Proposal Usaha Online Shop – Era digital seperti saat ini membuat kehidupan manusia berubah drastis. Salah satu dampak yang cukup terasa adalah kemudahan dalam berbelanja secara online.
Hal inilah yang memicu munculnya banyak online shop dengan berbagai bidang usaha. Berbicara tentang online shop, kini pengusaha online shop bisa mendapatkan modal dengan mudah melalui pengajuan proposal usaha.
Melalui proposal usaha, para pengusaha akan diminta untuk menggambarkan dengan jelas bagaimana bisnis online shop akan dijalankan termasuk dengan kebutuhan maupun analisis keuntungan finansial yang akan diperoleh oleh kedua belah pihak.
Download Proposal Online Shop
Proposal Usaha Online Shop Thrifting Aja
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Beberapa tahun terakhir masyarakat Indonesia khususnya kalangan muda tengah menyukai kegiatan thrifting atau belanja barang-barang bekas yang masih layak dipakai dengan harga yang relatif terjangkau.
Oleh karena itu kami menyediakan kebutuhan mereka dengan menghadirkan online shop Thrifting Aja dimana barang-barang yang kami jual berasal dari luar negeri yang telah kami cek kualitasnya sehingga sangat layak untuk dipergunakan kembali oleh masyarakat.
Konsep Usaha
Konsep dari Thrifting Aja adalah online shop yang berfokus untuk menjual pakaian bekas dengan tingkat kelayakan pakai minimal 90%.
Kami menyediakan beberapa alternatif pembelian satuan dan sistem paket random bagi para customer yang ingin menjual kembali pakaian tersebut.
Visi Misi
Visi:
Menjadi pusat online shop thrifting terbaik yang paling dicari oleh kalangan anak muda
Misi:
- Menyediakan pakaian bekas layak pakai dengan kualitas terbaik dengan model yang sedang tren dikalangan anak muda.
- Memberikan harga pakaian yang paling murah dibandingkan dengan online shop thrifting lainnya.
- Memberikan pelayanan terbaik dengan selalu cepat tanggap (fast response) dalam menjawab pertanyaan customer serta melakukan pengiriman secepatnya agar barang cepat sampai ke tangan customer.
- Melakukan pengecekan ulang untuk memastikan barang customer selalu sesuai dengan pesanan.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength
Seluruh pakaian dari Thrifting Aja berasal dari tangan pertama sehingga harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan dengan online shop lainnya.
Pakaian yang dijual juga telah disortir berdasarkan kelayakan serta dipilah berdasarkan model yang sedang trend sehingga memudahkan customer dalam memilih baju yang diinginkan.
Weakness:
Rumah produksi yang sempit sehingga proses penyortiran tidak bisa dilakukan setiap hari karena menunggu ruangan sedikit longgar dan berakibat pada lambatnya update stock barang di marketplace.
Opportunity:
Pakaian dari Thrifting Aja bisa dijual kembali karena kami memastikan pakaian yang kami jual kondisi kelayakannya minimal 90% dan modelnya sedang trend di kalangan anak muda.
Threat:
Adanya persaingan bisnis yang mulai menirukan sistem usaha Thrifting Aja dan customer menginginkan update stock barang lebih cepat.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Online Shop “Thrifting Aja”
Produk yang dihasilkan:
Pakaian anak muda mulai dari kemeja, blouse, kaos, celana panjang kulot, pants, jeans, rok panjang, sweater, dan jaket bekas dengan kualitas 95% layak pakai.
Rincian harga:
1 . Blouse lengan pendek : Rp. 25.000
2. Blouse lengan panjang : Rp. 35.000
3. Kemeja all size : Rp. 35.000
4. Kemeja oversize : Rp. 45.000
5. Kaos all size : Rp. 15.000
6. Kaos oversize : Rp. 20.000
7. Celana kulot : Rp. 65.000
8. Celana knit : Rp. 55.000
9. Celana pants : Rp. 65.000
10. Celana jeans : Rp. 70.000
11. Rok tutu : Rp. 45.000
12. Rok plisket : Rp. 35.000
13. Rok lilit : Rp. 50.000
14. Sweater all size : Rp. 65.000
15. Sweater oversized : Rp. 75.000
16. Hoodie all size : Rp. 65.000
17. Hoodie oversized : Rp. 75.000
18. Jaket jeans all size : Rp. 85.000
Target market:
Target market dari online shop Thrifting Aja adalah seluruh anak muda di rentan usia 12-25 tahun dari berbagai wilayah Indonesia.
Strategi pemasaran:
Strategi pemasaran dari Thrifting Aja dilakukan dengan beberapa cara diantaranya aktif mengunggah update stock ke media sosial @thrifting.aja serta melakukan promosi dengan bantuan Instagram Ads untuk bisa menjangkau audience lebih luas.
Selain itu Thrifting aja juga rutin live di Tiktok dan Shopee setiap Senin dan Kamis untuk update koleksi terbaru serta mengadakan flash sale.
Sistem usaha:
Sistem usaha yang kami jalankan adalah online shop melalui official marketplace @thriftingaja di Tiktok, Shopee, serta Tokopedia. Namun jika anda tertarik dengan bisnis ini, kami juga menjual pakaian dalam kemasan karung dengan harga yang jauh lebih murah.
Sistem pembagian hasil:
Jika anda berminat untuk menjual kembali pakaian dari Thritting Aja, kami menjualnya harga murah dalam kemasan karung dan keuntungan yang bisa didapatkan dari penjualan ini bisa mencapai 5%-10% untuk setiap potong pakaian.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
1 unit laptop | Rp. 3.000.000 |
1 unit tablet | Rp. 2.500.000 |
1 printer resi | Rp. 1.250.000 |
Karung Kemasan | Rp. 300.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 15.000.000 |
Biaya Perbaikan Toko | Rp. 5.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
3 Karyawan Packing | Rp. 6.000.000 |
2 Karyawan Live | Rp. 5.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Listrik | Rp. 350.000 |
Wifi | Rp. 250.000 |
Belanja Baju | Rp. 25.000.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Instagram Ads | Rp. 300.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Blouse Pendek | Rp. 15.000 | Rp. 25.000 | Rp. 10.000 |
Blouse Panjang | Rp. 20.000 | Rp. 35.000 | Rp. 15.000 |
Kemeja All Size | Rp. 20.000 | Rp. 35.000 | Rp. 15.000 |
Kemeja Oversize | Rp. 25.000 | Rp. 45.000 | Rp. 20.000 |
Kaos All Size | Rp. 8.000 | Rp. 15.000 | Rp. 7.000 |
Kaos Over Size | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Celana Kulot | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 25.000 |
Celana Knit | Rp. 35.000 | Rp. 55.000 | Rp. 20.000 |
Pants | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 20.000 |
Jeans | Rp. 45.000 | Rp. 70.000 | Rp. 25.000 |
Rok Tutu | Rp. 25.000 | Rp. 45.000 | Rp. 20.000 |
Rok Plisket | Rp. 20.000 | Rp. 35.000 | Rp. 15.000 |
Rok Lilit | Rp. 30.000 | Rp. 50.000 | Rp. 20.000 |
Sweater All Size | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 25.000 |
Sweater Over Size | Rp. 45.000 | Rp. 75.000 | Rp. 30.000 |
Hoodie All Size | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 25.000 |
Hoodie Over Size | Rp. 45.000 | Rp. 75.000 | Rp. 30.000 |
Jaket Jeans | Rp. 50.000 | Rp. 85.000 | Rp. 35.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Blouse Pendek | 15 pcs | Rp. 150.000 |
Blouse Panjang | 15 pcs | Rp. 225.000 |
Kemeja All Size | 15 pcs | Rp. 225.000 |
Kemeja Oversize | 15 pcs | Rp. 300.000 |
Kaos All Size | 20 pcs | Rp. 140.000 |
Kaos Over Size | 20 pcs | Rp. 200.000 |
Celana Kulot | 15 pcs | Rp. 375.000 |
Celana Knit | 10 pcs | Rp. 200.000 |
Pants | 10 pcs | Rp. 200.000 |
Jeans | 15 pcs | Rp. 375.000 |
Rok Tutu | 10 pcs | Rp. 200.000 |
Rok Plisket | 10 pcs | Rp. 150.000 |
Rok Lilit | 10 pcs | Rp. 200.000 |
Sweater All Size | 20 pcs | Rp. 500.000 |
Sweater Over Size | 15 pcs | Rp. 450.000 |
Hoodie All Size | 15 pcs | Rp. 375.000 |
Hoodie Over Size | 15 pcs | Rp. 450.000 |
Jaket Jeans | 20 pcs | Rp. 700.000 |
Total | 265 pcs | Rp. 5.415.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Perbulan | Rp. 162.000.000 |
Biaya Operasional | Rp. 36.900.000 |
Profit Bulanan | Rp. 125.000.000 |
BAB 5: Penutup
Thrifting Aja menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan di era digital seperti saat ini karena rincian modal dan risiko kerugian yang didapatkan cukup rendah. Apalagi minat dari kalangan anak muda dengan bisnis ini cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir.
Dengan sistem pemasaran online, Thrifting Aja bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia tentunya dengan harga yang sangat terjangkau karena berasal dari tangan pertama dan pelayanan terbaik dari admin Thrifting Aja.