Advertisements

Tugas Admin Online serta Tanggung Jawabnya

Tugas Admin Online

Tugas Admin Online ~ Saat ini banyak sekali orang yang menjalankan usahanya dengan cara yang lebih mudah. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada kini seseorang bisa menjalankan sebuah bisnis online. Sedangkan salah satu profesi yang dibutuhkan untuk bisnis ini adalah admin online.

Apa Itu Admin Online?

Pengertian dari admin online adalah profesi atau perorangan yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan mengoperasikan hal-hal, yang berhubungan erat dengan penjualan secara online. Admin online juga biasa disebut dengan admin marketplace.

Advertisements

Profesi ini akan sangat dibutuhkan pada masa sekarang, yang mana banyak sekali bisnis yang dijalankan  secara online. Sebab sudah banyak sekali platform yang menyediakan kemudahan berbelanja kepada masyarakat dengan cara daring atau online.

Tugas Admin Online

Admin online mempunyai tugas-tugas yang begitu banyak. Maka dari itu berikut ini merupakan tugas admin online, yang bisa Anda ketahui, yaitu:

1. Merespon dan Membalas Pesan Pelanggan

Bagi bisnis online komunikasi intens antara calon pelanggan adalah salah satu hal yang harus benar-benar diperhatikan. Sebab dalam belanja online pelanggan juga perlu merasa nyaman terutama ketika bertanya tentang suatu produk yang diinginkan secara online.

Maka dari itu untuk membalas pesan dan merespon pesan dari pelanggan adalah salah satu tugas, yang harus dijalankan oleh admin online dengan baik. Maka dari itu seorang admin online harus rajin mengecek toko online yang dimiliki dari waktu ke waktu.

Advertisements

2. Memberikan Konfirmasi Pesanan Pelanggan

Selain itu tenaga admin online juga berperan dalam memberikan konfirmasi pesanan, yang telah dilakukan oleh pelanggan. Ketika pelanggan melakukan pemesanan pada media sosial atau marketplace yang lain maka tugas admin online untuk konfirmasi pesanan yang cepat.

Untuk bentuk konfirmasi yang dapat dilakukan oleh admin online adalah dengan mendata pesanan yang masuk pada sistem data yang dimiliki. Tidak hanya itu saja tenaga admin online juga harus menanyakan kelengkepan pesanan berupa ukuran dan alamat pengiriman.

3. Pengelolaan Media Sosial

Admin online juga termasuk pihak yang bertugas untuk mengelola media sosial dan marketplace yang dimiliki ole perusahaan. Sebab media sosial ini diperlukan untuk strategi pemasaran digital agar bisa menjangkau semua calon pelanggannya.

Sedangkan untuk aktivitas yang bisa dilakukan oleh admin online dalam rangka pengelolaan media sosial berupa memantau aktivitas akun dan kunjungan pengguna media sosial. Memberikan keterangan di halaman depan akun, menerbitkan konten dan lainnya.

4. Memberikan Penjelasan Informasi Produk

Tenaga admin online diwajibkan paham terkait detail dan hal-hal lainnya mengenai produk yang dijual. Baik itu yang sudah diterbitkan dalam marketplace maupun yang masih belum diterbitkan dengan status barang tersedia.

Hal ini akan sangat diperlukan bagi admin online untuk menjelaskan detail informasi produknya kepada calon pelanggan. Sehingga ketika calon pelanggan menanyakan produk yang diinginkan Anda bisa memberikan jawaban atau memberikan referensi produk lainnya.

5. Memberikan pelayanan Terhadap Komplain Pelanggan

Tidak semua pelanggan akan puas dengan pelayanan yang sudah diberikan, entah sebaik apapun usaha yang berusaha dilakukan. Sebab terdapat banyak sekali jenis pelanggan yang  akan ditemui oleh admin penjualan dalam melakukan pekerjaannya.

Maka dari itu ketika terdapat pelanggan yang melakukan komplain tetap harus dilayani dengan baik. Biasanya pelanggan akan komplain mengenai barang yang dikirim maupun lama waktu pengiriman. Hal ini bisa dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pihak lainnya.

Itulah tadi penjelasan lengkap terkait “Tugas Admin Penjualan” yang dapat Anda ketahui. Pastikan untuk memberikan masukan kepada kami baik kritik maupun saran pada kolom yang tersedia. Terima kasih sudah membaca dan semoga informasi ini bermanfaat.