Proposal Usaha Hijab – Bagi seorang muslimah hijab menjadi salah satu bagian penting yang selalu dipakai setiap hari. Apalagi seiring dengan berkembangnya zaman, kini hijab tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat wanita namun juga turut berpengaruh terhadap dunia fashion.
Hal inilah yang membuat banyak pengusaha melirik peluang besar dari bisnis hijab. Mengingat setiap tahunnya selalu ada model hijab baru yang diminati oleh kaum wanita sehingga bisnis ini terus mengalami perkembangan.
Agar bisnis semakin berkembang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengajukan proposal usaha dengan berbagai tujuan yaitu mencari investor dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.
Download Proposal Hijab
Proposal Usaha Hijab Rumaina
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Hijab mempunyai peluang bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Hal ini karena hijab kini tidak hanya menjadi kebutuhan syar’i muslimah, melainkan telah menjadi bagian dari fashion yang selalu mengalami update model setiap tahunnya.
Oleh karena itu Hijab Rumaina hadir untuk menjawab kebutuhan muslimah yang ingin tetap tampil trendy namun sesuai dengan syariah yang ada di agama Islam.
Dengan inovasi yang terus kami lakukan setiap tahunnya berdasarkan kebutuhan konsumen, kami yakin Hijab Rumaina akan berkembang pesat dan menjadi kiblat fashion hijab Indonesia beberapa tahun mendatang.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Hijab Rumaina adalah perseorangan dengan membuka offline store di lokasi yang strategis serta online store di marketplace.
Seluruh produk dari Hijab Rumaina berasal dari penjahit rumahan yang telah terikat kontrak dengan kami untuk menghasilkan hijab sesuai dengan kebutuhan muslimah di rentan usia 12-45 tahun.
Visi Misi
- Visi : Menjadi kiblat fashion Hijab di Tahun 2023 dengan tetap mempertahankan esensi syariah disamping model hijab yang trendy
- Misi :
- Membuka offline store di banyak kota besar di Indonesia
- Memberikan beragam model hijab yang sesuai dengan usia masing-masing muslimah
- Memberikan pelayanan terbaik bagi muslimah baik secara offline maupun online
- Menjadi sarana muslimah untuk berani tampil beda dengan hijab kami
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
- Konsep hijab sesuai syariat Islam yang disesuaikan dengan trend anak muda, berbeda dengan bisnis hijab lainnya.
- Tim analisa pasar yang profesional dalam membaca kebutuhan konsumen sehingga hijab yang diproduksi selalu berbeda dengan produk hijab lainnya.
- Lokasi offline store yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh muslimah yang ingin berbelanja.
- Admin online store yang tanggap dalam merespon pertanyaan dari konsumen yang berbelanja melalui marketplace.
- Bahan-bahan hijab premium dan model yang limited sehingga terkesan ekslusif saat dipakai.
Weakness:
- Sistem pengiriman barang yang memakan waktu cukup lama dari pemesanan akibat menumpuknya pesanan.
- Konsep hijab yang mudah ditiru oleh pesaing bisnis.
- Stok hijab yang terbatas karena produksi tidak dilakukan setiap hari.
Opportunity:
- Model Hijab Rumaina selalu berbeda dengan produk hijab lainnya.
- Penggabungan konsep syar’i dan trendy yang belum banyak dilakukan oleh pengusaha hijab lainnya.
Threat:
- Konsep hijab yang berbeda ini membuat banyak pesaing menirukannya sehingga persaingan lebih ketat.
- Munculnya produk hijab tiruan dengan kualitas yang jauh berbeda dengan harga yang lebih murah sehingga penjualan terancam turun.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Hijab Rumaina
Produk yang dihasilkan:
Hijab dengan berbagai pilihan ukuran, model, motif, serta variasi warna pastel yang disesuaikan dengan rentan usia muslimah yaitu 12-45 tahun.
Rincian harga:
1 . Hijab anak ukuran S : Rp. 20.000 – Rp. 25.000
2. Hijab anak ukuran M : Rp. 30.000 – Rp. 35.000
3. Hijab anak ukuran L : Rp. 35.000 – Rp. 45.000
4. Hijab anak ukuran XL : Rp. 45.000 – Rp. 50.000
5. Hijab remaja ukuran S : Rp. 50.000 – Rp. 55.000
6. Hijab remaja ukuran M : Rp. 60.000 – Rp. 65.000
7. Hijab remaja ukuran L : Rp. 65.000 – Rp. 70.000
8. Hijab remaja ukuran XL : Rp. 70.000 – Rp. 75.000
9. Hijab dewasa ukuran M : Rp. 80.000 – Rp. 90.000
10. Hijab dewasa ukuran L : Rp. 95.000 – Rp. 110.000
11. Hijab dewasa ukuran XL : Rp. 115.000 – Rp. 125.000
Target market:
Target pasar dari Hijab Rumaina adalah muslimah di pada rentan usia 12 tahun hingga 45 tahun.
Strategi pemasaran:
Agar Hijab Rumaina dapat berkembang pesat, maka strategi pemasaran yang kami jalankan adalah menggunakan Instagram Ads serta kartu membership bagi para muslimah yang ingin berbelanja hemat di toko kami.
Sistem usaha:
Kami membuka offline store yang berpusat di Surabaya dan online store resmi @Hijabrumaina di Tokopedia dan Lazada.
Tapi bagi anda yang berminat untuk dengan usaha hijab Rumaina kami menyediakan sistem franchise dan dropship dengan biaya yang rendah.
Sistem pembagian hasil:
Bagi anda yang berminat terhadap franchise Hijab Rumaina, anda bisa mendapatkannya dengan investasi senilai Rp. 75.000.000. Sedangkan anda yang ingin menjadi dropshiper anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 3% dari penjualan hijab.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Etalase Hijab | Rp. 5.000.000 |
Set Meja dan Kursi Kasir | Rp. 1.500.000 |
Rak Hijab | Rp. 7.250.000 |
Tablet | Rp. 2.000.000 |
Smartphone | Rp. 2.500.000 |
Printer Kwitansi | Rp. 1.500.000 |
Plastik Kemasan Hijab | Rp. 250.000 |
Cetak Label Hijab | Rp. 100.000 |
Kain Hijab | Rp. 7.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 15.000.000 |
Biaya Perbaikan Toko | Rp. 25.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
Gaji Admin Store | Rp. 2.500.000 |
Gaji Admin Online | Rp. 2.500.000 |
Gaji 1 Orang Staf Toko | Rp. 2.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Biaya Listrik | Rp. 200.000 |
Peralatan Kebersihan | Rp. 100.000 |
Wifi | Rp. 300.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Instagram Ads | Rp. 300.000 |
Influencer | Rp. 15.000.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Rumaina AS | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Rumaina AM | Rp. 15.000 | Rp. 30.000 | Rp. 15.000 |
Rumaina AL | Rp. 20.000 | Rp. 35.000 | Rp. 15.000 |
Rumaina AXL | Rp. 25.000 | Rp. 45.000 | Rp. 20.000 |
Rumaina RS | Rp. 30.000 | Rp. 50.000 | Rp. 20.000 |
Rumaina RM | Rp. 35.000 | Rp. 60.000 | Rp. 25.000 |
Rumaina RL | Rp. 40.000 | Rp. 65.000 | Rp. 25.000 |
Rumaina RXL | Rp. 45.000 | Rp. 70.000 | Rp. 30.000 |
Rumaina DM | Rp. 50.000 | Rp. 80.000 | Rp. 30.000 |
Rumaina DL | Rp. 55.000 | Rp. 95.000 | Rp. 40.000 |
Rumaina DXL | Rp. 60.000 | Rp. 115.000 | Rp. 55.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Rumaina AS | 15 pcs | Rp. 150.000 |
Rumaina AM | 15 pcs | Rp. 225.000 |
Rumaina AL | 15 pcs | Rp. 225.000 |
Rumaina AXL | 15 pcs | Rp. 300.000 |
Rumaina RS | 10 pcs | Rp. 200.000 |
Rumaina RM | 10 pcs | Rp. 250.000 |
Rumaina RL | 10 pcs | Rp. 250.000 |
Rumaina RXL | 10 pcs | Rp. 300.000 |
Rumaina DM | 10 pcs | Rp. 300.000 |
Rumaina DL | 10 pcs | Rp. 400.000 |
Rumaina DXL | 10 pcs | Rp. 550.000 |
Total | 165 pcs | Rp. 3.150.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Perbulan | Rp. 94.500.000 |
Biaya Operasional | Rp. 14.900.000 |
Profil Bulanan | Rp. 79.600.000 |
BAB 5: Penutup
Bisnis Hijab Rumaina merupakan suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan, apalagi kebutuhan hijab setiap tahunnya selalu meningkat dan mengikuti trend fashion yang ada sehingga hijab Rumaina bisa menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan hijab para muslimah.
Selain itu hijab Rumaina juga terdiri dari banyak variasi ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para muslimah dari berbagai kalangan usia tentunya dengan harga yang sesuai dengan kualitas hijab yang dihasilkan.