Advertisements

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) : Profil, Lowongan, Prospek Kerja

Pt Sami

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi komponen otomotif dan distribusi elektrik atau wiring harness.

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia pertama kali didirikan pada 7 Januari 2002.  Perusahaan ini masih terafiliasi dengan perusahaan Yazaki Corporation yang berasal dari Jepang yang memproduksi kabel listrik untuk mobil dengan merek-merek terkenal.

Advertisements

Pada artikel ini akan dibahas mengenai profil singkat dari perusahaan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia, lowongan kerja yang tersedia, serta prospek kerja di perusahaan tersebut. 

Profil Perusahaan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

AlamatSAMI Tugu : Jl. Wali Songo KM 9 No. 8, Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah – 50185.
Jepara Factory : Jl. Raya Kudus – Jepara, Desa Bugel, Kec. Mayong, Kab. Jepara.
Telepon(024) 8665179
Fax(024) 8665178
Email
Tahun didirikan7 Januari 2002
Jumlah karyawanEstimasinya lebih dari 1000 karyawan
Pimpinan perusahaan
Sektor industriManufaktur kabel listrik untuk mobil
Website resmihttps://www.sami-jf.co.id/ 
Facebook
Instagramhttps://www.instagram.com/sami_jf/?hl=id 
Youtube
Linkedinhttps://id.linkedin.com/company/semarang-autocomp-manufacturing-indonesia-pt 

Sejarah PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia pertama kali didirikan pada 7 Januari 2002. Perusahaan ini juga bagian dari Yazaki Corporation, perusahaan asal Jepang yang memproduksi komponen otomotif dan wiring harness.

Sejak pertama kali didirikan hingga saat ini, PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia terus melakukan inovasi pada segala bidang. 

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia telah memiliki 3 pabrik, yang pertama di daerah Tugu Semarang, yang ke dua di daerah Bergas, Kabupaten Semarang dan di daerah Mayong Kabupaten Jepara.

Advertisements

Struktur Organisasi PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Untuk saat ini struktur organisasi dan daftar nama pada masing-masing posisi di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia belum tersedia.

Visi Misi PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Berikut ini adalah visi dan misi yang menjadi landasan bagi PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia untuk fokus meraih tujuan awal dibentuknya perusahaan tersebut.

Visi Perusahaan:

  • Perusahaan yang berjalan seiring dengan dunia
  • Perusahaan yang diperlukan oleh masyarakat

Misi Perusahaan:

Misi yang ingin dicapai oleh PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia adalah membangun tempat kerja dengan semangat dan kebersamaan, serta memberikan kontribusi penuh bagi masyarakat daerah.

Sektor Industri PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang berasal dari Jepang dengan afiliasi perusahaan Yazaki Corporation.

Produk yang dihasilkan dari perusahaan ini adalah komponen otomotif dan kabel elektrikal atau yang disebut sebagai wiring harness untuk mobil. 

Pelanggan dari PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia adalah beberapa merek mobil dan truk yang cukup terkenal di Indonesia seperti Mazda, Hino, dan Dyna.

Hingga saat ini PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia terus mengembangkan kualitas dan standar mutu perusahaan, salah satunya dengan cara memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan.

Rekrutmen dan Lowongan Kerja di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Sistem Rekrutmen PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Proses rekrutmen karyawan merupakan suatu hal yang wajar dilakukan dalam sebuah perusahaan. Tujuannya bisa bermacam-macam, namun tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan posisi atau jabatan yang kosong dalam perusahaan.

Setiap perusahaan biasanya memiliki strategi dan cara tersendiri dalam melakukan proses rekrutmen, tak terkecuali PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia. 

Secara umum, proses rekrutmen yang dilakukan oleh PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Membuka lowongan pekerjaan

Lowongan pekerjaan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia akan diumumkan melalui website resminya di halaman karir yang bisa anda kunjungi melalui link berikut https://www.sami-jf.co.id/lowongan.php. 

2. Seleksi administrasi

Perusahaan akan melakukan seleksi terhadap berkas yang anda kirimkan, mulai dari latar belakang pendidikan, SKCK, CV, surat lamaran pekerjaan, dan lainnya.

