Contoh Proposal Usaha Butik (Download DOC / PDF)

Bagi anda yang seorang Fashion enthusiast yang sedang membangun butik dan membutuhkan referensi proposal usaha untuk mendapatkan investor, anda dapat menggunakan contoh proposal usaha butik di bawah ini.

Download Proposal Butik

Proposal Usaha Butik

Download Doc | Download PDF

Proposal Usaha Butik “Raphaquinn Boutique”

BAB 1 : Pendahuluan

Latar Belakang

Memamerkan outfit yang disukai biasanya adalah salah satu kegiatan wanita yang tidak bisa terelakkan. Namun jika outfit yang dikenakan ternyata banyak disamai oleh orang lain hal ini akan menimbulkan perasan annoying yang tidak jarang membuat orang tersebut tidak akan lagi mengenakan pakaian yang tadinya dia sukai.

Karena hal inilah Raphaquinn Boutique hadir sebagai solusi. Yang mana setiap koleksi Raphaquinn dibuat secara terbatas baik dari model maupun warna. Konsep koleksi Raphaquinn Boutique adalah 1 model, 2 size, 3 color.

Hal ini tentu akan menambah kesan exclusive koleksi dari Raphaquinn Boutique dan bisa menjadikannya daya tarik tersendiri untuk para pengunjung butik. Selain itu harga yang ditawarkan masih cukup affordable dimulai dari harga 200 ribuan hingga 1 juta saja.

Pemilihan lokasi adalah area dalam mall yang dekat dengan pusat kota dan area perkantoran start up yang memiliki jumlah pengunjung yang cukup ramai.

Dengan strategi penjualan termasuk strategi promosi yang terencana, diharapkan Raphaquinn Boutique akan mampu menarik banyak konsumen potensial dan mengurangi resiko kerugian yang bisa ditimbulkan.

Konsep Usaha

Konsep usaha dari Raphaquinn Boutique adalah menjual pakaian berkualitas dengan edisi terbatas namun menawarkan harga yang masih cukup affordable yaitu mulai dari 200 ribuan hingga 1 juta rupiah saja.

Visi Misi

Visi Misi Raphaquinn Boutique adalah memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk dapat tampil percaya diri dengan pakaian yang dijual secara limited stock. Tidak akan ada lagi kembaran pakaian yang membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

BAB 2 : Analisa SWOT

Strength

Raphaquinn menerapkan konsep baru yang mungkin tidak banyak butik menggunakan konsep tersebut. Jika ada, butik lain pasti akan menawarkan harga yang mahal untuk pakaian dengan stock terbatas sedangkan Raphaquinn Boutique masih cukup affordable untuk semua kalangan.

Weakness

Kelemahan dari konsep ini mungkin adalah ketersediaan size pakaian yang kurang fleksibel karena setiap pilihan model dan warna hanya tersedia dalam 2 size random seperti S dan M, S dan L, S dan XS, dll

Opportunity

Bisnis butik dengan konsep 1 model 2 size 3 color adalah sesuatu hal yang baru. Sehingga belum memiliki kompetitor yang memiliki konsep yang sama persis sehingga peluang Raphaquinn Boutique cukup tinggi untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

Threat

Raphaquinn Boutique harus selalu memiliki ide segar untuk mendapatkan aneka variasi type dan model pakaian yang dijual karena konsep limited stock yang digunakan. Selain itu Raphaquinn Boutique juga harus selalu menjaga komitmen untuk menggunakan konsep yang diusung, jika tidak tentunya pelanggan akan merasa kecewa dan bisa pindah ke butik lain.

BAB 3 : Rencana Usaha

Nama Usaha : Raphaquinn Boutique

Produk yang Dihasilkan : Pakaian dengan stock terbatas yang exclusive

Harga :

  • Skirt : Rp 200.000 – Rp 439.000
  • Dress : Rp 289.000 – Rp 899.000
  • Pants : Rp 279.000 – Rp 695.000
  • Tops : Rp 219.000 – Rp 800.000
  • Outer : Rp 315.000 – Rp 1.000.000

Target Market : 

Target market Raphaquinn Boutique adalah wanita usia awal 20 an hingga akhir 30 an yang suka well dress dengan penghasilan minimal Rp 5.000.000 / bulan.

Strategi Pemasaran :

Promosi dilakukan melalui social media dengan menggunakan jasa seorang influencer / content Creator yang concern di bidang fashion

Sistem Usaha : 

Untuk sistem usaha yang digunakan oleh Raphaquinn Boutique adalah penjualan langsung dari butik serta dari online baik e-commerce maupun marketplace. 

Sistem Pembagian Hasil : 

Kami menjual 40 % dari saham Raphaquinn senilai Rp Rp 80.000.000. Untuk bagi hasil dihitung berdasarkan persentase kepemilikan saham dikali dengan laba bersih (profit) Raphaquinn Boutique setiap bulannya.

BAB 4 : Analisa Keuangan

Modal

Perlengkapan

PerlengkapanHarga
Rak DisplayRp 10.000.000
HangerRp 2.000.000
CerminRp 3.000.000
Meja KasirRp 1.000.000
Bangku TungguRp 3.000.000
Komputer + Mesin CashierRp 4.000.000
TotalRp 23.000.000

Sewa Tempat

KeteranganBiaya
Sewa Tempat / tahunRp 25.000.000
Renovasi TempatRp 10.000.000

Karyawan

KaryawanGaji per bbulan
SupervisorRp 6.000.000
StaffRp 4.500.000
Designer Rp 7.000.000
Total Gaji Karyawan per bulanRp 17.500.000

Bahan Baku

Bahan BakuHarga
Aneka Bahan KainRp 30.000.000
Aneka Accessories PakaianRp 3.000.000
Aneka Bahan JahitRp 5.000.000

Operational

Keterangan Biaya
ListrikRp 2.000.000
Biaya JahitRp 10.000.000
Lain lainRp 1.500.000
Total Biaya Operational / bulanRp 13.500.000

Promosi

KeteranganBiaya
Jasa InfluencerRp 3.000.000
Jasa Digital CreatorRp 10.000.000
Social Media ManagementRp 2.000.000
Banner, BalihoRp 1.000.000

Harga Pokok Produksi

Harga Dasar

ProdukHPPHarga JualRata Rata Keuntungan
SkirtRp 100.000 – Rp 300.000Rp 200.000 – Rp 439.000Rp120.000
PantsRp150.000 – Rp500.000Rp 279.000 – Rp 695.000Rp 162.000
DressRp 150.000 – Rp 770.000Rp 289.000 – Rp 899.000Rp 203.000
TopsRp 110.000 – Rp 700.000Rp 219.000 – 800.000Rp 105.000
OuterRp 150.000 – Rp700.000Rp 315.000 – Rp 1.000.000Rp 232.000

Perkiraan Keuntungan

Target penjualan per hari adalah 10 pcs pakaian.

ProdukTarget Penjualan per HariKeuntungan Kotor / hari
Skirt 2Rp 240.000
Pants2Rp 324.000
Dress2Rp 406.000
Tops3Rp 420.000
Outer1Rp 232.000

Total keuntungan kotor per hari adalah Rp 1.622.000

Total keuntungan kotor per bulan adalah Rp 1.622.000 x 30 = Rp 48.660.000

Estimasi Balik Modal

KeteranganNominal
Keuntungan Kotor per BulanRp 48.660.000
Biaya Operasional + Gaji KaryawanRp 31.000.000
Profit BulananRp Rp 17.660.000

Estimasi balik modal adalah sekitar 5 bulan.

BAB 5 : Penutupan

Bisnis butik dengan konsep yang unik seperti 1 model 2 size 3 color option harusnya mampu membuat banyak orang tertarik untuk membeli produk produk pakaian yang ditawarkan karena terkesan exclusive.

Terlebih harga yang ditawarkan masih cukup terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat mengenakannya. 

Adapun untuk kemungkinan kendala ide rasanya masih bisa diatasi dengan banyaknya ide ide segar dari designer muda yang dimiliki oleh Raphaquinn Boutique.

Sehingga kami, Raphaquinn Boutique sangat berharap jika anda bersedia untuk menitipkan dana nya pada kami sebagai investasi untuk dikelola menjadi uang yang lebih banyak lagi.

Bagikan Postingan: