Contoh Proposal Usaha Coffee Shop (Download DOC / PDF)

Proposal Usaha Coffee Shop – Proposal usaha merupakan salah satu dokumen yang harus dipersiapkan ketika anda ingin memulai usaha coffee shop. Fungsi utama dari proposal usaha ini untuk menggambarkan bagaimana bisnis coffee shop akan dijalankan.

Proposal juga berfungsi untuk memperoleh perizinan usaha dan bantuan dana dari investor untuk mengembangkan usaha coffee shop mengingat banyak sekali masyarakat dari berbagai kalangan yang menyukai kopi sehingga potensinya untuk berkembang sangat terbuka lebar.

Dalam membuat proposal usaha, ada banyak hal detail yang harus diperhatikan agar setiap pihak yang terlibat mampu memahami bagaimana usaha dijalankan. Berikut ini contoh proposal usaha coffee shop yang bisa anda jadikan referensi untuk usaha anda.

Download Proposal Coffee Shop

Proposal Coffee Shop

(Download PDF) (Download DOC)


Proposal Usaha Ombe Coffee

BAB 1: Pendahuluan

Latar Belakang

Kopi merupakan salah satu minuman yang mendunia dan diminati oleh berbagai kalangan usia mulai dari remaja hingga orang tua. Bahkan di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang menjadikan kopi sebagai minuman wajib yang harus dikonsumsi setiap hari.

Budaya minum kopi masyarakat Indonesia ini membuat peluang bisnis dari coffee shop terbuka lebar. Apalagi industri kopi dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan pesat sehingga banyak coffee shop berdiri dengan konsep yang berbeda-beda.

Saat ini coffee shop juga telah menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi para pecinta kopi dengan berbagai tujuan, mulai dari santai, berdiskusi bahkan menjadi tempat mengerjakan tugas yang nyaman. 

Oleh karena itu Ombe Coffee memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan membuat coffee shop kekinian dengan tema berbeda dengan coffee shop lainnya dimana kami memilih lokasi yang berada di sekitar area persawahan yang jauh dari pusat kota.

Tujuan utama kami adalah memberikan ruang yang luas dan nyaman bagi setiap orang yang datang serta kami juga ingin menyerap tenaga kerja di sekitar untuk mengurangi angka pengangguran daerah ini.

Konsep Usaha

Ombe Coffee didirikan dengan konsep yang unik yaitu coffee shop kekinian yang berdiri di dekat area persawahan dengan fasilitas penunjang yang lengkap mulai dari Wifi, mushola, dan toilet yang bersih untuk sebagai bentuk pelayanan terbaik dari kami.

Meskipun berlokasi di area persawahan namun menu yang kami sajikan adalah kopi kekinian dan menu-menu pendamping lainnya dengan harga terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Visi Misi

Visi : Menjadikan Ombe Coffee sebagai tempat nyaman dengan pelayanan terbaik, menu yang berkualitas, dan harga terjangkau bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Misi : 

  • Menyajikan menu-menu yang berkualitas dan bercitarasa nikmat yang dikemas dengan kekinian untuk menarik perhatian para pengunjung.
  • Memberikan pelayan terbaik dengan tersedianya tim yang solid dan beretika bagi seluruh pengunjung yang datang.
  • Menciptakan atmosfer coffee shop yang nyaman dan relax dengan fasilitas yang lengkap dan pilihan menu yang beragam untuk seluruh pengunjung.
  • Selalu berprinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dari Ombe Coffee sehingga dengan pelayanan terbaik pelanggan akan tetap datang ke sini.

BAB 2: Analisa SWOT

Strength: 

Ombe Coffee berlokasi di dekat area persawahan yang jauh dari pusat perkotaan sehingga atmosfernya akan berbeda dengan coffee shop pada umumnya. Ombe juga memiliki beragam varian kopi mulai dari kopi murni hingga kopi kekinian yang dikemas secara modern.

Selain itu Ombe Coffee memiliki pangsa pasar yang sangat luas karena harganya terjangkau dan menunya beragam sehingga bisa dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari usia 15-60 tahun.

Weakness: 

Proses perizinan untuk pendirian Ombe Coffee cukup sulit sehingga membutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Selain itu untuk mewujudkan konsep coffee shop sedemikian rupa membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Opportunity: 

Budaya minum kopi dari masyarakat Indonesia membuat pertumbuhan dari Ombe Coffee cukup signifikan. Apalagi saat ini coffee shop tidak hanya menjadi tempat ngopi biasa, melainkan menjadi tempat yang dikunjungi dengan berbagai tujuan.

Threat: 

Persaingan bisnis yang mulai menirukan usaha coffee shop dengan tema yang serupa dengan Ombe Coffee dan menawarkan harga yang jauh lebih murah menjadi tantangan utama kami sehingga menyebabkan tarif pajak meningkat.

BAB 3: Rencana Usaha

Nama usaha:

Nama coffee shop yang kami jalankan adalah “Ombe Coffee” dimana ombe berarti minum dan coffee berarti kopi. Pemilihan nama ini kami dasarkan pada kebiasaan masyarakat Indonesia yang sering meminum kopi dalam berbagai kesempatan.

Dengan nama ini kami berharap agar seluruh pengunjung yang datang ke Ombe Coffee bisa merasakan esensi minum kopi yang nikmat dan berkualitas dengan harga yang terjangkau serta suasanya yang nyaman.

Produk yang dihasilkan:

Secara umum kami fokus untuk menyediakan produk kopi berkualitas yang dikemas secara modern. Namun kami juga menyediakan beberapa menu non coffee yang bisa dinikmati oleh pelanggan yang tidak bisa meminum kopi.

Selain itu untuk melengkapi kegiatan minum kopi, kami juga menyediakan berbagai menu pilihan dengan citarasa khas Indonesia yang dijual dengan harga terjangkau. 

Rincian harga:

  • Espresso : Rp. 25.000
  • Coffee Latte : Rp. 35.000
  • Cappuccino : Rp. 30.000
  • Matcha Latte : Rp. 30.000
  • Red Velvet : Rp. 30.000
  • Thai Tea : Rp. 25.000
  • Lemon Tea : Rp. 20.000
  • Pisang Coklat : Rp. 17.000
  • Keju Aroma : Rp. 21.000
  • Roti Bakar Spesial : Rp. 18.000

Target market: 

Target market dari Ombe Coffee adalah seluruh masyarakat dari berbagai kalangan usia dan penghasilan yang ingin merasakan kopi di tempat yang luas dan memiliki suasana berbeda.

Strategi pemasaran:

Secara umum kami menggunakan dua strategi pemasaran yaitu secara offline dan pemasaran online. Untuk pemasaran offline kami menyediakan brosur yang kami sebarkan di jalanan dengan menyertakan diskon pembelian di Ombe Coffee.

Selain itu pemasaran offline juga kami lakukan dengan menjadi sponsorship berbagai acara mulai kedinasan, acara sekolah, hingga acara-acara komunitas. Sedangkan pemasaran online kami lakukan dengan memaksimalkan penggunaan media sosial dengan rutin membuat konten.

Tidak hanya itu kami juga menggunakan jasa Google Ads, Instagram Ads, serta review influencer daerah untuk memperkenalkan Ombe Coffee ke masyarakat luas.

Sistem usaha:

Sistem usaha dari Ombe Coffee adalah penjualan secara langsung dengan membuka coffee shop di dekat lokasi persawahan. Saat ini kami belum bekerjasama dengan aplikasi ojek online karena kami fokus untuk memberikan experience yang berkesan bagi pengunjung yang datang.

Sistem pembagian hasil:

Saat ini kami sedang berupaya untuk memperluas area coffee shop, maka dari itu kami membuka kesempatan bagi anda yang ingin bekerjasama dengan investasi sebesar 40% atau senilai Rp. 75.000.000.

Masa kerjasama dari investasi ini adalah 3 tahun dan dana investasi akan dikembalikan ketika masa kerjasama telah berakhir. Sedangkan keuntungan usaha akan dihitung berdasarkan laba bersih penjualan setiap bulan.

BAB 4: Analisa Keuangan

1 . Modal 

Kebutuhan Perlengkapan

KeteranganHarga
Mesin Penggiling KopiRp. 2.000.000
Drip Coffee MakerRp. 250.000
Moka PotRp. 100.000
Mesin EspressoRp. 2.500.000
Set Alat MasakRp. 2.500.000
Set Piring, Gelas, SendokRp. 1.000.000
Kulkas PenyimpananRp. 4.500.000
Blender dan JuicerRp. 1.500.000
Alat KebersihanRp. 300.000
Pendingin UdaraRp. 3.500.000
Aplikasi KasirRp. 3.000.000

Sewa Tempat

KeteranganHarga
Biaya Sewa TahunanRp. 20.000.000
Biaya Renovasi Coffee ShopRp. 250.000.000

Gaji Karyawan

KeteranganHarga
2 BaristaRp. 7.000.000
2 Staf DapurRp. 6.000.000
5 WaitersRp. 12.500.000
1 KasirRp. 3.200.000
2 Staf KebersihanRp. 4.000.000

Biaya Operasional

KeteranganHarga
Listrik Rp. 750.000
AirRp. 300.000
InternetRp. 500.000
Belanja Bahan BakuRp. 20.000.000

Biaya Promosi

KeteranganHarga
Cetak BrosurRp. 250.000
Instagram AdsRp. 500.000
Google AdsRp. 500.000
Influencer Rp. 3.500.000

2. Harga Pokok Produksi

KeteranganHPPHarga JualKeutungan
Espresso Rp. 15.000Rp. 25.000Rp. 10.000
Coffee LatteRp. 20.000Rp. 35.000Rp. 15.000
Cappucino Rp. 15.000Rp. 30.000Rp. 15.000
Matcha LatteRp. 15.000Rp. 30.000Rp. 15.000
Red VelvetRp. 15.000Rp. 30.000Rp. 15.000
Thai TeaRp. 15.000Rp. 25.000Rp. 10.000
Lemon TeaRp. 10.000Rp. 20.000Rp. 10.000
Pisang CoklatRp. 10.000Rp. 17.000Rp. 7.000
Keju AromaRp. 12.000Rp. 21.000Rp. 9.000
Roti Bakar SpesialRp. 10.000Rp. 18.000Rp. 8.000

3. Perkiraan Keuntungan

Nama ProdukTarget Penjualan PerhariKeuntungan Kotor Per Hari
Espresso 25 gelasRp. 250.000
Coffee Latte25 gelasRp. 375.000
Cappuccino 25 gelasRp. 375.000
Matcha Latte25 gelasRp. 375.000
Red Velvet20 gelasRp. 300.000
Thai Tea20 gelasRp. 200.000
Lemon Tea20 gelasRp. 200.000
Pisang Coklat25 porsiRp. 175.000
Keju Aroma25 porsiRp. 225.000
Roti Bakar Spesial25 porsiRp. 200.000
Total235 porsiRp. 2.675.000

4. Estimasi Balik Modal

KeteranganTotal
Keuntungan Kotor BulananRp. 80.250.000
Biaya Operasional BulananRp. 59.000.000
Keuntungan Bersih BulananRp. 21.250.000

BAB 5: Penutup

Ombe Coffee merupakan salah satu coffee shop yang memiliki konsep berbeda dengan coffee shop lainnya sehingga persaingan usahanya masih relatif rendah dan potensinya untuk berkembang pesat sangat terbuka lebar.

Oleh karena itu kami berharap agar kerjasama ini bisa terjalin dalam kurun waktu yang lama sehingga bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagikan Postingan: