Analisis Peluang Usaha: Pengertian, Tujuan, dan Metodenya

Ketika membangun sebuah usaha, banyak hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu ada analisis peluang usaha. Hal tersebut penting dilakukan karena bisa membantu usaha yang dijalankan menjadi berkembang.

Tanpa melihat dari skala usaha yang dijalankan, melakukan analisis mengenai peluang usaha bisa membuat usaha bisa terus berkelanjutan serta sukses dikemudian hari. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila dilakukan proses analisis terlebih dahulu mengenai peluang usaha yang dijalankan.

Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari mengenai analisis ini lebih mendalam. Selain itu, untuk melakukan analisis ini juga bisa dilakukan sendiri, jadi Anda tidak perlu jasa untuk melakukan pekerjaan ini. Dengan demikian, maka bisa lebih menghemat dana atau budget yang dikeluarkan.

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Pengertian Analisis Peluang Usaha

Untuk memahami lebih dalam mengenai analisis ini, maka lebih baik untuk memahami pengertian dari istilah ini terlebih dahulu. Karena ini bisa mempermudah untuk memahami lebih dalam mengenai analisis ini.

Jadi pengertian analisis peluang usaha adalah aktivitas dimana seseorang maupun sebuah perusahaan melakukan berbagai rangkain penelitian untuk melakukan evaluasi sebuah usaha, baik itu yang sudah berjalan maupun baru akan dilaksanakan.

Penting sekali untuk melakukan analisis ini terhadap sebuah usaha agar bisa terus mengalami peningkatan keuntungan yang diperoleh dengan cara yang efisien.

Masih sejalan dengan hal tersebut, analisis ini juga bisa memberikan data mengenai keseluruhan aspek bisnis yang bisa dipertanggungjawabkan. Aspek tersebut meliputi faktor-faktor baik itu internal maupun eksternal.

Manfaat yang diperoleh jika melakukan analisis ini yaitu bisa membantu untuk memperlancar jalannya usaha serta menghindari berbagai hal-hal yang bisa berpotensi menyebabkan kerugian.

Tidak hanya itu saja, analisis ini juga bisa berguna untuk memahami keinginan dan kebutuhan masyarakat terhadap suatu produk baik itu barang maupun jasa. Selain itu, juga bisa menjadi cara terbaik untuk menilai tingkat kelayakan suatu usaha dan melakukan kegiatan promosi.

Apa Tujuan Analisis Peluang Usaha?

Apa Tujuan Analisis Peluang Usaha

Analisis ini perlu dilakukan dalam sebuah usaha agar lebih mudah untuk merumuskan strategi dalam membangun usaha yang tepat. Dengan demikian, hasil yang diperoleh juga bisa lebih maksimal.

Selain itu, terdapat juga beberapa tujuan lainnya yang tidak kalah penting dari dilakukannya analisis ini, di antaranya yaitu:

1. Membantu Memahami Mengenai Persaingan di Pasar

Tujuan pertama dilakukan analisis mengenai peluang usaha yaitu bisa membantu dalam memahami sifat dan karakter dari para pesaing usaha Anda. Dari hasil analisis yang diperoleh, maka bisa menjadi pedoman dalam merumuskan strategi yang akan dilakukan untuk menghadapi persaingan tersebut.

2. Bisa Menentukan Strategi yang Tepat dalam Pemasaran

Pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan oleh setiap usaha, agar bisa dikenal oleh lebih banyak target konsumen. Walaupun demikian, untuk setiap jenis produk pasti memiliki caranya promosi sendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui dan mengenali produk dengan baik.

Jadi bisa merumuskan mengenai strategi yang tepat untuk mempromosikannya.

3. Mencegah agar Usaha Tidak Bangkrut

Setiap mendirikan sebuah usaha pasti banyak yang menginginkan agar usaha tersebut bisa terus berkelanjutan. Maka dari itu, perlu dilakukan analisis peluang untuk mencegah kegagalan pada usaha alias bangkrut.

Seringkali usaha yang baru dirintis mengalami kegagalan ketika pertama kali dijalankan. Hal ini dikarenakan kurangnya pondasi yang kuat ketika membangun usaha tersebut. Dengan melakukan analisis, maka bisa menjadi pondasi kuat dalam membangun usaha.

