Proposal Usaha Kerajinan Tangan – Dalam sebuah bisnis utamanya bisnis skala besar anda tentu sudah tidak asing dengan beberapa istilah salah satunya proposal usaha.
Proposal usaha menjadi salah satu hal yang krusial dalam pengembangan suatu usaha. Tidak hanya untuk mencari sumbangan dana dari investor, proposal usaha juga berfungsi untuk melihat kelayakan ide bisnis.
Maka dari itu proposal usaha harus berisi lengkap tentang bagaimana sebuah usaha dijalankan termasuk dengan kebutuhan finansial yang dibutuhkan agar pihak-pihak yang terlibat bisa memahami tujuan usaha dengan jelas. Berikut contohnya.
Download Proposal Kerajinan Tangan
Proposal Usaha Kerajinan Tangan “Jejak Kreatif”
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Kreativitas seseorang dalam mengolah suatu barang bisa menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan jika ditekuni. Melihat banyaknya sumber daya yang melimpah yaitu batang teratai yang menjadi limbah tidak berguna yang justru merusak lingkungan.
Oleh karena itu berbekal pengalaman tentang pengolahan limbah, Jejak Kreatif mengolah batang teratai menjadi beragam kerajinan multifungsi yang bernilai jual tinggi. Dengan demikian alam lebih terjaga karena limbah-limbah ini dimanfaatkan dengan baik.
Selain memanfaatkan sumber daya yang ada, melalui kegiatan ini kami juga berhasil mengurangi tingkat pengangguran daerah karena dalam proses pembuatan kerajinan tangan kami dibantu oleh tenaga kerja yang berasal dari daerah.
Saat ini kerajinan tangan produksi Jejak Kreatif telah menjadi salah satu kerajinan ikonik di provinsi Maluku. Tidak hanya itu kerajinan tangan dari Jejak Kreatif kini juga sudah di ekspor ke beberapa negara di Asia seperti Cina, Hongkong, dan Jepang.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Jejak Kreatif adalah produksi kerajinan tangan rumahan dengan mempekerjakan para tenaga kerja produktif di daerah. Tujuannya adalah mengurangi angka pengangguran serta mempercepat proses produksi kerajinan karena tenaga kerja produktif.
Sedangkan untuk memasarkan produk kerajinan tangan ini, Jejak Kreatif mendistribusikannya secara langsung ke beberapa pusat oleh-oleh serta menjualnya secara online disamping bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk mempermudah distribusi di luar negeri.
Visi Misi
Visi : Menjadi pusat kerajinan tangan yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan berbagai barang yang multifungsi sehingga dapat bernilai jual tinggi.
Misi :
- Selalu memperhatikan kualitas kerajinan yang diproduksi dengan memilih bahan baku terbaik di setiap produksi.
- Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan selalu bersikap ramah, sopan, dan santun terhadap seluruh konsumen.
- Membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran daerah dengan menyerap tenaga kerja daerah.
- Menyejahterakan para tenaga kerja dengan memfasilitasi mereka untuk terus mengembangkan diri sehingga proses produksi kerajinan tangan bisa berlangsung maksimal.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Bahan baku utama pembuatan kerajinan tangan yaitu batang teratai sangat melimpah di sekitar lokasi produksi sehingga memudahkan Jejak Kreatif untuk mendapatkan kualitas bahan baku terbaik pada setiap kerajinan yang dibuat.
Selain itu kerajinan tangan dari bahan dasar batang teratai masih sangat jarang ditemukan sehingga membuat peluang pengembangan produk dari Jejak Kreatif sangat terbuka lebar dipasaran.
Weakness:
Kondisi cuaca yang seringkali berubah membuat produksi kerajinan tangan Jejak Kreatif tidak bisa berlangsung secara maksimal. Mengingat batang teratai yang digunakan harus dijemur hingga kering terlebih dahulu agar bisa dibentuk menjadi berbagai kerajinan multifungsi.
Opportunity:
Berkembangnya dunia digital memudahkan Jejak Kreatif dalam memperkenalkan produk kerajinan tangan ini. Melalui media sosial jangkauan pemasaran menjadi sangat tidak terbatas sehingga proses distribusi dari kerajinan tangan ini semakin meluas ke berbagai daerah.
Threat:
Ancaman utama dari usaha kami adalah adanya kompetitor baru yang menjual produk kerajinan tangan berbahan dasar sintetik dengan harga jual yang lebih murah.
Mengingat produk kerajinan tangan Jejak Kreatif dibuat dengan manual sehingga harga jual yang kami tetapkan sedikit lebih tinggi disamping kualitasnya yang memang sangat baik.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Nama usaha merupakan cerminan dari suatu usaha. Sama seperti nama usaha kerajinan kami yaitu “Jejak Kreatif” yang merupakan cerminan dari awal mula usaha ini diciptakan yaitu kreativitas dalam mengolah sumber daya yang tersedia di alam.
Melalui nama ini kami ingin menyampaikan bahwa kreativitas merupakan kunci dari suksesnya usaha kerajinan tangan ini, meskipun bahan baku yang digunakan adalah bahan baku yang dianggap tidak mempunyai nilai jual.
Produk yang dihasilkan:
Saat ini kami telah menghasilkan berbagai produk multifungsi diantaranya tas, pouch, vas bunga, keranjang pakaian, keranjang makanan, rak buku, dan rak penyimpanan make up.
Rincian harga:
Berikut ini rincian harga yang kami tetapkan pada setiap produk kerajinan tangan Jejak Kreatif:
1 . Tas Selempang : Rp. 50.000
2. Tas Wanita : Rp. 90.000
3. Pouch Wanita : Rp. 35.000
4. Vas Bunga : Rp. 60.000
5. Keranjang Pakaian : Rp. 75.000
6. Keranjang Makanan : Rp. 95.000
7. Rak Buku : Rp. 65.000
8. Rak Make Up : Rp. 55.000
Target market:
Target market dari kerajinan tangan Jejak Kreatif adalah seluruh perempuan pada rentan usia 20-50 tahun dari berbagai daerah yang memiliki kecintaan khusus terhadap produk kerajinan tangan dan memiliki rata-rata penghasilan bulanan sebesar Rp. 5.000.000.
Strategi pemasaran:
Saat ini Jejak Kreatif memakai dua strategi pemasaran, yaitu pemasaran secara offline dan pemasaran online. Dalam pemasaran offline kami bekerjasama dengan toko oleh-oleh daerah serta bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk mempermudah ekspor produk.
Selain itu kami juga menawarkan produk kerajinan tangan ke beberapa instansi pemerintahan. Sedangkan dalam pemasaran online kami membuka toko di beberapa marketplace yaitu Tokopedia, Lazada, dan Shopee untuk memastikan konsumen mendapatkan barang original.
Kami juga membuat akun di media sosial untuk update stok dan membuat konten-konten menarik seputar kerajinan tangan Jejak Kreatif. Untuk menarik perhatian konsumen kami juga meminta influencer daerah untuk mereview dan mempromosikan produk kerajinan tangan kami.
Kami juga menggunakan jasa Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads untuk memperluas jangkauan pemasaran dari produk-produk kerajinan tangan Jejak Kreatif.
Sistem usaha:
Jejak Kreatif dijalankan dengan sistem pemasaran secara langsung melalui toko oleh-oleh yang ada di daerah. Melalui sistem usaha ini kami juga meminimalisir kerusakan barang yang akan diterima oleh konsumen.
Sistem pembagian hasil:
Setiap tahun permintaan produk kerajinan tangan Jejak Kreatif terus mengalami kenaikan yang signifikan. Oleh karena itu kami sedang berupaya untuk mengembangkan lokasi usaha dan membeli beberapa alat yang dapat mempercepat proses produksi kerajinan tangan.
Maka dari itu bagi anda yang tertarik terhadap usaha ini, kami membuka kesempatan untuk kerjasama melalui investasi sebesar 35% atau senilai 75.000.000. Kerjasama ini akan berlangsung selama 2 tahun dimana biaya investasi kembali saat kontrak berakhir.
Sedangkan untuk sistem pembagian hasilnya akan diberikan dengan nominal yang sesuai dengan keuntungan bersih penjualan dari kerajinan tangan yang didapatkan setiap bulannya.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Tungku | Rp. 500.000 |
Pewarna Sintetik | Rp. 500.000 |
Kompor Besar | Rp. 1.500.000 |
Alat Pengering | Rp. 850.000 |
Nampan Besar | Rp. 800.000 |
Meja Produksi | Rp. 1.000.000 |
Alat Lem Tembak | Rp. 350.000 |
Komputer | Rp. 3.500.000 |
Printer | Rp. 1.250.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 15.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 35.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
10 Karyawan Produksi | Rp. 25.000.000 |
2 Karyawan Distribusi dan Pengiriman | Rp. 6.000.000 |
1 Admin Marketing | Rp. 4.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Bahan Baku | Rp. 5.000.000 |
Listrik | Rp. 1.500.000 |
Air | Rp. 500.000 |
Internet | Rp. 300.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Influencer | Rp. 2.500.000 |
Facebook Ads | Rp. 500.000 |
Instagram Ads | Rp. 500.000 |
Google Ads | Rp. 500.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Tas Selempang | Rp. 30.000 | Rp. 50.000 | Rp. 20.000 |
Tas Wanita Besar | Rp. 70.000 | Rp. 90.000 | Rp. 20.000 |
Pouch Wanita | Rp. 15.000 | Rp. 35.000 | Rp. 20.000 |
Vas Bunga | Rp. 40.000 | Rp. 60.000 | Rp. 20.000 |
Keranjang Pakaian | Rp. 50.000 | Rp. 75.000 | Rp. 25.000 |
Keranjang Makanan | Rp. 70.000 | Rp. 95.000 | Rp. 25.000 |
Rak Buku | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 20.000 |
Rak Make Up | Rp. 30.000 | Rp. 55.000 | Rp, 25.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Tas Selempang | 25 buah | Rp. 500.000 |
Tas Wanita Besar | 20 buah | Rp. 400.000 |
Pouch Wanita | 30 buah | Rp. 600.000 |
Vas Bunga | 20 buah | Rp. 400.000 |
Keranjang Pakaian | 20 buah | Rp. 500.000 |
Keranjang Makanan | 20 buah | Rp. 500.000 |
Rak Buku | 20 buah | Rp. 400.000 |
Rak Make Up | 25 buah | Rp. 625.000 |
Total | 180 buah | Rp. 3.925.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 102.050.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 46.300.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 55.750.000 |
BAB 5: Penutup
Jejak Kreatif menjadi salah satu bisnis kerajinan rumahan yang menembus pasar internasional. Peluang usaha dari kerajinan ini masih terbuka lebar karena persaingan usaha masih sangat sedikit.
Oleh karena itu melalui proposal usaha ini kami berharap agar kerjasama ini bisa terjalin dengan baik agar proses pengembangan usaha bisa terlaksana sehingga dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.