Jika Anda ingin membuka usaha tahu crispy dan membutuhkan proposal usaha untuk mencari investor atau sebagai persyaratan pendirian usaha, maka Anda bisa menggunakan proposal ini sebagai contoh atau panduan.
Kami juga telah menyertakan file proposal ini dalam bentuk DOC dan PDF. Dengan tujuan untuk memudahkan Anda dalam mempelajarinya.
Download Proposal Usaha Tahu Crispy
=============================================================
Proposal Usaha Tahu Crispy Maknyus
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Berbisnis camilan, terutama yang disajikan dengan cara digoreng seperti tahu crispy akan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut juga didasarkan atas kegemaran dari sebagian besar masyarakat Indonesia terhadap gorengan.
Selain itu, tahu crispy sendiri menjadi salah satu produk inovasi kekinian yang saat ini masih disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga hal tersebut tentunya bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang cukup potensial.
Tahu juga menjadi salah satu makanan yang bisa dibilang sebagai “comfort food” untuk hampir semua kalangan. Bisnis tahu crispy juga bisa dibilang cukup mudah karena bahan bakunya yang mudah ditemui dan harganya yang relatif terjangkau.
Tahu crispy tidak hanya dijadikan sebagai cemilan, tetapi juga sebagai lauk pelengkap, sehingga pasarnya masih cukup luas. Menariknya lagi, tahu crispy akan mengembang ketika digoreng, hal tersebut yang menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen.
Konsep Usaha
Konsep usaha Tahu Crispy Maknyus ini akan sedikit berbeda dengan tahu crispy kebanyakan, porsi yang ditawarkan akan lebih besar, menggunakan minyak yang sehat, dan ditambahkan dengan resep spesial yang membuat rasanya semakin tak tertandingi.
Visi Misi
Adapun visi misi yang kami buat untuk menjalankan usaha Tahu Crispy Maknyus agar menjadi salah satu usaha kuliner yang diperhitungkan adalah sebagai berikut.
Visi
Menjual cemilan kekinian, yakni Tahu Crispy Maknyus yang memiliki rasa gurih pas, dan kriuknya yang bikin ketagihan. Selain itu, juga menggunakan bahan berkualitas untuk menjaga kualitas dari tahu crispy yang dihasilkan.
Misi
- Menjadikan Tahu Crispy Maknyus sebagai cemilan yang favorit.
- Selalu menjaga kualitas dari setiap tahu crispy yang diproduksi.
- Mengutamakan pelayanan yang ramah, sopan, dan profesional.
- Terus berusaha melakukan kreasi dan inovasi untuk keberlanjutan usaha Tahu Crispy Maknyus.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength (Kekuatan)
Tahu menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga mengembangkan kreasi masakan tahu tidak akan begitu sulit. Tahu crispy yang kami buat memiliki resep yang spesial sehingga rasanya dipastikan lebih enak.
Weakness (Kelemahan)
Resep dari tahu crispy mudah dipelajari oleh kompetitor, sehingga membuat cita rasa yang spesial akan mudah luntur. Sebagai pemilik usaha harus terus-terusan memikirkan kreasi unik untuk membuat tahu crispy yang berbeda, sehingga hal tersebut cukup melelahkan.
Opportunity (Peluang)
Mengutip dari Liputan6.com, ternyata masyarakat Indonesia lebih gemar mengonsumsi cemilan daripada makanan berat. Hal tersebut didasarkan atas survei bertajuk The State of Snacking yang dilakukan oleh Mondelez International pada 2019 silam.
Dengan adanya landasan tersebut, tentu hal ini akan memberikan peluang tersendiri untuk memasarkan Tahu Crispy Maknyus menjadi lebih gampang. Selain itu, bahan baku yang murah dan mudah didapatkan akan memberikan keuntungan tersendiri.
Threats (Ancaman)
Persaingan di sektor usaha tahu crispy yang semakin ramai menjadikan hal ini sebagai ancaman tersendiri bagi keberlanjutan usaha Tahu Crispy Maknyus.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama usaha yang nantinya digunakan : Untuk nama usahanya kami memilih Tahu Crispy Maknyus. Hal ini didasarkan dengan rasa lezat dari tahu crispy yang kami buat dan teksturnya yang renyah sehingga akan langsung terasa perpaduannya di lidah.
Produk yang dihasilkan : Tahu crispy dengan rasa yang lezat karena dibuat dengan resep spesial, dilengkapi dengan teksturnya yang renyah kriuk, sehingga membuat lidah tidak bosan untuk mengunyah.
Harga yang ditawarkan :
- Tahu Crispy Maknyus Balado Pedas Manis : Harganya Rp 15.000 per box
- Tahu Crispy Maknyus Bumbu Tabur : Harganya Rp 10.000 per box
- Tahu Crispy Maknyus Original : Harganya Rp 8.000 per box
Target Market :
Untuk target market utamanya adalah para anak sekolah, khususnya anak SMA, mahasiswa, dan para pekerja kantoran dengan rentang usia antara 17 tahun hingga 35 tahun yang senang dengan cemilan semacam ini.
Strategi Pemasaran :
Untuk strategi pemasarannya tetap dilakukan secara offline dan online. Promosi secara offline dilakukan dengan menggunakan brosur dan banner. Sedangkan promosi online akan banyak memanfaatkan media sosial seperti Ig, Fb, Tiktok, dan Whatsapp.
Karena target konsumennya kebanyakan adalah anak muda, maka promosi dengan menggunakan media sosial dirasa akan efektif dan lebih murah.
Sistem Usaha :
Untuk sistem usahanya kami menerapkan sistem bagi hasil dengan modal usaha patungan. Pembagian hasilnya akan dihitung berdasarkan persentase modal yang disetorkan. Kami membutuhkan tambahan modal 40% dengan jumlah Rp 20.000.000.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal yang Dibutuhkan:
Peralatan
Keterangan | Harga |
Warung Booth Semi Container | Rp 5.000.000 |
Kompor dan Gas | Rp 6.00.000 |
Pengaduk | Rp 12.000 |
Wajan | Rp 40.000 |
Alat Penggoreng | Rp 300.000 |
Wadah | Rp 35.000 |
Panci | Rp 50.000 |
Peralatan Tambahan | Rp 250.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tempat | Rp 4.000.000 |
Renovasi Tempat | Rp 2.000.000 |
Bahan Baku untuk 30 Hari
Keterangan | Harga |
Tahu | Rp 1.000.000 |
Baking Powder | Rp 240.000 |
Tepung Terigu | Rp 1.200.000 |
Tepung Maizena | Rp 1.300.000 |
Telur Ayam | Rp 1.000.000 |
Bumbu Balado | Rp 985.000 |
Bumbu Tabur | Rp 800.000 |
Garam | Rp 80.000 |
Merica | Rp 80.000 |
Lain-lain | Rp 2.000.000 |
Operasional Outlet
Keterangan | Harga |
Gas LPG 3 Kg | Rp 23.000 |
Peralatan kebersihan | Rp 10.000 |
Listrik | Rp 75.000 |
Promosi
Keterangan | Harga |
Brosur | Rp 150.000 |
X Banner | Rp 60.000 |
Banner | Rp 40.000 |
Harga Pokok Produksi
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Bumbu Balado | Rp 7.000 | Rp 15.000 | Rp 8.000 |
Bumbu Tabur | Rp 5.000 | Rp 10.000 | Rp 5.000 |
Original | Rp 4.000 | Rp 8.000 | Rp 4.000 |
Perkiraan Keuntungan
Produk | Target Penjualan Per Hari | Profit Kotor Per Hari |
Bumbu Balado | 50 Box | Rp 4.00.000 |
Bumbu Tabur | 40 Box | Rp 200.000 |
Original | 30 Box | Rp 120.000 |
Total | 120 Box | Rp 720.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 21.600.000 |
Biaya Operasional | Rp 10.000.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 11.600.000 |
BAB 5 : Penutup
Dengan adanya peluang yang menjanjikan terhadap bisnis tahu crispy tersebut tentu harus didukung dengan pengembangan serta perencanaan usaha yang baik. Untuk itu, kami akan terus belajar, melakukan analisa, monitoring, dan evaluasi untuk perkembangan bisnis ini.
Kami akan senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan ide-ide kreatif, baik itu dari produknya maupun dari promosi yang dilakukan, agar usaha ini tetap berjalan dengan semestinya.
Bagi Anda yang ingin menanamkan modal pada usaha ini tidak usah ada keraguan, karena kami pasti akan bertanggung jawab penuh atas investasi yang Anda berikan kepada bisnis ini.