Cara Menjadi Detektif di Indonesia : Pemerintah dan Swasta

Cara Menjadi Detektif

Cara Menjadi Detektif ~ Ketika menonton film action, Anda pastinya sudah tak asing lagi bukan dengan profesi satu ini. Ya, profesi tersebut adalah detektif. Lalu, bisakah Anda menjadi seorang detektif di Indonesia? Tentu saja bisa! Ini dia cara menjadi detektif di Indonesia!

Profesi Detektif

Dilansir dari KBBI, detektif sendiri dapat diartikan sebagai reserse atau polisi rahasia. Pengertiannya sendiri juga merujuk pada petugas yang menjalankan tugas khusus untuk menguak kasus kriminal tertentu. Di Indonesia sendiri, detektif swasta juga ada. Namun, biasanya dikelola oleh kantor pengacara/konsulat untuk menangani kasus tertentu yang membutuhkan investigasi khusus.

blackgarlic

Karir Detektif

Anda bisa menjadi seorang detektif swasta ataupun seorang detektif yang bekerja pada negara/pemerintahan. Untuk menjadi seorang detektif pemerintahan, setidaknya Anda harus mengambil sekolah pendidikan intelijen/pendidikan kepolisian.

Tugas seorang detektif negara terbilang lebih sulit, lebih kompleks, dan unpredictable lantaran mencakup persoalan negara. Sementara itu, pekerjaan menjadi seorang detektif swasta sendiri lebih mudah untuk ditangani lantaran urusan investigasi yang dikerjakannya hanya seputar masalah perorangan atau masalah perusahaan. Contoh, detektif di kantor konsultan, detektif swasta yang menangani masalah perselingkuhan, kecurangan bisnis, dan lain sebagainya. Detektif swasta ini memiliki wewenang yang terbatas.

Cara Menjadi Detektif Swasta

  1. Untuk menjadi seorang detektif swasta, Anda tidak memerlukan pendidikan intelijen resmi. Pendidikan minimalnya adalah lulusan SMA/SMK/Sederajat.
  2. Pastikan Anda memiliki berbagai skill yang diperlukan untuk menjadi seorang detektif. Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang detektif swasta adalah :
    • Memiliki daya ingat dan intuisi yang kuat.
    • Memiliki kemampuan analisa dan observasi yang baik.
    • Paham bagaimana cara melakukan investigasi yang tidak melanggar hukum.
    • Pandai menyamar, bisa mengendarai kendaraan jenis apapun (utamanya motor dan mobil).
    • Bisa menjaga rahasia.
    • Pandai, cepat tanggap, memiliki kemampuan bela diri yang baik, dan bisa menjaga rahasia.
    • Memiliki tingkat fleksibilitas dan mampu beradaptasi dengan cepat dengan berbagai kondisi.
  3. Cari loker di berbagai perusahaan yang membutuhkan seorang detektif swasta. Kirimkan CV dan surat lamaran Anda. Ikuti proses seleksi di perusahaan/agen detektif tersebut. Jika diterima, maka selamat! Anda telah berhasil menjadi seorang detektif swasta junior!

Cara Menjadi Detektif Pemerintahan (Intel)

Intel sendiri adalah sebutan khusus bagi seorang detektif yang bekerja di institusi pemerintahan/negara. Bagaimana cara menjadi seorang intel? Ini dia beberapa jalur yang bisa Anda coba :

iklan gaji

1. Masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Di Indonesia sendiri, agen intelijen dan anggota BIN biasanya diambil dari lulusan STIN yang memang telah menempuh pendidikan khusus. STIN sendiri adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah BIN (Badan Intelijen Negara).

2. Masuk AKPOL

Cara menjadi detektif negeri selanjutnya adalah dengan masuk AKPOL atau Akademi Kepolisian. Setelah lulus, Anda nantinya akan diarahkan menjadi intel di kepolisian. Persyaratan khusus dan umum untuk masuk Akpol bisa Anda akses di https://akpol.ac.id/info-pendaftaran/

3. Masuk SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana).

Jika Anda telah lulus kuliah dari sekolah non-intelijen atau non-kepolisian, Anda juga bisa masuk SIPSS. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung kunjungi website POLRI ya. Untuk menjadi intel, Anda tentunya harus memenuhi syarat prestasi, minat, talenta, dan kecakapan itu sendiri. Anda juga harus memiliki fisik dan mental yang kuat. Bagaimanapun juga, Anda nantinya akan ditugaskan di misi-misi khusus yang berhubungan dengan kasus-kasus kriminal.