Advertisements

Pengertian dan Tugas Admin Toko

Tugas Admin Toko

Tugas Admin Toko ~ Pekerjaan sebagai admin toko memiliki peran dan tugas yang penting bagi keberlangsungan usaha pertokoan. Admin toko adalah ujung tombak dari sebuah toko, karena mereka menjadi orang yang terlibat langsung dengan konsumen.

Di masa pandemi ini, banyak orang yang mulai membuka usaha toko baik offline maupun online. Hal itu membuat kebutuhan akan admin toko semakin meningkat.

Advertisements

Untuk Anda yang ingin terjun mendalami posisi in, berikut pengertian dan tugas admin toko yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Admin Toko

Admin toko terdiri dari dua kata, admin dan toko. Istilah admin semakin populer semenjak bisnis online semakin menjamur. Penggunaan kata admin sering merujuk pada pengelola akun media sosial. 

Admin merupakan singkatan dari kata administrator, atau yang berarti penata usaha. Seorang admin adalah orang yang bertugas dalam melakukan berbagai urusan administrasi di sebuah bisnis.

Berdasarkan pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), administrasi adalah kegiatan dan usaha yang terdiri dari penetapan cara-cara dan peraturan dalam organisasi.

Advertisements

Jadi, admin toko adalah orang yang bertugas dalam mengumpulkan data, menyusun dan memasukkannya ke dalam arsip sesuai keperluan serta laporan operasional usaha pertokoan. 

Peran admin toko akan membantu agar toko dapat terorganisir dengan baik, sehingga tugas mereka harus dipahami dengan baik. Maka dari itu, meski terkesan sepele, inilah beberapa tugas admin toko yang perlu Anda ketahui.

7 Tugas Admin Toko

Di bawah ini merupakan 7 tugas seorang admin toko.

1. Merapikan Data

Hal pertama yang menjadi tugas seorang admin toko adalah merapikan data keluar masuk serta transaksi dari produk dan jasa yang ditawarkan.

Admin toko harus melakukan rekapitulasi untuk mengetahui rincian data sesuai dengan kelompok dan kategorinya, misal data penjualan, pembelian, jadwal pengiriman, dan stok barang yang tersedia sampai sudah habis.

2. Membuat Penyimpanan Arsip

Dalam bisnis pertokoan, ada banyak hal data dan arsip penting terkait bisnis. Arsip-arsip data tersebut harus disimpan agar bisa digunakan dengan baik pada saat dibutuhkan. 

Jenis pengarsipan data bisa dilakukan secara manual dalam map, rak, atau secara online dalam Google drive atau cloud. 

3. Membuat Jadwal

Seorang admin toko juga bertugas dalam membuat beberapa jadwal, seperti jadwal belanja bahan kebutuhan toko, jadwal pengisian stok yang kosong, jadwal posting sosial media, hingga jadwal servis peralatan penunjang kerja.

4. Melayani Pelanggan

Admin toko adalah orang pertama yang berhubungan secara langsung dengan pelanggan, sehingga tugas ini memerlukan kemampuan komunikasi yang cukup baik. 

Admin akan menemui beberapa pertanyaan mengenai produk dan jasa yang ditawarkan pada klien, jadi mereka harus menguasai product knowledge dengan sempurna.

Admin toko juga pasti akan menghadapi beberapa bentuk kritik dan keluhan dari para pelanggan, untuk itu seorang admin toko juga harus bisa bersikap tenang dalam memberikan solusi dari keluhan yang disampaikan pelanggan. 

5. Memproses Barang Penjualan

Admin toko juga bertugas dalam menangani proses transaksi jual beli yang terjadi. Proses jual beli bisa dilakukan secara online maupun offline dengan datang langsung ke toko. 

Admin harus melakukan aturan atau SOP yang sudah ditentukan agar transaksi bisa berjalan aman dan nyaman.

6. Memperbarui Barang dan Display di Toko

Salah satu tugas dari admin toko adalah melakukan update dan memperbarui stok barang serta display yang ada di toko.

admin toko harus mengetahui jenis yang sedang kosong serta barang yang sudah akan kadaluarsa. 

7. Mencatat Inventaris Toko

Admin toko harus mengetahui dengan betul mengenai jumlah stok atau inventaris di dalam toko. Hal tersebut untuk menghindari adanya kesalahan manajemen toko.

Dalam hal ini, admin toko harus menguasai tentang tata cara memasukkan data dan membuat laporan masuk dan keluar barang setiap hari. 

Itulah beberapa tugas admin toko, meski terdengar sepele tugas mereka memiliki peran sangat penting dalam keberlangsungan sebuah usaha. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi seorang admin toko?