Pengertian dan Tugas Sales Marketing

Tugas Sales Marketing

Tugas Sales Marketing ~ Memahami tugas sales marketing akan membantu Anda meningkatkan skill menjadi seorang sales marketing yang handal.

Untuk bisa menarik konsumen dan mempengaruhi mereka agar bersedia membeli atau barang dan jasa yang Anda tawarkan bukan merupakan pekerjaan yang mudah.

Untuk itu Anda harus mengetahui semua tugas sales marketing apabila ingin menguasai pekerjaan ini dengan baik.

Pengertian Sales Marketing

Sales dan marketing adalah dua kata yang hampir tidak bisa dipisahkan. Baik pekerjaan seorang di bagian sales maupun marketing memiliki kesamaan dan tujuan yang mirip.

Sales marketing adalah pekerjaan untuk menjual sebuah produk maupun jasa dengan berbagai macam bentuk kegiatan promosi.

Seorang sales marketing akan membutuhkan skill seperti public speaking untuk menarik banyak konsumen agar bersedia menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan.

Tentunya pekerjaan ini tidak mudah bagi pemula, maka dari itu penting bagi Anda yang ingin sukses di bidang ini untuk mengetahui tugas sales marketing berikut ini.

Tugas Sales Marketing

Berikut beberapa tugas dari seorang sales marketing.

1. Rutin Mencari Target

Mencari target bisa Anda mulai dari melakukan list building, atau mengumpulkan daftar calon konsumen. Hal ini adalah salah satu tugas awal yang harus dilakukan oleh sales marketing.

Hal ini bisa Anda lakukan baik secara offline door to door, mengadakan event, membagikan brosur, memasang iklan banner, maupun secara online dengan membagikan konten di sosial media.

Dengan begitu, sales marketing akan mendapatkan target customer yang kebutuhannya sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan. 

Semakin banyak daftar calon target, maka semakin banyak kesempatan penjualan yang bisa terjadi.

Oleh karena itu, lakukan hal ini secara konsisten di setiap bulannya untuk untuk meningkatkan kesempatan penjualan..

 2. Merekap Hasil Penjualan

Setelah semua target konsumen terkumpul, sales marketing juga harus bisa merekap data hasil penjualan. Semua informasi harus bisa terekam dengan jelas dan tertata rapi, agar bisa dijadikan bahan presentasi dan analisa pasar di bulan berikutnya.

3. Menganalisa Data Penjualan

Dari rekapan penjualan tersebut, sales marketing juga bisa menganalisa banyak hal lain mulai dari produk yang paling digemari, rata-rata nilai penjualan, persona umum yang dimiliki para konsumen, serta hal-hal lainnya.

4. Melakukan Kegiatan Promosi

Dari hasil analisis tersebut, sales marketing bisa membuat beberapa penyesuaian bentuk promosi, mulai dari campaign, konten iklan, serta promo paket yang sesuai dengan keinginan para customer. 

Perencanaan ini juga diharapkan bisa membantu sales marketing dalam upaya mereka mencapai target bulanan.

5. Mengelola Tim Pemasaran dengan Baik

Sales marketing adalah orang yang terjun langsung dalam tim pemasaran. Untuk itu mereka harus memiliki kemampuan dalam memastikan bahwa tim pemasaran bisa terkelola dengan baik.

Tim pemasaran yang sinkron akan memberikan dampak baik dari kinerja sales marketing, yang bertujuan agar penjualan akan semakin meningkat. 

Selain penjualan, hal lain yang bisa ikut berpengaruh adalah peningkatan jumlah target konsumen.

6. Menyusun Strategi Penjualan

Selain promosi untuk meningkatkan trafik pengunjung dan calon customer yang berminat menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan, sales marketing juga harus bisa menjual dengan baik.

Kegiatan promosi akan sia-sia jika tidak didampingi dengan proses closing atau penjualan yang baik. Strategi penjualan akan menjadi salah satu tugas sales marketing dalam memastikan semua berjalan lancar sampai terjadi penjualan.

Strategi yang harus ditentukan bisa Anda mulai dari cara pembayaran, negosiasi, bundling, up selling, cross selling, dll. Semua harus ditentukan agar sales marketing bisa meningkatkan penjualan.

7. Evaluasi Strategi

Semua strategi baik promosi dan penjualan juga harus dievaluasi, baik tiap bulan maupun tiap semester. Dengan begitu, kinerja sales marketing juga bisa diperbaiki dan mengalami update agar bisa relevan dengan perkembangan trend.

8. Menganalisa Pasar

Tugas sales marketing yang tidak kalah penting adalah menganalisa pasar. Seorang sales marketing harus memahami data trend dan mampu mengetahui minat para konsumen dan cara memenuhinya.

Demikian tugas sales marketing yang perlu Anda pahami agar bisa sukses dalam mencapai target penjualan. Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan diri maupun tim secara konsisten, salam sukses!

Bagikan Postingan: