Proposal Usaha Tour and Travel ~ Tour and Travel mungkin bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya wisatawan yang membutuhkan jasa tour and travel.
Menjalankan bisnis tour and travel tentu membutuhkan modal yang banyak. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda membuat perencanaan modal usaha terlebih dahulu. Selain itu, sebaiknya Anda juga membuat proposal usaha.
Dengan adanya proposal usaha akan membuat legalitas usaha Anda menjadi lebih valid, serta memudahkan Anda untuk mencari sponsor atau investor. Jika Anda membutuhkan contoh proposal usaha tour and travel, silahkan download melalui link di bawah ini.
Download Proposal Usaha Tour and Travel
Proposal Usaha Tour and Travel “Semesta”
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Indonesia memiliki destinasi wisata alam yang cukup banyak dan menakjubkan. Dengan banyaknya destinasi wisata alam yang menakjubkan tersebut membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung.
Selain wisata alam, masyarakat Indonesia juga gemar berwisata religi dan melakukan ibadah umroh. Fenomena tersebut yang kemudian melahirkan peluang usaha di sektor tour and travel.
Melihat hal tersebut, tentu membuat kami berpikir dan tertarik untuk menekuni bidang usaha tour and travel. Memang bisnis ini memiliki potensi yang cukup besar. Namun, resiko yang dihadapi juga tidak kalah besar.
Oleh sebab itu, melalui kegigihan, kerja keras, inovasi, dan kreativitas, kami yakin bahwa usaha ini akan memiliki prospek yang bagus dan bisa menguntungkan untuk jangka panjang.
Konsep Usaha
Konsep usaha yang dijalankan oleh perusahaan Tour and Travel Semesta adalah menjamin kualitas pelayanan, serta memberikan kenyamanan kepada konsumen melalui armada terbaru yang dimiliki oleh perusahaan.
Visi Misi
Sebagai perusahaan tour and travel yang ingin tumbuh besar sesuai harapan dan tujuan, maka kami juga memiliki visi dan misi yang ingin dituju. Adapun visi dan misi pada perusahaan ini adalah sebagai berikut.
Visi
Menjadi perusahaan tour and travel yang bisa dibanggakan, menjadi pilihan utama bagi para konsumen, memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik.
Misi
- Membangun kepercayaan dan relasi jangka panjang dengan konsumen.
- Membangun relasi kepada masyarakat, komunitas, organisasi, serta lembaga pemerintah.
- Turut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kemajuan industri pariwisata.
- Memberikan jaminan kepuasan kepada semua konsumen yang menggunakan jasa Tour and Travel Semesta.
BAB 2 : Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
- Memiliki fasilitas kantor yang cukup memadai.
- Memiliki armada transportasi dengan unit baru yang masih nyaman.
- Memiliki banyak relasi.
Weakness (Kelemahan)
- Harga yang dipatok masih terlalu mahal.
- Promosi yang dilakukan masih belum bisa berjalan dengan maksimal.
- Kurangnya pegawai yang berpengalaman.
Opportunity (Peluang)
- Banyaknya minat masyarakat muslim untuk umroh.
- Banyaknya minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Jawa Timur dan Bali.
- Pangsa pasar masih terbuka lebar.
Threat (Ancaman)
- Banyaknya kompetitor pada usaha tour and travel.
- Promosi yang dilakukan oleh kompetitor lebih menarik.
- Sulit mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha :
Nama dari usaha ini adalah Tour and Travel Semesta. Memiliki nama singkat namun mudah diingat, serta menjadi identitas perusahaan yang membedakan dengan para kompetitor.
Produk yang Dihasilkan :
Perusahaan Tour and Travel Semesta menghasilkan beberapa produk sebagai berikut.
- Paket Tour : Domestik dan mancanegara.
- Sewa Mobil : SUV, sedan, MPV.
- Paket Umroh : Umroh reguler dan umroh plus.
Harga yang Ditawarkan :
- Paket Tour : Rp 300.000 – Rp 10.000.000 (tergantung lokasi dan tempat wisata).
- Sewa Mobil : Rp 350.000 – Rp 800.000 (tergantung tipe dan jenis mobil).
- Paket Umroh : Rp 29.000.000 – Rp 40.000.000 (tergantung paket yang dipilih).
Target Market :
Target market yang disasar adalah berbagai kalangan usia. Kriteria utama adalah mereka yang suka berwisata, baik wisata keluarga, wisata alam, maupun wisata religi. Selain itu, kami lebih menargetkan masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas.
Strategi Pemasaran :
Untuk menunjang efektivitas penjualan dan pencapaian target yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka kami menggunakan strategi pemasaran sebagai berikut.
- Sosial media : Memanfaatkan tingginya pengunjung sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp untuk mendapatkan konsumen.
- Iklan berbayar : Melalui Facebook Ads, brosur, dan juga banner.
Sistem Usaha :
Usaha ini dijalankan secara offline dan online. Tujuan menerapkan sistem usaha offline dan online adalah untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan jasa layanan Tour and Travel Semesta, serta untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Sistem Bagi Hasil :
Tingginya modal usaha untuk mengembangkan usaha ini, serta untuk memperluas pemasaran, memaksa kami untuk mencari investor atau rekan kerja yang berminat untuk bekerja sama dalam menjalankan bisnis ini.
Total modal yang kami butuhkan untuk mengembangkan usaha ini adalah sekitar Rp 100.000.000. Dengan modal tersebut, kami akan menawarkan pembagian hasil kepada Anda sebesar 10% dari profit bersih.
Jika Anda tertarik, kami siap bekerja sama dengan Anda secara profesional, dibuktikan dengan perjanjian yang sah secara hukum. Kontrak kerjasama yang kami tawarkan adalah 3 tahun.
BAB 4 : Analisis Keuangan
Modal yang dibutuhkan :
Peralatan
Keterangan | Biaya |
Komputer | Rp 7.000.000 |
Meja | Rp 5.000.000 |
Kursi | Rp 3.000.000 |
Printer | Rp 3.000.000 |
Kertas | Rp 1.000.000 |
Peralatan Lainnya | Rp 2.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat | Rp 20.000.000 |
Renovasi | Rp 8.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Biaya |
Alat Kebersihan | Rp 100.000 |
Listrik | Rp 200.000 |
Gaji Karyawan | Rp 12.000.000 |
Internet | Rp 400.000 |
Lainnya | Rp 2.000.000 |
Promosi
Keterangan | Biaya |
Brosur | Rp 550.000 |
Banner | Rp 200.000 |
Fb Ads | Rp 3.000.000 |
Perkiraan Keuntungan
Sewa Mobil | Harga Sewa | Keuntungan |
Avanza | Rp 350.000 Per Hari | Rp 200.000 |
Innova | Rp 600.000 Per Hari | Rp 300.000 |
Camry | Rp 750.000 Per Hari | Rp 400.000 |
Pajero | Rp 800.000 Per Hari | Rp 500.000 |
Tujuan Tour | Harga Paket Tour | Keuntungan |
Bali | Rp 1.000.000 | Rp 400.000 |
Bromo | Rp 600.000 | Rp 300.000 |
Banyuwangi | Rp 580.000 | Rp 280.000 |
Dieng Wonosobo | Rp 600.000 | Rp 300.000 |
Paket Umroh | Harga Paket Umroh | Keuntungan |
Umroh Plus | Rp 40.000.000 | Rp 20.000.000 |
Umroh Reguler | Rp 29.000.000 | Rp 12.000.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 200.000.000 |
Biaya Operasional | Rp 80.000.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 120.000.000 |
BAB 5 : Penutup
Demikian proposal usaha ini kami buat. Adapun yang dapat kami simpulkan adalah dengan banyaknya destinasi wisata menarik di Indonesia bisa menjadi peluang untuk bisnis tour and travel yang menjanjikan.
Selain itu, tantangan utama untuk menjalankan bisnis ini adalah perlunya promosi yang yang bisa menarik minat serta kepercayaan dari konsumen. Untuk itu, kami mengharapkan kesediaan Anda untuk menerima tawaran kerjasama yang kami ajukan.