Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis kosmetik, anda harus mempersiapkan modal yang cukup banyak karena harga kosmetik yang relatif mahal. Namun jika modal yang anda miliki masih terbatas anda bisa mencari investor untuk bisnis kosmetik anda.
Pastikan anda telah mempersiapkan sebuah proposal usaha yang menarik agar calon investor yakin dan percaya untuk berinvestasi di bisnis anda. Contoh proposal berikut ini mungkin bisa menjadi referensi.
File tersedia dengan format DOC dan PDF
Download File Contoh Proposal Usaha Kosmetik (DOC)
Contoh Proposal Usaha Kosmetik “Facelove”
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Kosmetik kini seakan menjadi barang wajib yang harus dimiliki terutama untuk wanita. Bahkan beberapa pria pun sudah banyak yang menggunakan kosmetik ringan seperti lip balm ataupun bedak tipis.
Karena semakin banyak orang yang menjaga penampilan lewat polesan kosmetik, Facelove hadir untuk menyediakan banyak pilihan brand kosmetik baik lokal maupun internasional.
Bekerja sama dengan 10 brand kosmetik ternama, Jessica Shania yang merupakan pemilik Facelove cukup percaya diri jika toko kosmetiknya bisa menjadi toko one stop kosmetik. sehingga untuk mendapatkan semua jenis kosmetik dari beberapa brand cukup hanya dengan belanja ke Facelove saja.
Konsep Usaha
Facelove menjual produk produk kosmetik dari berbagai brand dengan sistem offline dan online. Pembelian secara offline dapat dilakukan langsung di outlet Facelove, yang mana juga tersedia sistem membership untuk anda yang ingin mendapatkan diskon 10% per transaksi. Dan untuk pembelian online bisa langsung mengunjungi toko official Facelove di marketplace.
Visi Misi
Visi misi Facelove adalah menyediakan produk kosmetik berkualitas yang dijamin original, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap konsumen.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength
Telah bekerja sama dengan 10 brand kosmetik lokal dan internasional yang produk produknya dijamin original dan aman untuk digunakan.
Weakness
Belum terdapat brand kosmetik dari negara Thailand, yang sebenarnya sudah cukup banyak dicari oleh konsumen.
Opportunity
Meskipun sudah ada banyak kompetitor yang menjual kosmetik dengan brand sejenis, dengan pelayanan extra yang dimiliki seperti pelayanan yang ramah, product knowledge yang dimiliki oleh para karyawan, serta beragam bonus diskon yang tersedia, Facelove memiliki peluang besar untuk dapat menarik perhatian konsumen.
Threat
Ancaman yang bisa dihadapi oleh Facelove diantaranya adalah persaingan harga yang cukup kompetitif dengan kompetitor, sehingga memberikan service excellent bisa menjadi nilai plus untuk Facelove di mata konsumen.
BAB 3 : Rancangan Usaha
Nama Usaha : Facelove
Produk yang Dijual : Kosmetik dari berbagai brand lokal dan international yang dijamin original
Harga : Bervariasi sesuai dengan brand dan product.
Target Market :
Target market Facelove sebenarnya adalah semua kalangan masyarakat dari berbagai usia. Namun utamanya mungkin bagi para wanita dengan usia 15 tahun hingga akhir 40an.
Strategi Pemasaran :
Melakukan promosi melalui TikTok, Instagram, dan Facebook adalah salah satu upaya exposure yang dilakukan oleh Facelove. Selain itu Facelove juga menggunakan jasa beauty influencer untuk menarik banyak konsumen potensial agar berkunjung ke Facelove.
Sistem Usaha :
Melakukan penjualan kosmetik secara online melalui marketplace dan juga secara offline melalui outlet resmi Facelove.
