Contoh Proposal Usaha Dimsum (Download DOC / PDF)

Bagi anda yang sedang berniat membangun bisnis dimsum dan membutuhkan investor, anda memerlukan proposal yang menarik agar calon investor percaya untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis dimsum anda. Di bawah ini adalah contoh proposal usaha dimsum yang dapat anda jadikan referensi dan siap didownload.

Download Proposal Dimsum

File tersedia dengan format DOC dan PDF

Proposal Dimsum

Download DOC | Download PDF


Proposal Usaha Dimsum “Dims Dimsum”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Dimsum adalah salah satu snack oriental yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain itu dimsum juga memiliki banyak varian yang diproses dengan cara dikukus sehingga lebih sehat karena rendah lemak dan kolesterol namun tetap enak dan nikmat. 

Karena hal ini lah Dims Dimsum hadir ikut meramaikan kuliner dimsum di Indonesia. Hadir dengan konsep food truck diharapkan Dim’s Dimsum akan memberi kesan lebih santai dan nyaman seperti nongkrong bersama teman meskipun hanya datang sendirian. 

Selain itu dengan food truck Dims Dimsum melayani pesanan acara atau event. Harga yang ditawarkan oleh Dims Dimsum juga terbilang terjangkau sesuai dengan kantong anak usia sekolah hingga dewasa. 

Tidak hanya itu, Dims Dimsum juga telah bermitra dengan beberapa aplikasi online yang melayani pemesanan dan pengiriman makanan. Termasuk juga memanfaatkan marketplace untuk pemasaran produk frozen yang telah divakum.

Dengan strategi penjualan yang telah disiapkan Dims Dimsum berharap akan semakin dikenal oleh masyarakat terutama untuk kawasan Tangerang dan sekitarnya. Tidak hanya dikenal namun juga bisa menjadi salah satu kuliner favorit dengan rasa nikmat dan pelayanan yang ramah.

Konsep Usaha

Konsep usaha dari Dims Dimsum adalah penjualan dimsum langsung melalui outlet yang berbentuk food truck dengan beberapa set meja kursi yang memberikan kenyaman untuk bersantai. Selain itu Dims Dimsum juga melayani pembelian melalui ojek online dan marketplace (khusus produk frozen yang divakum).

Visi Misi

Dims Dimsum ingin menampilkan kedai dimsum dengan konsep yang fun yaitu menggunakan food truck dan meja kursi yang diletakkan di sekitarnya di lokasi terbuka yang lebih lega. Sajian dimsum nya pun dapat dinikmati oleh semua orang bahkan di luar kota.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strength

Dims Dimsum hadir dengan konsep food truck yang fun yang mana jumlah kompetitornya belum sebanyak kedai atau outlet reguler. Selain itu kualitas dan rasa dimsumnya juga selalu dijaga demi memuaskan para penggemar dimsum. 

Weakness

Salah satu kelemahan Dims Dimsum adalah outlet food truck nya yang tidak dapat menampung banyak pelanggan dine in.

Opportunity

Kedai dimsum dengan konsep food truck outdoor belum memiliki banyak kompetitor sehingga Dims Dimsum berpeluang dapat menarik perhatian masyarakat lewat konsepnya yang fun dengan sajian dimsum yang tetap enak dan variatif.

Threat

Outlet food truck Dims Dimsum yang outdoor tidak akan mampu melayani pelanggan secara dine in saat hujan. Karena payung yang disediakan Dims Dimsum hanyalah payung pelindung panas yang jika digunakan saat hujan akan tetap basah karena tampias. Namun penjualan secara take away dan delivery tetap akan dimaksimalkan.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : Dims Dimsum

Produk yang Dihasilkan : Dimsum aneka varian dengan pilihan aneka dipping sauce khas Dims Dimsum yang enak dan nikmat

Harga : 

  • Dimsum Shumai : Rp 12.000 / porsi
  • Dimsum Angsio Ceker : Rp 12.000 / porsi
  • Dimsum Tofu Skin Roll : Rp 14.000 / porsi
  • Dimsum Hakau : Rp 14.000 / porsi
  • Dimsum Spring Roll : Rp 12.500 / porsi
  • Dimsum Wo Tie : Rp 14.000 / porsi
  • Mantou : Rp 13.000 / porsi

Target Market : 

Anak usia remaja hingga dewasa yang suka nongkrong, penggemar dimsum

Strategi Pemasaran : 

Promosi akan dilakukan melalui social media Instagram dan TikTok dengan menggunakan bantuan jasa social media management dan juga influencer foodies yang memiliki engagement yang cukup tinggi di platform social media mereka. Selain itu juga akan ada banyak voucher promo yang diberikan untuk pembelian melalui aplikasi ojek online.

Sistem Usaha : 

Dims Dimsum akan menggunakan sistem penjualan langsung melalui dine in ataupun take away melalui outlet food truck nya. Selain itu Dims Dimsum juga bermitra dengan aplikasi ojek online yang memudahkan pembelian Dims Dimsum melalui aplikasi. Pengiriman luar kota juga tersedia untuk pemesanan melalui marketplace dengan varian dimsum frozen yang divakum.

Sistem Pembagian Hasil : 

Dims Dimsum memberikan penawaran menarik dengan menjual 25 % saham dan sistem bagi hasil yang disesuaikan dengan jumlah persentase kepemilikan saham dikali laba bersih yang diterima Dims Dimsum per bulan.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal

Peralatan

KeteranganHarga
Food TruckRp 80.000.000
Meja + KursiRp 2.000.000
PayungRp 1.000.000
Peralatan Masak LengkapRp 1.000.000
Peralatan Makan LengkapRp 1.000.000
KomporRp 1.500.000

Sewa Lapak

KeteranganHarga
Sewa Lapak / bulanRp 1.500.000

Karyawan

KeteranganGaji
Karyawan 2 orangRp 9.000.000

Bahan Baku

Bahan baku berikut ini adalah bahan baku berdasarkan kebutuhan harian sekitar 100 porsi.

KeteranganHarga
UdangRp 250.000
AyamRp 200.000
Ceker AyamRp 100.000
Kulit PangsitRp 50.000
Tepung Rp 75.000
Aneka SayurRp 35.000
Aneka BumbuRp 35.000
Kulit TahuRp 35.000

Operasional

KeteranganHarga
Gas LPGRp 100.000
ListrikRp 100.000
PackagingRp 50.000
Total biaya operasional / bulan Rp 250.000

Promosi

Keterangan Biaya
Social Media BrandingRp 750.000
InfluencerRp 500.000
Total Biaya PromosiRp 1.250.000

Harga Pokok Produksi

ProdukHPPHarga JualKeuntungan
ShumaiRp 6.000 / PorsiRp 12.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi
Angsio CekerRp 6.000 / PorsiRp 12.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi
Wo TieRp 8.000 / PorsiRp 14.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi
Spring RollRp 6.500 / PorsiRp 12.500 / PorsiRp 6.000 / Porsi
Tofu Skin RollRp 8.000 / PorsiRp 14.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi
HakauRp 8.000 / PorsiRp 14.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi
Mantou SusuRp 7.000 / PorsiRp 13.000 / PorsiRp 6.000 / Porsi

Perkiraan Keuntungan

Target penjualan harian adalah 150 porsi.

ProdukTargetKeuntungan Kotor / hari
Shumai25 PorsiRp 150.000
Angsio Ceker20 PorsiRp 120.000
Wo Tie20 PorsiRp 120.000
Spring Roll20 PorsiRp 120.000
Tofu Skin Roll20 PorsiRp 120.000
Hakau25 PorsiRp 150.000
Mantou Susu20 PorsiRp 120.000
Total 150 PorsiRp 900.000

Total Keuntungan kotor per hari adalah Rp 900.000

Total keuntungan kotor per bulan adalah Rp 900.000 x 30 = Rp 27.000.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan Kotor per bulanRp 27.000.000
Biaya Operasional + Gaji KaryawanRp 9.250.000
Profit BulananRp 17.750.000

Estimasi balik modal adalah sekitar 5 bulan

BAB 5 : Penutup

Hadir dengan konsep yang cukup beda dan terbilang masih jarang di Indonesia, Dims Dimsum cukup optimis jika kedai dimsum food truck nya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat. 

Terlebih varian dimsum yang dihadirkan cukup beragam sehingga pengunjung memiliki banyak pilihan untuk sajian dimsum yang diinginkan. Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Dims Dimsum berharap jika dimsum nikmatnya bisa dinikmati oleh semua kalangan. Ditambah dengan resep dipping sauce yang beda dan asli hanya ada di Dims Dimsum 

Dengan begitu Dims Dimsum berharap jika anda akan mempertimbangkan tawaran menarik dari kami untuk menginvestasikan sebagian dana yang anda miliki pada Dims Dimsum untuk dikelola dan menghasilkan keuntungan secara optimal.

Bagikan Postingan: