Proposal Usaha Tahu – Ide usaha bisa muncul dari mana saja, salah satu contohnya adalah usaha tahu. Sumber protein sederhana ini menjadi ladang usaha yang menjanjikan jika diolah menjadi berbagai hidangan yang menarik oleh para pengusaha.
Ada berbagai jenis usaha yang berasal dari tahu, diantaranya tahu walik, gejrot, petis, goreng, bakso, bulat, mercon, dan masih banyak lagi. Meskipun terlihat sederhana, usaha ini ternyata bisa dikembangkan menjadi bisnis besar.
Untuk mengembangkannya, para pengusaha bisa meminta bantuan dana kepada investor dengan mengajukan proposal usaha. Berikut ini contoh proposal usaha tahu yang bisa menjadi referensi untuk bisnis anda.
Download Proposal Tahu
Proposal Usaha Tahu Frozen Amanah
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Tahu merupakan salah satu sumber protein yang berasal dari bahan sederhana. Di Indonesia produksi tahu sangat melimpah dan harga jualnya relatif rendah sehingga membuat tahu seringkali dipandang sebagai makanan yang tidak bernilai jual.
Berbekal kreativitas dan memanfaatkan tahu sebagai bahan utamanya, kami memproduksi Tahu Frozen Amanah yaitu berbagai olahan tahu kekinian siap saji yang bercita rasa gurih dan nikmat.
Bahan dasar produksi Tahu Bakso Amanah kami ambil dari pabrik-pabrik tahu daerah Malang untuk memastikan kualitas tahu yang dipakai sangat baik dan harganya terjangkau di samping membantu perekonomian mereka dengan menjadi supplier tetap tahu.
Dalam memproduksi Tahu Bakso Amanah kami tidak menggunakan bahan pengawet, namun kami menggunakan kemasan vakum sehingga tahu bisa tahan selama satu bulan dalam freezer.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Tahu Bakso Amanah adalah produksi tahu bakso frozen kualitas premium dengan mendirikan pusat usaha di Malang dan mendistribusikan tahu ke seluruh Indonesia dengan menjadi supplier tetap toko-toko dan supermarket.
Tahu Bakso Amanah dikemas menggunakan vakum sehingga bisa awet hingga satu minggu dalam suhu ruang atau satu bulan dalam freezer. Daya tahan dari Tahu Bakso Amanah ini cukup singkat karena kami tidak menggunakan bahan pengawet apapun dalam produksi.
Visi Misi
Visi : Menjadikan tahu bernilai jual tinggi dengan dengan menghasilkan berbagai macam olahan tahu kekinian yang bisa dikirim ke seluruh Indonesia.
Misi :
- Menjadi produsen tahu frozen terkemuka di Indonesia melalui kerjasama dengan berbagai toko dan supermarket di Indonesia.
- Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dan harga yang kompetitif di pasaran agar tahu bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.
- Membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru.
- Mempopulerkan tahu sebagai makanan sehat dan bergizi khususnya bagi generasi yang akan datang.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Modal usaha yang dibutuhkan dalam produksi Tahu Frozen Amanah bisa dibilang rendah apalagi bahan baku utamanya yaitu tahu dapat dengan mudah kami dapatkan melalui suplai tetap dari pabrik tahu di Malang.
Selain itu harganya yang terjangkau dan distribusi yang merata ke berbagai daerah di Indonesia membuat tahu Frozen Amanah bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.
Weakness:
Seluruh produk yang kami hasilkan diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga daya tahan tahu relatif singkat yaitu sekitar satu bulan saja di freezer.
Opportunity:
Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang familiar dan disukai oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu proses pemasaran dari Tahu Frozen Amanah lebih mudah karena kami tidak perlu memperkenalkan produk secara detail.
Pabrik produksi kami cukup luas sehingga dapat memenuhi permintaan pasar yang melimpah. Selain itu kami juga menyediakan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia melalui proses kerjasama sehingga jangkauan Tahu Frozen Amanah bisa lebih luas.
Threat:
Konsumen yang mudah bosan terhadap produk olahan tahu membuat kami harus terus berinovasi dengan menghasilkan produk-produk olahan tahu yang baru. Selain itu adanya persaingan bisnis yang mulai meniru konsep bisnis ini menjadi ancaman lain bagi kami.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Nama merupakan identitas yang penting bagi sebuah usaha. Oleh karena itu kami menggunakan nama “Tahu Frozen Amanah” sebagai nama merek dagang.
Seperti namanya tujuan utama kami adalah menjadi produsen tahu frozen yang amanah bagi seluruh konsumen dengan menyediakan produk-produk tahu frozen yang berkualitas dan bernilai jual tinggi dipasaran.
Produk yang dihasilkan:
Pada awal pendirian pabrik kami hanya berfokus pada produksi tahu bakso. Namun melihat peluang usaha yang ada dan permintaan tahu bakso yang menurun membuat kami berinovasi dengan menghasilkan produk-produk tahu yang variatif.
Adapun produk-produk tahu yang telah kami hasilkan diantaranya adalah tahu bakso frozen, tahu walik frozen, tahu crispy frozen, tahu jeletot frozen, tahu bulat frozen, nugget tahu, dan cireng tahu.
Rincian harga:
Berikut ini rincian harga dari produk-produk Tahu Frozen Amanah:
1 . Tahu Bakso Frozen : Rp. 25.000 (8 pcs)
2. Tahu Walik Frozen : Rp. 20.000 (10 pcs)
3. Tahu Crispy Frozen : Rp. 15.000 (10 pcs)
4. Tahu Jeletot Frozen : Rp. 25.000 (8 pcs)
5. Tahu Bulat Frozen : Rp. 20.000 (10 pcs)
6. Nugget Tahu Veggie : Rp. 25.000 (20 pcs)
7. Cireng Tahu : Rp. 20.000 (10 pcs)
Target market:
Target market dari Tahu Frozen Amanah adalah seluruh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia tanpa batasan usia.
Hal ini karena semua produk dari Tahu Frozen Amanah dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang tua karena diolah menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga tidak menimbulkan efek samping saat dikonsumsi.
Strategi pemasaran:
Secara umum strategi pemasaran dari Tahu Frozen Amanah terdiri dari dua bentuk yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Untuk pemasaran offline kami bekerjasama dengan toko-toko makanan dan supermarket sebagai supplier tetap tahu frozen.
Sedangkan dalam pemasaran online kami membuat akun official di media sosial untuk mengunggah produk-produk kami. Selain itu kami juga memanfaatkan Google Ads dan Instagram Ads untuk memperluas jangkauan pemasaran produk.
Sistem usaha:
Sistem usaha dari Tahu Frozen Amanah adalah penjualan secara langsung. Sistem ini kami gunakan untuk meminimalisir kesalahan dalam pengiriman yang bisa terjadi yang mengakibatkan konsumen tidak percaya lagi dengan produk kami.
Selain itu sistem penjualan langsung ini juga sangat menguntungkan kami karena keuntungan bisa maksimal dan kualitas produk bisa kami jaga hingga ke tangan konsumen.
Sistem pembagian hasil:
Saat ini kami sedang dalam proses pelebaran pabrik. Oleh karena itu kami membuka kesempatan untuk anda yang ingin bekerjasama dengan kami melalui investasi sebesar 35% atau senilai Rp. 100.000.000.
Proses kerjasama ini berlangsung selama 3 tahun dan biaya investasi akan dikembalikan saat kontrak kerjasama berakhir. Adapun sistem pembagian hasilnya akan dihitung berdasarkan keuntungan bersih dari penjualan setiap bulan.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Mixer Besar | Rp. 2.500.000 |
Alat Penggorengan | Rp. 1.250.000 |
Mesin Vacum | Rp. 3.000.000 |
Kardus dan Plastik Kemasan | Rp. 1.000.000 |
Baskom dan Alat Masak | Rp. 1.500.000 |
Ice Gel | Rp. 850.000 |
Termometer | Rp. 150.000 |
Kompor Gas | Rp. 1.000.000 |
Timbangan | Rp. 250.000 |
Pendingin Ruangan | Rp. 8.000.000 |
Meja dan Kursi Produksi | Rp. 5.000.000 |
Komputer | Rp. 3.500.000 |
Printer | Rp. 1.500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 25.000.000 |
Renovasi Pabrik | Rp. 50.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
10 Karyawan Produksi | Rp. 40.000.000 |
4 Karyawan Distribusi dan Pengiriman | Rp. 6.000.000 |
8 Karyawan Packing | Rp. 18.000.000 |
1 Karyawan Quality Control | Rp. 5.000.000 |
1 Admin Penjualan | Rp. 3.500.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Bahan Baku | Rp. 25.000.000 |
Listrik | Rp. 2.500.000 |
Air | Rp. 1.000.000 |
Internet | Rp. 500.000 |
Biaya Tidak Terduga | Rp. 10.000.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Google Ads | Rp. 500.000 |
Instagram Ads | Rp. 500.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Tahu Bakso | Rp. 18.000 | Rp. 25.000 | Rp. 7.000 |
Tahu Walik | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Tahu Crispy | Rp. 8.000 | Rp. 15.000 | Rp. 7.000 |
Tahu Jeletot | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
Tahu Bulat | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Nugget Tahu | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
Cireng Tahu | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Tahu Bakso | 100 pack | Rp. 700.000 |
Tahu Walik | 100 pack | Rp. 1.000.000 |
Tahu Crispy | 100 pack | Rp. 700.000 |
Tahu Jeletot | 100 pack | Rp. 1.000.000 |
Tahu Bulat | 100 pack | Rp. 1.000.000 |
Nugget Tahu | 100 pack | Rp. 1.000.000 |
Cireng Tahu | 100 pack | Rp. 1.000.000 |
Total | 700 pack | Rp. 6.400.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 192.000.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 93.000.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 99.000.000 |
BAB 5: Penutup
Tahu Frozen Amanah merupakan salah satu peluang usaha makanan yang cukup menjanjikan mengingat persaingan usahanya masih terbilang rendah dan proses distribusinya menyeluruh di seluruh Indonesia.
Melalui proposal usaha ini kami berharap agar anda bisa mempertimbangkan kembali untuk bekerjasama dengan Tahu Frozen Amanah agar proses pengembangan usaha bisa cepat dilakukan dan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.