3. Psikotes

Psikotes dilakukan dengan menguji pengetahuan umum dan dasar-dasar logika. Tujuan dilakukan psikotes adalah untuk mengetahui kemampuan dasar, teknik pemecahan masalah, dan kepribadian dari masing-masing kandidat.

4. Wawancara HRD dan User

Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, para kandidat yang dinyatakan lolos akan melakukan tahap wawancara dengan HRD dan User. Wawancara HRD sifatnya lebih general dan menanyakan seputar latar belakang para kandidat.

Sedangkan untuk wawancara user lebih spesifik, pertanyaannya seputar job desk untuk posisi yang dilamar dan kontribusi yang bisa diberikan oleh para kandidat, jika nantinya dinyatakan lolos.

5. Tes Kesehatan

Tes kesehatan biasanya meliputi tinggi badan, berat badan dan cek kesehatan organ vital. Para kandidat yang lolos tes kesehatan akan langsung dinyatakan lolos dan siap bekerja di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.

Untuk peluang karir yang disediakan oleh PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Karyawan tetap : untuk mengisi posisi strategis atau posisi penting dalam perusahaan. Biasanya kandidat yang dicari adalah kandidat yang sudah berpengalaman dan memiliki keahlian di bidangnya.
  • Karyawan kontrak : untuk mengisi posisi yang lebih rendah. Biasanya kandidat yang dicari lebih umum dan belum berpengalaman seperti fresh graduate.
  • Karyawan tetap : hampir sama dengan karyawan kontrak, hanya saja masa waktu untuk karyawan magang biasanya lebih singkat. Kandidatnya pun biasanya berasal dari anak SMK atau mahasiswa tingkat akhir.

Informasi Lowongan Kerja / Career PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia 

Informasi lowongan pekerjaan PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia bisa diakses melalui website resminya, tepatnya di halaman karir atau melalui link berikut https://www.sami-jf.co.id/lowongan.php

Selain itu, anda juga bisa mencari informasi melalui situs pencari lowongan pekerjaan atau aplikasi penyedia lowongan pekerjaan yang terpercaya.

Berikut adalah langkah-langkah mengirim lamaran ke PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia yang bisa anda ikuti.

  1. Siapkan berkas lamaran seperti surat lamaran pekerjaan, CV, fc ijazah dan transkrip nilai, SKCK, dan berkas penting lainnya.
  2. Buka halaman karir perusahaan melalui link berikut https://www.sami-jf.co.id/lowongan.php. Setelah itu pilih posisi yang akan anda lamar.
  3. Submit lamaran anda sesuai perintah pada halaman tersebut.

Untuk mengirim berkas lamaran secara offline, anda bisa datang langsung ke kantor perusahaan, berikut adalah alamatnya:

SAMI Tugu:

Jl. Wali Songo KM 9 No. 8, 

Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah – 50185.

Telp. : (024) 8665179

Fax : (024) 8665178

Jepara Factory

Jl. Raya Kudus – Jepara, 

Desa Bugel, Kec. Mayong, Kab. Jepara.

Telp. : (0291) 7512101

Fax : (0291) 7512102

Daftar Posisi yang Dibutuhkan Perusahaan:

  • Operator Wiring Harness (OPT)
  • Posisi khusus penyandang disabilitas
  • Management Trainee

Untuk kualifikasi pada posisi tersebut silahkan anda cek langsung melalui website resmi perusahaan. Sedangkan estimasi gaji untuk posisi tersebut bisa anda lihat pada artikel Gaji PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia.

Karir dan Prospek Kerja di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Berikut ini adalah ulasan mengenai prospek kerja dan tantangan kerja di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia yang dikutip dari Jobstreet dan sumber terkait lainnya.

Prospek Kerja:

  • Gaji diatas UMK
  • Tunjangan untuk shift malam
  • Asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan
  • Terdapat jenjang karir
  • Uang lembur
  • Mendapatkan makan siang atau makan malam
  • Tunjangan hari raya
  • Tempat kerja yang nyaman
  • Rekan kerja yang mendukung
  • Pemberian gaji tepat waktu

Tantangan Kerja:

  • Harus cepat beradaptasi
  • Tuntutan kerja yang lumayan berat
  • Tekanan dari atasan 

Jam Kerja PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia

Jam kerja di PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia adalah Senin – Minggu : 09.00 WIB – 22.00 WIB.