Jadi Anda tidak hanya memikirkan tentang bagaimana untuk mendapatkan keuntungan, namun juga cara untuk menghadapi berbagai resiko serta tantangan yang akan dihadapi di masa depan.

4. Memiliki Gambaran Mengenai Nilai Produk

Tujuan selanjutnya yaitu Anda juga akan memiliki gambaran produk dengan baik, apakah produk tersebut bisa diterima oleh masyarakat atau tidak. Dengan demikian, bisa menentukan mengenai hal-hal yang harus dilakukan jika terdapat pada produk usaha Anda.

5. Mengetahui Tingkat Kelayakan Sebuah Usaha Dapat Dilanjutkan

Tujuan analisis mengenai peluang usaha terakhir yaitu bisa membantu untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mencari ahli yang bisa membantu dalam merumuskan dan menjalankan berbagai rencana bisnis yang akan dilakukan.

Metode Analisis Peluang Usaha

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk menganalisis kelayakan usaha yang akan dijalankan. Beberapa pilihan metode ini bisa mempermudah Anda untuk mengambil kesimpulan yang tepat. Jadi nantinya langkah atau cara yang diambil bisa sesuai dengan sasaran yang akan dicapai.

Adapun beberapa pilihan metode untuk melakukan analisis tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Analisa Swot

Menggunakan Analisa Swot

Metode pertama yang banyak digunakan untuk membuat analisis mengenai kelayakan sebuah usaha yaitu dengan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threat).

Sesuai dengan namanya, metode ini bisa digunakan untuk mengetahui mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada suatu usaha. Jadi singkatnya, analisa SWOT ini bisa menjadi cara untuk memahami posisi usaha yang dijalankan.

Selain itu, juga bisa membantu dalam menemukan cara untuk memanfaatkan berbagai peluang yang ada dan mengatasi potensi ancaman yang bisa terjadi di kemudian hari.

2. Menentukan Target Pasar

Menentukan Target Pasar

Target pasar atau konsumen merupakan salah satu bagian penting dalam keberlangsungan sebuah usaha. Hal ini yang membuat Anda harus bisa menargetkan konsumen yang tepat dan sesuai dengan usaha yang akan dijalankan.

Maka dari itu, untuk melakukan analisis bisa dengan menentukan target pasar yang tepat terlebih dahulu. Adapun beberapa tips dalam menentukan target konsumen di antaranya:

  • Mempertimbangkan mengenai pemilihan target pasar yang memiliki persaingan relatif lebih kecil.
  • Memilih segmentasi pasar yang besar.
  • Memilih konsumen yang memiliki kebutuhan akan barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Memilih target konsumen yang sesuai dengan harga dari produk yang dijual.

3. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan 4P

Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan 4p

Analisis peluang usaha juga bisa menggunakan metode berupa analisis strategi pemasaran 4P. Jadi 4P yang dimaksud di sini merupakan elemen dasar dalam pemasaran, diantaranya yaitu ada Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), dan Place (tempat).

Dengan menggunakan metode ini, maka Anda bisa merancang serta mengimplementasikan mengenai strategi pemasaran yang dilakukan secara efektif.

4. Analisis PESTLE

Analisis Pestle

Metode analisis berikutnya yaitu ada analisis PESTLE. Metode ini dilakukan untuk mengevaluasi berbagai faktor-faktor eksternal yang bisa berpengaruh terhadap berjalannya sebuah usaha.

Faktor eksternal tersebut di antaranya yaitu ada politik, ekonomi, sosial, teknologi, legal (hukum) serta lingkungan. Dengan melakukan analisis pada faktor tersebut, nantinya Anda bisa lebih mengantisipasi terjadi perubahan serta menemukan cara untuk memanfaatkan peluang baru yang ada.

Kesimpulan

Analisis peluang usaha merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan bagi Anda yang ingin membangun sebuah usaha karena bisa membantu dalam menentukan tingkat kelayakan usaha tersebut. Selain itu, juga bisa mempermudah dalam menyusun strategi untuk memajukan usaha.

Untuk melakukan analisis ini terdapat beberapa pilihan metode yang bisa dilakukan. Namun, umumnya kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan metode SWOT.

Bagikan Postingan: