunan, semangat pantang menyerah, dan konsistensi.

Apalagi, penari sendiri bukanlah suatu profesi tetap layaknya seorang pekerja kantoran. Anda mungkin tak akan mendapatkan gaji tetap atau uang pensiun. Namun, Anda akan mendapatkan uang dari karya, penampilan, dan kreativitas Anda.

Jika Anda sudah ahli dalam menari dan memiliki modal yang cukup banyak. Anda bisa mulai membuka sanggar tari milik Anda sendiri atau kursus tari, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Seorang penari terkenal pastinya juga tak akan sepi job. Anda mungkin akan mendapatkan banyak sekali undangan untuk tampil di panggung pentas.

Tips Menjadi Seorang Penari

  • Pilih gaya tari yang paling sesuai dengan diri Anda.
  • Jika Anda masih pemula atau baru mau belajar, Anda bisa mengikuti kelas tari tertentu sehingga Anda akan memiliki mentor yang siap membimbing Anda.
  • Pastikan Anda juga memiliki gaya berbusana yang baik. Bagaimanapun juga, agar tarian yang Anda bawakan lebih memukau dan dapat tersampaikan dengan baik. Anda harus menggunakan beberapa pakaian dan atribut yang mendukung.
  • Latihlah ekspresi Anda.
  • Anda juga bisa terhubung dengan komunitas tari tertentu untuk memperluas relasi Anda.

Sekian pembahasan mengenai cara menjadi penari. Semoga artikel diatas bermanfaat ya bagi Anda.