Proposal Usaha Clothing – Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu para pengusaha menginginkan bisnisnya terus berkembang. Untuk mencapai hal tersebut pengusaha perlu melakukan analisa bisnis dengan matang.
Salah satu caranya adalah dengan membuat proposal usaha. Melalui proposal usaha, pengusaha bisa mengenal potensi tingkat keberhasilan bisnis, mengidentifikasi calon konsumen, hingga mengatur cashflow bisnis dengan rinci.
Artikel berikut ini akan membahas tentang contoh proposal usaha yang bisa anda jadikan referensi untuk bisnis anda.
Download Proposal Clothing
Proposal Usaha “Minimal Apparel”
BAB 1: Pendahuluan
Latar Belakang
Industri fashion setiap tahunnya selalu mengalami perubahan tren. Perubahan tren ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi para desainer pakaian yaitu menciptakan tren itu sendiri.
Maka dari itu Minimal sebagai merek pakaian yang sudah berdiri sejak tahun 2018 selalu menciptakan desain-desain baru yang unik dan berbeda untuk memenuhi kebutuhan fashion anak muda sesuai dengan karakter yang dimilikinya.
Desain-desain unik dari setiap pakaian buatan Minimal apparel inilah yang membuat anak muda selalu menunggu edisi terbarunya dan menjadikan Minimal sebagai merek pakaian favorit yang dapat merepresentasikan identitas mereka.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Minimal Apparel adalah menjual pakaian dengan desain unik khas anak muda utamanya di rentan usia 12-18 tahun.
Desain-desain unik ini akan memberikan kesan yang apik serta menonjolkan sisi mudanya saat digunakan. Sistem penjualan Minimal apparel sepenuhnya adalah online untuk menjangkau audience yang luas.
Visi Misi
Visi : Menjadi brand fashion terkemuka yang menyediakan berbagai pilihan pakaian untuk anak muda yang berkualitas dengan harga yang kompetitif di pasaran.
Misi :
- Berkomitmen untuk saling menghargai seluruh customer dengan memberikan pelayanan terbaik serta bersikap ramah dan sopan.
- Menjual produk secara langsung untuk memastikan kualitas produk tetap terjaga dengan baik.
- Selalu update trend fashion dan melakukan inovasi untuk menciptakan desain pakaian yang unik dan trendy.
- Memberikan lingkungan kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan.
BAB 2: Analisa SWOT
Strength:
Minimal apparel telah memiliki awareness konsumen karena telah berdiri sejak 2018 dan menjadi pilihan brand fashion anak muda terkemuka. Selain itu seluruh pakaian yang diproduksi Minimal memiliki kualitas terbaik karena dibuat dari bahan-bahan pilihan.
Weakness:
Minimal apparel selalu memproduksi tidak lebih dari 20 pakaian per desain untuk memberikan kesan eksklusif bagi para konsumen dan menyebabkan banyak permintaan konsumen tidak bisa dipenuhi.
Opportunity:
Permintaan pakaian setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan sehingga memberikan peluang untuk Minimal apparel dalam mengembangkan bisnis ini dan menjangkau lebih banyak konsumen dari seluruh Indonesia.
Threat:
Munculnya pakaian tiruan dan menjualnya dengan harga yang sangat rendah adalah ancaman utama dari Minimal apparel karena dapat merusak pasar.
BAB 3: Rencana Usaha
Nama usaha:
Minimal Apparel
Produk yang dihasilkan:
Secara umum produk yang Minimal hasilkan adalah produk pakaian ready to wear yang terdiri dari shirt, kemeja, turtle neck, rok, jaket dan pants unisex.
Rincian harga:
Berikut rincian harga dari produk-produk Minimal Apparel:
1 . Kemeja Oversized : Rp. 120.000
2. Shirt : Rp. 100.000
3. Turtle Neck : Rp. 135.000
4. Pants Unisex : Rp. 200.000
5. Rok : Rp. 150.000
6. Jaket : Rp.250.000
Target market:
Target pasar dari penjualan pakaian Minimal Apparel adalah seluruh anak muda di rentan usia 12-18 tahun.
Strategi pemasaran:
Minimal apparel sepenuhnya dilakukan secara online dengan membuat konten-konten menarik di media sosial Tiktok dan Instagram. Selain itu Minimal juga sering memberikan promo menarik bagi konsumen.
Sedangkan untuk memperluas jangkauan pemasaran, Minimal menggunakan jasa Instagram Ads serta influencer untuk memperkenalkan produk.
Sistem usaha:
Sistem usaha dari Minimal apparel adalah penjualan online dari tangan pertama dengan membuka toko official di beberapa marketplace yaitu Tokopedia, Shopee, dan Lazada.
Sistem pembagian hasil:
Permintaan pakaian di Minimal apparel terus mengalami peningkatan sehingga kami berencana untuk membuka toko offline di pusat perbelanjaan untuk memudahkan konsumen dalam membeli produk kami.
Untuk itu kami menyediakan kesempatan bagi anda yang tertarik dengan usaha ini untuk berinvestasi sebesar 30% atau senilai Rp. 100.000.000 selama 3 tahun, dimana keuntungannya akan diberikan sesuai dengan laba bersih tahunan.
BAB 4: Analisa Keuangan
1 . Modal
Kebutuhan Perlengkapan
Keterangan | Harga |
Mesin Jahit | Rp. 10.000.000 |
Mesin Sablon | Rp. 850.000 |
Mesin Potong Pakaian | Rp. 1.000.000 |
Set Perlengkapan Jahit | Rp. 1.500.000 |
Laptop | Rp. 3.000.000 |
Plastik dan Kardus Kemasan Custom | Rp. 500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tahunan | Rp. 15.000.000 |
Biaya Renovasi Tempat | Rp. 15.000.000 |
Gaji Karyawan
Keterangan | Harga |
8 Karyawan Produksi | Rp. 20.000.000 |
2 Admin Online | Rp. 7.500.000 |
3 Karyawan Packing | Rp. 9.000.000 |
Biaya Operasional
Keterangan | Harga |
Belanja Bahan Baku Bulanan | Rp. 25.000.000 |
Listrik | Rp. 750.000 |
Internet | Rp. 300.000 |
Biaya Promosi
Keterangan | Harga |
Instagram Ads | Rp. 350.000 |
Influencer | Rp. 5.000.000 |
2. Harga Pokok Produksi
Keterangan | HPP | Harga Jual | Keutungan |
Kemeja Oversized | Rp. 60.000 | Rp. 120.000 | Rp. 60.000 |
Shirt | Rp. 50.000 | Rp. 100.000 | Rp. 50.000 |
Turtle Neck | Rp. 70.000 | Rp. 135.000 | Rp. 65.000 |
Pants Unisex | Rp. 100.000 | Rp. 200.000 | Rp. 100.000 |
Rok | Rp. 75.000 | Rp. 150.000 | Rp. 75.000 |
Jaket | Rp. 125.000 | Rp. 250.000 | Rp. 125.000 |
3. Perkiraan Keuntungan
Nama Produk | Target Penjualan Perhari | Keuntungan Kotor Per Hari |
Kemeja Oversized | 15 pcs | Rp. 900.000 |
Shirt | 20 pcs | Rp. 1.000.000 |
Turtle Neck | 15 pcs | Rp. 975.000 |
Pants Unisex | 15 pcs | Rp. 1.500.000 |
Rok | 15 pcs | Rp. 1.125.000 |
Jaket | 10 pcs | Rp. 1.250.000 |
Total | 135 pcs | Rp. 6.750.000 |
4. Estimasi Balik Modal
Keterangan | Total |
Keuntungan Kotor Bulanan | Rp. 148.500.000 |
Biaya Operasional Bulanan | Rp. 67.900.000 |
Keuntungan Bersih Bulanan | Rp. 80.600.000 |
BAB 5: Penutup
Minimal apparel merupakan salah satu brand fashion anak muda favorit anak muda saat ini. Desain-desain unik produksi Minimal dapat merepresentasikan karakter anak muda yang aktif dan dinamis.
Anak muda saat ini semakin aware dengan fashion sehingga peluang Minimal untuk membuka usaha ini terbuka sangat lebar di masa depan. Oleh karena itu kami berharap agar kerjasama ini bisa terjalin sehingga proses pengembangan usaha bisa segera terealisasi.