Sistem Bagi Hasil :
Facelove menjual sahamnya senilai Rp 40.000.000 yang merupakan 40% dari jumlah keseluruhan saham Facelove. Sistem bagi hasil nya menggunakan perhitungan persentase saham yang dimiliki dikali dengan jumlah keseluruhan laba bersih yang diterima Facelove dalam 1 tahun.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal
Peralatan
Keterangan | Harga |
Rak | Rp 8.000.000 |
Cermin | Rp 5.000.000 |
Lampu | Rp 1.000.000 |
Etalase | Rp 2.500.000 |
Meja | Rp 2.000.000 |
Kursi | Rp 2.000.000 |
Komputer + Printer Kasir | Rp 5.000.000 |
Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat | Rp 35.000.000 / tahun |
Renovasi | Rp 20.000.000 |
Karyawan
Keterangan | Gaji |
Kasir 1 orang | Rp 3.500.000 |
SPG 2 orang | Rp 6.000.000 |
Total | Rp 9.500.000 |
Operasional
Keterangan | Biaya |
Listrik | Rp 800.000 |
Packaging | Rp 200.000 |
Lain lain | Rp 200.000 |
Total | Rp 1.200.000 |
Promosi
Keterangan | Biaya |
Banner, Baliho, Katalog | Rp 400.000 |
Influencer Budget | Rp 500.000 |
Social Media Management | Rp 350.000 |
Estimasi Modal Untuk Setiap Brand
Berikut ini adalah modal untuk setiap brand dalam sebulannya.
Brand Product | Modal |
Make Over | Rp 5.000.000 |
Etude | Rp 5.000.000 |
Y.O.U | Rp 3.000.000 |
Wardah | Rp 3.000.000 |
Revlon | Rp 3.500.000 |
Loreal | Rp 3.500.000 |
NYX | Rp 6.000.000 |
MAC | Rp 8.000.000 |
PAC | Rp 10.000.000 |
Estee Lauder | Rp 15.000.000 |
Total | Rp 61.000.000 |
Estimasi Pendapatan
Dibawah ini adalah estimasi pendapatan dari Penjualan Beberapa Brand Product dalam 1 hari
Brand Product | Harga | Pendapatan |
Make Over | Rp 25.000 – Rp 550.000 | Rp 550.000 |
Etude | Rp 45.000 – Rp 850.000 | Rp 850.000 |
Y.O.U | Rp 18.000 – Rp 150.000 | Rp 150.000 |
Wardah | Rp 25.000 – Rp 185.000 | Rp 185.000 |
Revlon | Rp 45.000 – Rp 450.000 | Rp 200.000 |
Loreal | Rp 45.000 – Rp 450.000 | Rp 200.000 |
NYX | Rp 75.000 – Rp 750.000 | Rp 500.000 |
MAC | Rp 85.000 – Rp 900.000 | Rp 350.000 |
PAC | Rp 125.000 – Rp 1.250.000 | Rp 800.000 |
Estee Lauder | Rp 250.000 – Rp 1.450.000 | Rp 1.000.000 |
Pendapatan dalam 1 hari adalah sekitar Rp 4.785.000
Pendapatan dalam 1 bulan adalah sekitar Rp 143.550.000
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Nominal |
Pendapatan dalam Sebulan | Rp 143.550.000 |
Pengeluaran dalam Sebulan | Rp 71.700.000 |
Estimasi Profit yang Diperoleh dalam Sebulan | Rp 71.850.000 |
Estimasi Balik Modal adalah sekitar 2 bulan.
BAB 5 : Penutup
Dengan adanya one stop kosmetik seperti Facelove, diharapkan pengunjung tidak akan lagi repot repot untuk berpindah pindah toko saat harus berbelanja kosmetik yang tidak jarang brand brand kosmetik yang dipakai bervariasi mulai dari eye shadow, eye liner, lip tint, blush on, dan sebagainya.
Oleh karena itu kami berharap agar anda bersedia menginvestasikan sejumlah dana kepada Facelove agar dikelola dan dikembangkan untuk membuat Facelove semakin besar dan menghasilkan keuntungan yang semakin tinggi.