Tertarik dengan usaha basreng? Beberapa tahun belakangan ini basreng memang menjadi salah satu cemilan yang cukup favorit, maka tak salah jika Anda memilih basreng untuk dijadikan sebagai usaha yang serius.
Jika Anda ingin memulai usaha basreng dengan skala yang besar, maka salah satu yang perlu persiapkan adalah proposal usaha. Dengan adanya proposal usaha diharapkan setiap pihak, baik itu investor maupun pihak terkait bisa memahami gambaran usaha Anda.
Berikut ini juga telah kami lampirkan contoh proposal usaha basreng yang bisa Anda download dan Anda gunakan untuk keperluan usaha.
Download Proposal Usaha Basreng
Proposal Usaha Basreng Mantaps
BAB 1 : Pendahuluan
Latar Belakang
Pada zaman ini, masyarakat cenderung menginginkan sesuatu secara instan, tidak hanya untuk masalah gaya hidup, melainkan juga pada kebutuhan makanan, baik itu makanan berat maupun makanan ringan.
Masyarakat lebih memilih makanan yang simpel dan mudah disajikan. Dengan adanya fakta tersebut, kami mengamati bahwa basreng menjadi salah satu makanan ringan yang mudah dilirik dan disukai oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia.
Alasan kuat yang menjadikan basreng mudah diterima dan disukai adalah makanan ini simpel dalam penyajian, serta memiliki cita rasa yang pas dengan lidah masyarakat Indonesia, yakni memiliki cita rasa yang gurih bercampur bumbu pedas yang pas.
Oleh sebab itu, kami melihat hal tersebut sebagai potensi yang menjanjikan apabila dijadikan sebagai peluang usaha yang serius. Kami berusaha memanfaatkan potensi tersebut dengan mendirikan usaha Basreng Mantaps.
Konsep Usaha
Konsep usaha Basreng Mantaps adalah dengan menjual basreng berkualitas dengan berbagai macam varian bumbu spesial, disajikan dengan kemasan yang menarik dan dijamin kebersihannya.
Visi Misi
Berikut ini adalah visi dan misi yang ingin kami capai dalam menjalankan usaha Basreng Mantaps.
Visi
Ingin menjadikan usaha Basreng Mantaps terus tumbuh dan berkembang dengan pesat, menjadi cemilan yang khas, dan bisa diterima oleh semua kalangan.
Misi
- Ingin mengenalkan Basreng Mantaps kepada masyarakat luas.
- Mempertahankan cita rasa yang khas dari bakso goreng dengan pengembangan varian baru pada bumbu yang digunakan.
- Tetap berinovasi dan berkreasi sesuai dengan tuntutan konsumen.
- Menjadikan Basreng Mantaps sebagai cemilan yang paling disukai.
- Memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik mungkin, jujur, tanggung jawab, dan menjunjung tinggi sikap profesionalitas.
BAB 2 : Analisis SWOT
Strength (Kekuatan) :
Bahan yang digunakan berasal dari bahan yang alami, sehingga cukup aman untuk dikonsumsi. Memiliki cita rasa gurih yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, memiliki resep spesial yang beda dari basreng lainnya.
Weakness (Kelemahan) :
Daya simpan produk tidak bisa bertahan lama, karena tidak menggunakan pengawet.
Opportunity (Peluang) :
Minat masyarakat terhadap cemilan yang satu ini masih cukup tinggi. Masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi cemilan, sehingga hal tersebut menjadi peluang tersendiri untuk bisa dimanfaatkan.
Threat (Ancaman) :
Semakin hari persaingan antar pedagang basreng semakin ketat. Inovasi dan kreasi yang dikembangkan bisa dipelajari dan ditiru, sehingga hal tersebut bisa mengurangi keistimewaan produk yang sudah dibangun.
BAB 3 : Rencana Usaha
Nama Usaha yang Digunakan :
Kami menggunakan nama Basreng Mantaps. Nama tersebut dipilih karena sesuai dengan produk basreng yang kami jual, yang mana basreng yang kami jual memiliki rasa khas yang mantap.
Produk yang Dihasilkan :
Usaha yang kami jalani ini menghasilkan beberapa basreng dengan berbagai macam varian rasa seperti pedas, balado pedas manis, barbeque, sapi lada hitam, sambal hijau padang.
Harga yang Ditawarkan :
- Basreng pedas daun jeruk : Rp 12.000
- Basreng balado pedas manis : Rp 12.000
- Basreng barbeque : Rp 13.000
- Basreng sapi lada hitam : Rp 15.000
- Basreng sambal hijau padang : Rp 14.000
Target Market :
Untuk target market utama kami adalah pelajar hingga orang dewasa dengan rentang usia antara 16 tahun hingga 35 tahun.
Strategi Pemasaran :
Untuk promosinya akan kami lakukan dengan 2 metode, yakni secara offline dan online. Promosi offline dengan menyebar brosur di sekolah-sekolah dan tempat strategis lainnya.
Sedangkan untuk promosi online dilakukan dengan membuat konten-konten menarik di sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Whatsapp.
Sistem Usaha :
Kami menjual Basreng Mantaps secara offline dengan menyediakan outlet. Selain itu, kami juga akan menjual secara online di Facebook, Instagram, dan Grabfood.
Sistem Pembagian Hasil :
Kami ingin mencari pemodal sekaligus rekan kerja untuk menjalankan bisnis ini secara bersama-sama. Untuk modalnya adalah dengan sistem patungan 50% – 50%. Estimasi modal keseluruhan yang dibutuhkan adalah Rp 30.000.000.
Untuk sistem pembagian hasilnya nanti adalah profit sharing. Jadi, hasil pembagiannya diperoleh berdasarkan laba bersih pada tiap bulannya dan akan dibagi menjadi 2.
BAB 4 : Analisa Keuangan
Modal yang Dibutuhkan :
Peralatan
Keterangan | Harga |
Kompor Gas | Rp 600.000 |
Wajan | Rp 100.000 |
Serok | Rp 50.000 |
Spatula | Rp 60.000 |
Meja | Rp 400.000 |
Kursi | Rp 200.000 |
Tabung Gas | Rp 200.000 |
Peralatan Tambahan | Rp 1.500.000 |
Sewa Tempat
Keterangan | Harga |
Biaya Sewa Tempat | Rp 7.000.000 |
Renovasi Tempat | Rp 3.000.000 |
Bahan yang Dibutuhkan
Keterangan | Harga |
Bakso Ikan | Rp 1.000.000 |
Bumbu All Varian | Rp 1.500.000 |
Penyedap Rasa | Rp 200.000 |
Gas | Rp 150.000 |
Tepung Terigu | Rp 800.000 |
Bahan Lainnya | Rp 1.500.000 |
Operasional Outlet
Keterangan | Harga |
Listrik | Rp 100.000 |
Peralatan kebersihan | Rp 40.000 |
Lain-lain | Rp 800.000 |
Promosi
Keterangan | Harga |
Brosur | Rp 200.000 |
Banner | Rp 100.000 |
Harga Pokok Produksi (HPP)
Produk | HPP | Harga Jual | Keuntungan |
Basreng Pedas Daun Jeruk | Rp 6.000 | Rp 12.000 | Rp 6.000 |
Basreng Balado Pedas Manis | Rp 6.000 | Rp 12.000 | Rp 6.000 |
Basreng Barbeque | Rp 7.000 | Rp 13.000 | Rp 6.000 |
Basreng Sapi Lada Hitam | Rp 8.000 | Rp 15.000 | Rp 7.000 |
Bareng Sambal Hijau Padang | Rp 6.000 | Rp 14.000 | Rp 8.000 |
Perkiraan Keuntungan
Produk | Target Penjualan Per Hari | Profit Kotor Per Hari |
Basreng Pedas Daun Jeruk | 30 Pcs | Rp 180.000 |
Basreng Balado Pedas Manis | 25 Pcs | Rp 150.000 |
Basreng Barbeque | 30 Pcs | Rp 180.000 |
Basreng Sapi Lada Hitam | 20 Pcs | Rp 140.000 |
Bareng Sambal Hijau Padang | 20 Pcs | Rp 160.000 |
Total | 125 Pcs | Rp 810.000 |
Estimasi Balik Modal
Keterangan | Rincian Estimasi |
Profit Kotor Bulanan | Rp 24.300.000 |
Biaya Operasional | Rp 10.000.000 |
Profit Bersih Bulanan | Rp 14.300.000 |
BAB 5 : Penutup
Basreng menjadi salah satu cemilan yang cukup potensial untuk dikembangkan, cita rasanya yang gurih bercampur pedas banyak disukai oleh orang. Potensi usaha basreng juga didukung dengan kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi cemilan.
Meskipun potensi yang ada sudah diketahui, namun perencanaan usaha ini harus dilakukan dengan cukup matang. Berdasarkan analisis SWOT dapat diketahui mengenai kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan usaha ini.
Untuk merealisasikan usaha ini dan mengembangkan menjadi usaha yang tumbuh dengan pesat, maka kami juga meminta kepada Bapak/Ibu/Saudara untuk berkenan mempertimbangkan tawaran kerja sama yang kami ajukan ini secara sungguh-sungguh.