Proposal Usaha Donat – Bisnis di bidang kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Bahkan hampir setiap hari selalu ada bisnis baru yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Salah satu bisnis yang masih eksis di pasaran hingga saat ini adalah bisnis donat.
Donat merupakan jenis makanan ringan yang banyak ditemukan di berbagai daerah dan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat. Meskipun terlihat sederhana bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang melimpah jika dijual dengan cara yang tepat.
Dengan peluang yang besar ini para pengusaha bisa memperluas bisnisnya dengan mengajukan proposal usaha kepada investor untuk mendapatkan bantuan dana. Berikut ini contoh proposal usaha donat yang bisa anda terapkan pada bisnis anda.
Download Proposal Donat
Proposal Usaha Donuts To Go
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Donat merupakan salah satu makanan ringan yang disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tidak heran jika roti goreng berbentuk cincin ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk digeluti.
Dengan adanya peluang ini Donuts To Go berinovasi dengan menyajikan donat yang berbeda yaitu donat goreng tanpa lubang terbuat dari bahan dasar kentang dan bahan-bahan berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang renyah di luar dan lembut didalam.
Selain itu Donuts To Go ini diisi dengan aneka isian topping yang bisa dipesan sesuai dengan selera konsumen dan dikemas lebih modern menggunakan kotak sehingga praktis untuk dibawa kemana saja maupun menjadi hampers atau kado untuk kerabat atau teman terdekat.
Untuk menjaga higienitas dari donat, Donuts To Go diproduksi menggunakan teknologi modern sehingga kualitasnya tetap terjaga hingga ke tangan konsumen dan bisa awet hingga beberapa hari dalam proses pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia.
Konsep Usaha
Donuts To Go dibuat dengan konsep berbeda yaitu sajian donat yang bertekstur renyah di luar dan lembut didalam dengan tambahan topping aneka rasa didalamnya. Pusat produksi kami dilakukan di Malang dan kami melayani pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia.
Visi Misi
Visi : Menjadi pengusaha donat yang mandiri dengan menyajikan donat berkualitas dan berharga jual yang kompetitif di pasaran serta memperkenalkan produk Donuts To Go ke seluruh masyarakat di Indonesia.
Misi :
- Mengutamakan kemudahan dalam pelayanan bagi seluruh konsumen dengan memproses donat menggunakan teknologi modern dan memeriksa pesanan konsumen dengan baik.
- Memperoleh kepercayaan dari konsumen melalui penyajian donat yang praktis, rasa yang nikmat, dan harga yang bersaing di pasaran.
- Terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk terbaru dengan tekstur dan rasa yang nikmat sesuai dengan selera konsumen.
- Memperoleh keuntungan dan pendapatan dari usaha donat sehingga mampu menyejahterakan karyawan yang bekerja di Donuts To Go.
- Mengurangi angka pengangguran dengan menyerap tenaga kerja yang berada di sekitar Donuts To Go.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Donuts To Go menawarkan sensasi yang berbeda dengan donat sebelumnya dengan harga jual yang kompetitif di pasaran. Selain itu varian rasa yang kami tawarkan sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.
Tidak hanya itu Donuts To Go dikemas dengan praktis menggunakan kotak bersekat agar tidak tercampur dengan donat lain. Lokasi usaha Donuts To Go juga sangat strategis karena terletak di pusat kota sehingga memudahkan konsumen yang ingin datang ke toko.
Weakness:
Proses produksi yang kurang maksimal akibat topping-topping premium dan berkualitas dari Donuts To Go berasal dari bahan-bahan impor sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tangan kami.
Selain itu Donuts To Go tidak menggunakan pengawet sehingga daya tahan dari donat cukup sebentar yaitu selama tiga hari di suhu ruang dan maksimal dua minggu di kulkas penyimpanan.
Opportunity:
Donat merupakan makanan yang sudah familiar di kalangan masyarakat sehingga proses pemasaran menjadi lebih mudah. Selain itu saat ini donat dengan tekstur yang renyah dan topping lembut di dalamnya belum banyak dijual dipasaran.
Donuts To Go juga memiliki pangsa pasar yang sangat luas karena kemasannya yang praktis dan kerjasama yang baik dengan jasa pengiriman membuat proses pengiriman Donuts To Go ke berbagai daerah di Indonesia menjadi lebih mudah.
Threat:
Adanya persaingan usaha yang mulai meniru konsep serupa Donuts To Go dan menawarkannya dengan harga yang lebih murah menjadi ancaman utama dari bisnis kami. Untuk mengatasi hal tersebut kami senantiasa menjaga kualitas donat agar tetap bisa bersaing di pasaran.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Nama menjadi hal yang paling krusial dalam memulai suatu bisnis karena mampu mempengaruhi minat konsumen terhadap produk. Oleh karena itu kami menggunakan nama “Donuts To Go” sebagai merek dagang kami.
Seperti namanya Donuts To Go menggambarkan tujuan kami yaitu menciptakan donat yang bisa dibawa kemanapun dengan kemasan yang praktis dan ringan.
Produk yang dihasilkan:
Secara umum Donuts To Go menyajikan variasi donat goreng dengan aneka topping isian. Namun kami juga menyediakan donat kentang cincin aneka topping yang bisa dinikmati oleh orang yang menyukai rasa donat original.
Untuk melengkapi sajian donat kami juga menyediakan minuman aneka rasa dengan harga terjangkau yang cocok untuk dikonsumsi bersama dengan Donuts To Go.
Rincian harga:
Berikut rincian harga dari Donuts To Go:
1 . Donuts Original : Rp. 10.000 (pcs)
2. Donuts Original With Topping : Rp. 15.000 (pcs)
3. Crispy Donuts Original : Rp. 12.000 (pcs)
4. Crispy Donuts With Topping : Rp. 18.000 (pcs)
5. Paket Donuts Ori 1 : Rp. 55.000 (6 pcs)
6. Paket Donuts Ori 2 : Rp. 105.000 (12 pcs)
7. Paket Crispy Donuts 1 : Rp. 100.000 (6 pcs)
8. Paket Crispy Donuts 2 : Rp. 200.000 (12 pcs)
9. Premium Chocolate Hot/Ice : Rp. 20.000
10. Milk Tea : Rp. 20.000
11. Coffee Latte : Rp. 20.000
Target market:
Target market dari Donuts To Go adalah seluruh masyarakat tanpa batasan usia khususnya di wilayah Malang dan sekitarnya.
Strategi pemasaran:
Dalam memasarkan produk kami menggunakan beberapa strategi pemasaran, yaitu secara offline dan pemasaran online. Untuk pemasaran offline kami menawarkan donat di kantor-kantor umum dan menjadi promosi dalam berbagai event besar daerah.
Sedangkan pemasaran online kami lakukan dengan membuat official account di media sosial dan membuat konten-konten produk yang menarik setiap harinya. Dalam berbagai kesempatan kami juga memberikan diskon atau promo spesial yang bisa dipakai oleh konsumen.
Untuk memperluas jangkauan pemasaran, kami juga memakai jasa Google Ads dan Instagram Ads sehingga masyarakat di luar area bisa mengetahui produk-produk Donuts To Go.
Sistem usaha:
Sistem usaha yang Donuts To Go gunakan adalah sistem pemasaran langsung dimana kami membuka pusat toko di kota Malang. Selain itu kami juga memperluas proses pemasaran dengan membuka toko online di marketplace untuk melayani pemesanan dari luar daerah.
Sistem pembagian hasil:
Sebagai upaya pengembangan bisnis, Donuts To Go menyediakan sistem franchise untuk anda yang tertarik dengan bisnis ini dengan biaya investasi sebesar Rp. 100.000.000. Dengan biaya tersebut anda sudah bisa mendapatkan fasilitas lengkap termasuk dengan promosi.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Alat Penggorengan | Rp. 800.000 |
Etalase Donat | Rp. 4.000.000 |
Mixer Besar | Rp. 2.500.000 |
Set Loyang (Nampan) | Rp. 550.000 |
Set Baskom Berbagai Ukuran | Rp. 500.000 |
Timbangan Digital | Rp. 800.000 |
Mesin Pencetak Donat | Rp. 2.250.000 |
Alat Tirisan Minyak | Rp. 3.500.000 |
Meja Produksi | Rp. 1.500.000 |
Mesin Proofer | Rp. 5.500.000 |
Pendingin Udara | Rp. 5.000.000 |
Komputer | Rp. 3.500.000 |
Printer | Rp. 1.250.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 20.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 50.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
5 Karyawan Produksi | Rp. 13.500.000 |
2 Waiters | Rp. 5.000.000 |
Kasir | Rp. 3.000.000 |
Admin Online | Rp. 3.000.000 |
2 Karyawan Kebersihan | Rp. 4.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Bahan Baku | Rp. 15.000.000 |
Listrik | Rp. 1.500.000 |
Air | Rp. 500.000 |
Internet | Rp. 500.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Google Ads | Rp. 500.000 |
Instagram Ads | Rp. 500.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Donuts Original | Rp. 5.000 | Rp. 10.000 | Rp. 5.000 |
Donuts Original With Topping | Rp. 5.000 | Rp. 15.000 | Rp. 5.000 |
Crispy Donuts Original | Rp. 7.000 | Rp. 12.000 | Rp. 5.000 |
Crispy Donuts With Topping | Rp. 10.000 | Rp. 18.000 | Rp. 8.000 |
Paket Donuts Ori 1 | Rp. 47.000 | Rp. 55.000 | Rp. 8.000 |
Paket Donuts Ori 2 | Rp. 95.000 | Rp. 105.000 | Rp. 10.000 |
Paket Crispy Donuts 1 | Rp. 80.000 | Rp. 100.000 | Rp. 20.000 |
Paket Crispy Donuts 2 | Rp. 180.000 | Rp. 200.000 | Rp. 20.000 |
Premium Chocolate Hot/Ice | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Milk Tea | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
Coffee Latte | Rp. 10.000 | Rp. 20.000 | Rp. 10.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Donuts Original | 25 pcs | Rp. 75.000 |
Donuts Original With Topping | 30 pcs | Rp. 150.000 |
Crispy Donuts Original | 25 pcs | Rp. 75.000 |
Crispy Donuts With Topping | 30 pcs | Rp. 240.000 |
Paket Donuts Ori 1 | 20 paket | Rp. 160.000 |
Paket Donuts Ori 2 | 20 paket | Rp. 100.000 |
Paket Crispy Donuts 1 | 20 paket | Rp. 400.000 |
Paket Crispy Donuts 2 | 20 paket | Rp. 400.000 |
Premium Chocolate Hot/Ice | 25 cups | Rp. 250.000 |
Milk Tea | 25 cups | Rp. 250.000 |
Coffee Latte | 25 cups | Rp. 250.000 |
Total | 265 pcs | Rp. 2.350.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 70.500.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 47.000.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 23.500.000 |
BAB 5: Penutup
Donuts To Go merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan mengingat saat ini penjual donat dengan konsep seperti ini masih jarang ditemui dipasaran. Maka dari itu proses pengembangan bisnis ini terbuka sangat lebar.
Melalui proposal ini kami berharap anda tertarik dengan bisnis donat ini dan bersedia bekerjasama dengan Donuts To Go agar upaya pengembangan bisnis bisa berjalan lebih cepat sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan yang maksimal.