Contoh Proposal Usaha Jasuke (Download DOC / PDF)

Contoh Proposal Jasuke – Untuk anda yang sedang ingin memulai usaha Jasuke dengan konsep yang beda namun membutuhkan tambahan dana, anda bisa memilih untuk mencari investor. Adapun untuk memperoleh investor tentunya anda memerlukan proposal usaha yang menarik. Berikut ini adalah contoh proposal usaha jasuke yang mungkin bisa anda jadikan referensi.

Download Proposal Jasuke

Proposal Usaha Jasuke

File tersedia dalam format DOC dan PDF

Download Doc | Download PDF


Proposal Usaha Jasuke “JasukeKu”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Jasuke adalah salah satu jajanan nusantara yang cukup favorit untuk sebagian orang. Selain rasanya yang enak, harganya cukup terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Hal inilah yang membuat JasukeKu ingin ikut meramaikan pasar Jasuke terutama untuk daerah Surabaya dan sekitarnya. Meskipun sudah ada banyak kompetitor Jasuke, namun pasar Jasuke masih cukup bagus, sehingga peluang usaha Jasuke masih terbilang cukup menjanjikan.

Untuk menarik pelanggan mungkin kita bisa melakukan branding dari mulai packaging yang unik, dan juga promosi di social media dengan konten konten menarik seputar JasukeKu.

Selain itu JasukeKu akan langsung membuka 10 stand secara serentak di kawasan ramai Surabaya dan Sidoarjo seperti mall, stasiun, bandara, dan dekat area perumahan.

Perencanaan strategi penjualan yang matang diharapkan juga mampu meminimalisir terjadinya kerugian atau resiko lainnya sehingga JasukeKu akan mampu berkembang dan bersaing dengan para kompetitor.

Konsep Usaha

Konsep usaha dari JasukeKu adalah penjualan langsung melalui mini food container yang terletak di kawasan ramai seperti mall, bandara, stasiun, bahkan area perumahan. Selain itu tentunya JasukeKu juga akan menjalin kerja sama dengan aplikasi pengiriman makanan yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat

Visi Misi

Visi misi JasukeKu adalah mampu menampilkan jajanan Jasuke dengan kemasan yang lebih unik dan ramah lingkungan serta dengan banyak pilihan varian rasa dengan harga yang terjangkau.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strenght 

JasukeKu akan hadir dengan kemasan yang unik dan ramah lingkungan yang tentunya bertujuan untuk menarik minyak masyarakat. Selain itu varian rasa yang dihadirkan juga akan lebih banyak sehingga pembeli bisa memilih varian rasa mana saja yang mereka suka.

Weakness

Karena jagung manis yang direbus adalah kondimen utama dari jasuke, sedangkan jagung rebus tidak tahan lama atau cepat basi, persediaan jagung rebus harus dikira kira menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Mungkin bisa ditambah saat pengunjung ramai, dan bisa dikurangi saat pengunjung sepi.

Opportunity

Meskipun kompetitor jasuke sudah cukup banyak namun JasukeKu hadir dengan inovasi packaging yang unik dan ramah lingkungan ditambah ada banyak varian rasa yang bisa dipilih.

Threat

Karena JasukeKu memiliki banyak kompetitor, JasukeKu harus selalu memperhatikan dan mempertahankan kualitas bahan dan rasa. Selain itu JasukeKu harus memberikan penawaran harga yang menarik. Sedikit saja JasukeKu lengah dalam hal kualitas, rasa, dan harga konsumen bisa saja langsung beralih ke jasuke kompetitor.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : JasukeKu

Produk yang Dihasilkan : Jasuke nikmat dengan berbagai pilihan varian rasa yang dikemas dengan packaging yang unik dan ramah lingkungan.

Harga :

  • Jasuke Original : Rp 7.000
  • Jasuke Extra Cheese : Rp 8.000
  • Jasuke Balado : Rp 7.500
  • Jasuke Barbeque : Rp 7.500
  • Jasuke Caramel : Rp 7.500
  • Jasuke Pedas Manis : Rp 7.500

Target Market :

Target market JasukeKu adalah semua kalangan masyarakat utamanya mereka pengunjung area lokasi stand JasukeKu seperti mall, bandara, stasiun, dan dekat perumahan. 

Strategi Pemasaran :

Promosi dapat dilakukan melalui social media yang kini banyak dijangkau oleh banyak orang. Selain itu banner dan baliho juga diperlukan di sekitar area stand JasukeKu baik itu di mall, bandara, dll.

Sistem Usaha : 

Sistem usaha yang dipakai oleh JasukeKu adalah penjualan secara langsung dari stand JasukeKu yang juga didukung dengan kerjasama aplikasi pengantaran makanan online terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Sistem Pembagian Hasil : 

JasukeKu dengan market plan yang langsung membuka 10 stand secara serentak menjual 20 % dari saham nya senilai Rp 10.000.000. Yang mana untuk bagi hasil menggunakan persentase kepemilikan dikali dengan profit (laba bersih) keseluruhan stand setiap bulannya. Profit tersebut langsung ditransfer ke rekening investor pada tanggal 28 dan selambat lambatnya tanggal 29 di setiap bulannya.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal

Peralatan

PeralatanHarga
KomporRp 200.000
Tabung LPGRp 200.000
Peralatan masak jasuke lengkapRp 400.000
Mesin kasir portableRp 350.000
Food container kecilRp 2.000.000
Total modal peralatan / standRp 3.150.000

Sewa Tempat

KeteranganBiaya
Sewa Lapak / bulanRp 1.000.000

Karyawan

KaryawanGaji / bulan
Karyawan 1 orangRp 2.000.000

Bahan Baku

Harga yang ditampilkan adalah harga per sajian JasukeKu

BahanHarga
Jagung manisRp 1.000
ButterRp 500
KejuRp 2.000
Aneka bumbuRp 500

Operasional Outlet

KeteranganHarga
Gas LPGRp 20.000
PackagingRp 100.000
Lain lainRp 50.000
Total Biaya Operasional / bulanRp 170.000

Promosi

KeteranganBiaya
Jasa Social Media ManagemenRp 500.000
Banner, balihoRp 100.000
Total Biaya Promosi / tahunRp 600.00

Harga Pokok Produksi

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
Jasuke OriginalRp 3.500Rp 7.000Rp 3.500
Jasuke Extra CheeseRp 5.500Rp 8.000Rp 3.000
Jasuke BaladoRp 4.000Rp 7.500Rp 3.500
Jasuke BarbequeRp 4.000Rp 7.500Rp 3.500
Jasuke Pedas ManisRp 4.000Rp 7.500Rp 3.500
Jasuke CaramelRp 4.000Rp 7.500Rp 3.500

Perkiraan Keuntungan

Target penjualan adalah 100 porsi per hari.

ProdukTarget Penjualan / hariKeuntungan Kotor / hari
Jasuke Original30Rp 105.000
Jasuke Extra Cheese 20Rp 60.000
Jasuke Balado10Rp 35.000
Jasuke Barbeque10Rp 35.000
Jasuke Pedas Manis10Rp 35.000
Jasuke Caramel10Rp 35.000

Total keuntungan kotor per hari adalah Rp 295.000

Total keuntungan koter per bulan adalah Rp 295.000 x 30 = Rp 8.850.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan Kotor per bulanRp 8.850.000
Biaya Operasional + Gaji Karyawan + Sewa LapakRp 3.170.000
Profit BulananRp 5.680.000

Sehingga estimasi balik modal untuk JasukeKu adalah 1 bulan.

BAB 5 : Penutupan

Bisnis makanan seperti JasukeKu yang menggunakan market plan dengan cara langsung membuka 10 stand secara serentak biasanya akan menarik perhatian masyarakat. 

Hal ini tentunya adalah kesempatan bagus bagi JasukeKu untuk membuat masyarakat berminat mencoba aneka varian rasa Jasuke yang disediakan oleh JasukeKu. Dengan rasa yang pas dan harga terjangkau tentunya JasukeKu yakin pengunjung akan merasa ketagihan saat mencoba nya dan berpotensi menjadi pelanggan setia JasukeKu. 

Adapun kendala banyaknya pesaing tentu bisa diatasi dengan pelayanan yang baik, kualitas produk, serta rasa JasukeKu yang tidak diragukan lagi.

Dengan begitu kami berharap agar anda bersedia untuk menjadi salah satu investor JasukeKu dengan prospek yang menarik, sehingga JasukeKu bisa semakin berkembang dan memberikan profit yang semakin tinggi.

Bagikan Postingan: