Contoh Proposal Usaha Kebab (Download DOC / PDF)

Proposal Usaha Kebab – Proposal usaha merupakan suatu bagian penting dalam usaha karena berkaitan dengan proses kerjasama dengan berbagai pihak saat menjalankan usaha karena fungsi utamanya adalah memberikan gambaran tentang jalannya suatu usaha.

Lebih dari itu proposal usaha juga berfungsi menarik donatur atau investor untuk memberikan bantuan dana dalam rangka membuka atau mengembangkan usaha yang sedang berjalan. Berikut contoh proposal usaha kebab yang bisa menjadi referensi untuk usaha anda.

Download Proposal Kebab

Proposal Kebab Nusantara

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha Kebab Nusantara

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Bisnis makanan cepat saji dalam beberapa tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal ini karena modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha makanan cepat saji relatif sedikit dan keuntungan yang didapatkan juga besar.

Melihat potensi yang cukup besar hingga beberapa tahun kedepan, kami memutuskan untuk membuka Kebab Nusantara sebagai pilihan usaha. Berbeda dengan kebab yang dijual dipasaran, kebab Nusantara ini menjual variasi kebab dengan pilihan rasa khas masakan Nusantara.

Dalam proses produksi, Kebab Nusantara menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga citarasanya sangat otentik. Selain itu  kemasan dari Kebab Nusantara dibuat lebih modern dan praktis sehingga memudahkan konsumen untuk membawanya.

Konsep Usaha

Konsep usaha Kebab Nusantara adalah menyajikan kebab yang bercita rasa khas Nusantara dengan cara membuka outlet-outlet kecil di beberapa titik strategis sebagai pusat untuk jualan kebab.

Visi Misi

Visi : Melestarikan citarasa khas masakan Nusantara yang dikemas dengan lebih modern sesuai dengan tren konsumsi makanan yang sedang terjadi sehingga menghasilkan nilai jual yang tinggi.

Misi :

  • Selalu berinovasi untuk menghasilkan variasi rasa kebab baru sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.
  • Berupaya mempertahankan kualitas dengan memilih bahan-bahan terbaik untuk memproduksi kebab.
  • Memberikan pelayanan yang cepat, bersih, dan ramah kepada konsumen baik secara offline maupun online.
  • Mengurangi angka pengangguran dengan penyerapan tenaga kerja yang bergabung dalam Kebab Nusantara

BAB 2: Analisa SWOT

Strength: 

Konsep yang berbeda dari Kebab Nusantara yang menyajikan kebab dengan citarasa khas masakan nusantara yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas menjadi kekuatan utama dari usaha kebab ini. 

Weakness: 

Outlet Kebab Nusantara yang kecil tidak dapat menampung banyak konsumen yang ingin mengonsumsi kebab langsung di lokasi secara bersamaan. Selain itu waktu pengiriman di perjalanan yang cukup lama membuat kebab dingin sehingga teksturnya sedikit berubah.

Opportunity: 

Pola hidup masyarakat modern yang menyukai makanan praktis dan cepat saji serta persaingan usaha yang masih sedikit membuat peluang untuk mengembangkan usaha Kebab Nusantara terbuka lebar.

Threat: 

Meningkatnya harga bahan baku serta adanya persaingan usaha yang mulai menirukan konsep usaha serupa sehingga berpengaruh pada hasil penjualan.

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha:

Kebab Nusantara

Produk yang dihasilkan:

Kebab Nusantara menyajikan kebab dengan pilihan rasa khas masakan nusantara diantaranya kebab rendang, kebab sate, kebab nasi padang, kebab nasi goreng, kebab ayam sambal matah, kebab daging sambal matah, kebab ayam sambal rica, dan kebab sapi sambal rica.

Rincian harga:

1 . Kebab Rendang : Rp. 35.000

2. Kebab Sate : Rp. 25.000

3. Kebab Nasi Padang : Rp. 35.000

4. Kebab Nasi Goreng : Rp. 25.000

5. Kebab Ayam Sambal Matah : Rp. 30.000

6. Kebab Daging Sambal Matah : Rp. 35.000

7. Kebab Ayam Sambal Rica : Rp. 30.000

8. Kebab Daging Sambal Rica : Rp. 35.000

Target market: 

Target market dari Kebab Nusantara adalah seluruh masyarakat Indonesia yang berada pada rentan usia 15-40 tahun dan tinggal di kota-kota besar.

Strategi pemasaran:

Strategi pemasaran dari Kebab Nusantara terdiri dari beberapa pokok yaitu pemasaran offline dan pemasaran online. Pemasaran offline dilakukan dengan menyebar brosur serta turut menjadi sponsor acara-acara.

Sedangkan pemasaran online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yaitu aktif membuat konten yang menarik, mengadakan promo di periode tertentu, memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan layanan Facebook Ads dan Instagram Ads.

Sistem usaha:

Kebab Nusantara menggunakan sistem franchise dengan membuka outlet-outlet yang strategis di kota-kota besar di Indonesia dan mendaftarkan diri ke aplikasi ojek online sehingga memudahkan konsumen untuk membeli kebab.

Sistem pembagian hasil:

Bagi anda yang berminat membeli franchise Kebab Nusantara, anda bisa berinvestasi sebesar Rp. 150.000.000 untuk mendapatkan paket usaha lengkap berupa survei lokasi usaha gratis, desain outlet, banner outlet, perlengkapan usaha, serta bahan baku selama sebulan.

BAB 4: Analisa Keuangan

1 . Modal 

Kebutuhan Perlengkapan

KeteranganHarga
Pan PemanasRp. 650.000
Kompor Gas dan RegulatorRp. 500.000
Meja LipatRp. 150.000
Etalase Rp. 1.200.000
Banner Rp. 300.000
Set Pisau, Gunting dan WadahRp. 250.000
Box KemasanRp. 400.000
TabletRp. 1.500.000
Printer StrukRp. 350.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Sewa Tempat TahunanRp. 20.000.000
Biaya RenovasiRp. 30.000.000

Gaji Karyawan

KeteranganHarga
2 Staf DapurRp. 7.000.000
Staf PelayananRp. 3.000.000
KasirRp. 2.500.000

Biaya Operasional

KeteranganHarga
Belanja Bahan Baku BulananRp. 25.000.000
ListrikRp. 500.000
AirRp. 300.000
InternetRp. 250.000

Biaya Promosi

KeteranganHarga
BrosurRp. 200.000
SponsorshipRp. 500.000
Facebook AdsRp. 400.000
Instagram AdsRp. 450.000

2. Harga Pokok Produksi

KeteranganHPPHarga JualKeutungan
Kebab RendangRp. 25.000Rp. 35.000Rp. 10.000
Kebab SateRp. 15.000Rp. 25.000Rp. 10.000
Kebab Nasi PadangRp. 25.000Rp. 35.000Rp. 10.000
Kebab Nasi GorengRp. 15.000Rp. 25.000Rp. 10.000
Kebab Ayam Sambal MatahRp. 20.000Rp. 30.000Rp. 10.000
Kebab Daging Sambal MatahRp. 25.000Rp. 35.000Rp. 10.000
Kebab Ayam Sambal RicaRp. 20.000Rp. 30.000Rp. 10.000
Kebab Daging Sambal RicaRp. 25.000Rp. 35.000Rp. 10.000

3. Perkiraan Keuntungan

Nama ProdukTarget Penjualan PerhariKeuntungan Kotor Per Hari
Kebab Rendang30 porsiRp. 300.000
Kebab Sate25 porsiRp. 250.000
Kebab Nasi Padang30 porsiRp. 300.000
Kebab Nasi Goreng30 porsiRp. 300.000
Kebab Ayam Sambal Matah30 porsiRp. 300.000
Kebab Daging Sambal Matah25 porsiRp. 250.000
Kebab Ayam Sambal Rica30 porsiRp. 300.000
Kebab Daging Sambal Rica25 porsiRp. 250.000
Total480 porsiRp. 2.250.000

4. Estimasi Balik Modal

KeteranganTotal
Keuntungan Kotor PenjualanRp. 67.500.000
Biaya OperasionalRp. 27.600.000
Keuntungan Bersih PenjualanRp. 39.900.000

BAB 5: Penutup

Kebab Nusantara menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan mengingat persaingan usahanya masih sangat kecil. Selain itu modal pokok yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini terbilang murah.

Oleh karena itu kami berharap agar kerjasama ini bisa terjalin agar kebab Nusantara bisa berkembang lebih luas dan bisa memberikan keuntungan yang besar bagi kedua belah pihak.

Bagikan Postingan: