Cara Menjadi Customer Service – Pekerjaan menjadi customer service adalah salah satu pekerjaan yang peluang kerjanya cukup banyak. Karena itulah, banyak orang yang bekerja dalam bidang ini.
Pekerjaan customer service sendiri berhubungan erat dengan kegiatan interaksi dan komunikasi dengan pelanggan. Nah, Untuk anda yang ingin melamar sebagai cs di shopee, online shop, atau di kantor manapun, berikut ini kami bagikan Cara Menjadi Customer Service yang bisa Anda jadikan referensi.
Cara Menjadi Customer Service
1. Ambil Pendidikan Tentang Bisnis Atau Komunikasi
Pertama, jika Anda telah menentukan pilihan karir Anda sebagai seorang customer service ada baiknya Anda mulai membangun karir Anda dari sekarang. Caranya adalah menempuh pendidikan yang sesuai dengan profesi ini, seperti :
- SMK jurusan Pemasaran
- SMK jurusan Administrasi & manajemen
- D3/S1 Ilmu Komunikasi
- D3/S1 Ilmu Bisnis
- D3/S1 Marketing
- D3/S1 Manajemen dan Administrasi
- Dan jurusan lain yang setara
2. Ikuti Program Pelatihan / Kursus Sebagai CS
Setelah Anda lulus, Anda bisa mengikuti kursus/pelatihan/magang sebagai seorang customer service.
3. Asah Kemampuan Komunikasi dan Pengoperasian Komputer
Asah kemampuan Anda untuk bisa menjadi seorang customer service yang baik. Berikut ini, skill yang harus dimiliki seorang customer service :
- Skill komunikasi dan problem solving yang baik.
- Skill mengoperasikan komputer dan telepon.
4. Lamar Pekerjaan di Bidang Customer Service
Setelahnya, Anda bisa mulai melamar pekerjaan dalam bidang customer service di beberapa perusahaan terkait.
Setelah berhasil menjadi seorang customer service, pastikan Anda selalu melakukan tugas Anda dengan optimal ya agar kinerja Anda selalu maksimal dan Anda bisa naik jabatan dengan lebih cepat.
Apa Saja Pekerjaan Seorang Customer Service?
Seorang customer service merupakan garda terdepan perusahaan dalam hal membina hubungan baik dengan pelanggan. Customer service yang baik akan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, menyelesaikan permasalahan pelanggan, serta mampu meningkatkan customer experience pelanggan.
Jadi, karena tugasnya adalah berinteraksi dengan pelanggan. Ranah pekerjaan seorang customer service antara lain adalah :
- Membantu menjawab pertanyaan pelanggan seputar produk/jasa yang ditawarkan.
- Mendengarkan keluhan dan mencari solusi atas permasalahan yang dialami pelanggan.
- Serta menerima aduan dan komplain dari pelanggan untuk kemudian diteruskan ke bagian lain sebagai tindak lanjut dan bahan evaluasi.
Prospek Kerja dan Pilihan Karir Seorang Customer Service
Prospek Kerja Customer Service
Terbilang sangat baik lantaran hampei setiap perusahaan memiliki staf customer service yang bertugas untuk berinteraksi dengan konsumen. Menjaga interaksi dan hubungan baik dengan konsumen nyatanya mampu membawa pengaruh baik bagi perkembangan dan image perusahaan itu sendiri.
Seorang customer service juga bisa menjabat posisi lain yang berhubungan dengan bidang marketing lho, contohnya supervisor marketing.
Pilihan Karir Customer Service
Seorang customer service bisa bekerja di :
- Bank
- Rumah Sakit
- Perusahaan-Perusahaan Komersial/Niaga
- Start Up
- Mall
- Dan lain sebagainya
Tips Menjadi Seorang Customer Service yang Baik
- Kuasai semua informasi seputar produk/jasa.
- Asah kemampuan komunikasimu.
- Belajar bagaimana cara memuaskan dan menyenangkan pelanggan.
- Ketahui apa hal yang diinginkan oleh konsumen.
- Fast respon, jujur, komunikatif, problem solving.
- Jadilah pendengar yang baik, jangan menyela pembicaraan apabila konsumen belum selesai bicara.
- Jangan memberikan janji yang sekiranya tidak bisa Anda tepati.
- Berikan solusi yang membantu pelanggan.
- Jangan tunjukkan wajah masam (jika face to face) atau nada yang ketus (jika berkomunikasi melalui telepon).
- Jangan salah sapaan.
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Kembangkan rasa empati, simpati, dan kepedulian.
- Jangan takut mengakui kesalahan dan meminta maaf.
- Akhiri pembicaraan dengan meninggalkan kesan yang baik.
Resiko Menjadi Seorang Customer Service
Ketika menjadi seorang cs, Anda mungkin akan menerima banyak sekali komplain atau keluhan pelanggan atas suatu produk/jasa milik perusahaan. Jangan terpancing emosi, berusahalah untuk mendengarkan keluhan pelanggan sebaik mungkin.