Bagi anda yang seorang Fashion enthusiast yang sedang membangun butik dan membutuhkan referensi proposal usaha untuk mendapatkan investor, anda dapat menggunakan contoh proposal usaha butik di bawah ini.
Download Proposal Butik
Proposal Usaha Butik “Raphaquinn Boutique”
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Memamerkan outfit yang disukai biasanya adalah salah satu kegiatan wanita yang tidak bisa terelakkan. Namun jika outfit yang dikenakan ternyata banyak disamai oleh orang lain hal ini akan menimbulkan perasan annoying yang tidak jarang membuat orang tersebut tidak akan lagi mengenakan pakaian yang tadinya dia sukai.
Karena hal inilah Raphaquinn Boutique hadir sebagai solusi. Yang mana setiap koleksi Raphaquinn dibuat secara terbatas baik dari model maupun warna. Konsep koleksi Raphaquinn Boutique adalah 1 model, 2 size, 3 color.
Hal ini tentu akan menambah kesan exclusive koleksi dari Raphaquinn Boutique dan bisa menjadikannya daya tarik tersendiri untuk para pengunjung butik. Selain itu harga yang ditawarkan masih cukup affordable dimulai dari harga 200 ribuan hingga 1 juta saja.
Pemilihan lokasi adalah area dalam mall yang dekat dengan pusat kota dan area perkantoran start up yang memiliki jumlah pengunjung yang cukup ramai.
Dengan strategi penjualan termasuk strategi promosi yang terencana, diharapkan Raphaquinn Boutique akan mampu menarik banyak konsumen potensial dan mengurangi resiko kerugian yang bisa ditimbulkan.
Konsep Usaha
Konsep usaha dari Raphaquinn Boutique adalah menjual pakaian berkualitas dengan edisi terbatas namun menawarkan harga yang masih cukup affordable yaitu mulai dari 200 ribuan hingga 1 juta rupiah saja.
Visi Misi
Visi Misi Raphaquinn Boutique adalah memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk dapat tampil percaya diri dengan pakaian yang dijual secara limited stock. Tidak akan ada lagi kembaran pakaian yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri.
BAB 2 : Analisa SWOT
Strength
Raphaquinn menerapkan konsep baru yang mungkin tidak banyak butik menggunakan konsep tersebut. Jika ada, butik lain pasti akan menawarkan harga yang mahal untuk pakaian dengan stock terbatas sedangkan Raphaquinn Boutique masih cukup affordable untuk semua kalangan.
Weakness
Kelemahan dari konsep ini mungkin adalah ketersediaan size pakaian yang kurang fleksibel karena setiap pilihan model dan warna hanya tersedia dalam 2 size random seperti S dan M, S dan L, S dan XS, dll
Opportunity
Bisnis butik dengan konsep 1 model 2 size 3 color adalah sesuatu hal yang baru. Sehingga belum memiliki kompetitor yang memiliki konsep yang sama persis sehingga peluang Raphaquinn Boutique cukup tinggi untuk mendapatkan perhatian masyarakat.
Threat
Raphaquinn Boutique harus selalu memiliki ide segar untuk mendapatkan aneka variasi type dan model pakaian yang dijual karena konsep limited stock yang digunakan. Selain itu Raphaquinn Boutique juga harus selalu menjaga komitmen untuk menggunakan konsep yang diusung, jika tidak tentunya pelanggan akan merasa kecewa dan bisa pindah ke butik lain.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha : Raphaquinn Boutique
Produk yang Dihasilkan : Pakaian dengan stock terbatas yang exclusive
Harga :
- Skirt : Rp 200.000 – Rp 439.000
- Dress : Rp 289.000 – Rp 899.000
- Pants : Rp 279.000 – Rp 695.000
- Tops : Rp 219.000 – Rp 800.000
- Outer : Rp 315.000 – Rp 1.000.000
Target Market :
Target market Raphaquinn Boutique adalah wanita usia awal 20 an hingga akhir 30 an yang suka well dress dengan penghasilan minimal Rp 5.000.000 / bulan.
Strategi Pemasaran :
Promosi dilakukan melalui social media dengan menggunakan jasa seorang influencer / content Creator yang concern di bidang fashion
Sistem Usaha :
Untuk sistem usaha yang digunakan oleh Raphaquinn Boutique adalah penjualan langsung dari butik serta dari online baik e-commerce maupun marketplace.
Sistem Pembagian Hasil :
Kami menjual 40 % dari saham Raphaquinn senilai Rp Rp 80.000.000. Untuk bagi hasil dihitung berdasarkan persentase kepemilikan saham dikali dengan laba bersih (profit) Raphaquinn Boutique setiap bulannya.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal
Perlengkapan
Perlengkapan | Harga |
Rak Display | Rp 10.000.000 |
Hanger | Rp 2.000.000 |
Cermin | Rp 3.000.000 |
Meja Kasir | Rp 1.000.000 |
Bangku Tunggu | Rp 3.000.000 |
Komputer + Mesin Cashier | Rp 4.000.000 |
Total | Rp 23.000.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Biaya |
Sewa Tempat / tahun | Rp 25.000.000 |
Renovasi Tempat | Rp 10.000.000 |
Karyawan
Karyawan | Gaji per bbulan |
Supervisor | Rp 6.000.000 |
Staff | Rp 4.500.000 |
Designer | Rp 7.000.000 |
Total Gaji Karyawan per bulan | Rp 17.500.000 |
Bahan Baku
Bahan Baku | Harga |
Aneka Bahan Kain | Rp 30.000.000 |
Aneka Accessories Pakaian | Rp 3.000.000 |
Aneka Bahan Jahit | Rp 5.000.000 |
Operational
Keterangan | Biaya |
Listrik | Rp 2.000.000 |
Biaya Jahit | Rp 10.000.000 |
Lain lain | Rp 1.500.000 |
Total Biaya Operational / bulan | Rp 13.500.000 |
Promosi
Keterangan | Biaya |
Jasa Influencer | Rp 3.000.000 |
Jasa Digital Creator | Rp 10.000.000 |
Social Media Management | Rp 2.000.000 |
Banner, Baliho | Rp 1.000.000 |
Harga Pokok Produksi
Harga Dasar
Produk | HPP | Harga Jual | Rata Rata Keuntungan |
Skirt | Rp 100.000 – Rp 300.000 | Rp 200.000 – Rp 439.000 | Rp120.000 |
Pants | Rp150.000 – Rp500.000 | Rp 279.000 – Rp 695.000 | Rp 162.000 |
Dress | Rp 150.000 – Rp 770.000 | Rp 289.000 – Rp 899.000 | Rp 203.000 |
Tops | Rp 110.000 – Rp 700.000 | Rp 219.000 – 800.000 | Rp 105.000 |
Outer | Rp 150.000 – Rp700.000 | Rp 315.000 – Rp 1.000.000 | Rp 232.000 |
Perkiraan Keuntungan
Target penjualan per hari adalah 10 pcs pakaian.
Produk | Target Penjualan per Hari | Keuntungan Kotor / hari |
Skirt | 2 | Rp 240.000 |
Pants | 2 | Rp 324.000 |
Dress | 2 | Rp 406.000 |
Tops | 3 | Rp 420.000 |
Outer | 1 | Rp 232.000 |
Total keuntungan kotor per hari adalah Rp 1.622.000
Total keuntungan kotor per bulan adalah Rp 1.622.000 x 30 = Rp 48.660.000
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Nominal |
Keuntungan Kotor per Bulan | Rp 48.660.000 |
Biaya Operasional + Gaji Karyawan | Rp 31.000.000 |
Profit Bulanan | Rp Rp 17.660.000 |
Estimasi balik modal adalah sekitar 5 bulan.
BAB 5 : Penutupan
Bisnis butik dengan konsep yang unik seperti 1 model 2 size 3 color option harusnya mampu membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk produk pakaian yang ditawarkan karena terkesan exclusive.
Terlebih harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat mengenakannya.
Adapun untuk kemungkinan kendala ide rasanya masih bisa diatasi dengan banyaknya ide ide segar dari designer muda yang dimiliki oleh Raphaquinn Boutique.
Sehingga kami, Raphaquinn Boutique sangat berharap jika anda bersedia untuk menitipkan dana nya pada kami sebagai investasi untuk dikelola menjadi uang yang lebih banyak lagi.