Apabila Anda berniat berjualan sea food, maka harus memikirkan nama bisnis seafood yang tepat. Hal itu karena nama tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang supaya datang membelinya.
Selain memikirkan strategi jualan, menentukan nama juga tidak kalah penting untuk dilakukan saat berbisnis kuliner. Nama tersebut nantinya akan menjadi brand yang membuat orang ingat pada produk Anda.
Oleh karena itu, dalam menentukan namanya, tidak boleh dilakukan asal-asalan. Nah, sebagai inspirasi dalam mencari nama terbaik untuk usaha seafood Anda, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa dilihat.
Tips Mencari Nama Bisnis Seafood Terbaik
Sebelum memberikan rekomendasi namanya, akan lebih baik jika Anda tahu kriteria seperti apa nama yang bagus untuk usaha. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menentukan nama untuk usaha kuliner.
1. Pilih Nama yang Bermakna
Memilih nama dengan makna positif dapat membantu dalam memberikan citra dan kepercayaan yang bagus ke pembeli. Selain itu, makna yang bagus terkadang juga dapat memberikan keberuntungan sehingga diharapkan ke depannya usahanya bisa sukses.
Tidak cuma itu saja, makna positif pada namanya bisa menjadi harapan serta doa bagi kesuksesan usahanya. Sebagai contohnya, jika ingin mempunyai banyak pelanggan, maka bisa dipilih nama-nama seperti “Podomoro Seafood”, “Moroseneng, dan lain sebagainya.
2. Usahakan Nama Mudah Diingat Dan Diucapkan
Tips berikutnya, Anda bisa juga menggunakan kata-kata unik dan menarik supaya membuat orang-orang penasaran. Selain itu, pilihlah kata unik yang mempunyai pengucapan mudah sehingga para pelanggan dapat mengingatnya dengan mudah.
Perlu digaris bawahi, unik dalam hal ini artinya pemilihannya beda dari usaha lainnya. Untuk mencari referensi, bisa dengan mencari di internet, sosial media, rekomendasi orang lain, dan lain sebagainya.
3. Gunakan Nama Sendiri
Apabila ingin mencari nama bisnis seafood lebih simpel dan bermakna, maka bisa juga menggunakan nama sendiri. Hal ini bisa membuat usaha Anda memiliki keunikan tersendiri karena orang-orang bisa mengenal usaha sekaligus nama pemiliknya.
Namun, tentu tidak semua nama cocok dan tepat digunakan sebagai nama bisnis. Oleh karena itu, perhatikan betul hal tersebut supaya bisa menentukan apakah namanya cocok digunakan untuk bisnis atau tidak.
Sebagai contohnya, jika pemiliknya bernama Pak Waluyo, maka bisa mengambil panggilan sebagai brand usahanya. Jadi, warung makanan laut tersebut dapat bernama “Seafood PakWal”.
4. Cari Inspirasi Namanya Dari Pesaing
Apabila semua daftar namanya masih belum cocok, maka bisa mencari referensinya dari para pesaing bisnis Anda. Terutama, carilah bisnis lain yang sebelumnya mungkin sudah mendapatkan kesuksesan dalam bisnis kuliner.
Namun, tentu jangan lakukan penjiplakan namanya secara full. Cukup jadikan saja sebagai referensi untuk kemudian Anda bisa menemukan ide pemberian nama bagi usaha Anda nantinya.
Rekomendasi Nama Bisnis Seafood yang Menarik
Terkait pemilihan namanya, tentunya ada banyak rekomendasi yang dapat untuk digunakan. Namun, supaya bisa mendapatkan yang terbaik, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memperbanyak referensi dan rekomendasinya.
Nah, berikut adalah berbagai kumpulan daftar nama yang mungkin bisa menjadi ide nama bagi usaha kuliner Anda:
1. Nama-Nama Seafood Bagus
Berikut adalah nama bisnis seafood bagus yang dapat dipilih:
- Cemara Kasih
- Garwo Kwat
- Asmara Diana
- Sederhana
- Sis Lily
- Berkah Jaya
- Umbul Citra
- Samudera
- Bintang Laut
- Happy Family
- Seafood Jawara
- Nampol
- Mampir Madang
- Uhuy
- D’Sea
2. Nama Seafood Menarik
Memilih nama yang menarik tentu dapat membuat orang-orang tertarik untuk datang membeli makanannya. Berikut adalah contoh beberapa nama menarik yang bisa dicoba.
- Elite
- Estetik Cafe & Sea Food
- Good Sea Food
- Ulay
- Emperor
- Fun N Yum
- Fresh and Sea
- All About Sea
- Natural Sea
- Boom Resto
- Sultan Seafood & Restaurant
3. Ide Nama Restoran Seafood yang Unik
Berikut adalah contoh-contoh bisnis makanan laut yang namanya unik:
- Gemilang Laut
- Sikat Laut
- Ikan Dan Kenyang
- Sri Sejati
- Lahap Food
- Vitamin Sea
- Ayuk Nyifood
- Satu Hati
- Resto Benua Laut
- Bintang Kejora
- Asmara Udang
- Happy Fish
- Makanan Laut PakWal
- Bu Tini Sea Food & Resto
- Street Food
- Konyol Food
- Food Laut
- Smell Sea
- Kampung Sea Food
- Cumi Jaya
- Warung Bu Yati
- Makan Ikan Yuk
- Jayanti Resto
- Segar Fresh
- Eat and See
- Lahap88
- Warung 777
- Makanan Laut 69
- Layar Terkembang
- Pak Kandar Resto
- Sampurnani
- Parangtritis Food & Sea
- Fish N Chip
4. Ide Seafood Nama Sendiri
Menggunakan panggilan sendiri bisa juga dijadikan sebagai ide brand jualan. Berikut adalah beberapa contohnya:
- Warung Pak No
- Bu Sainah Food
- Resto Pak Wardi
- Mbah Marto Jaya
- Kuliner Laut Pak Gembus
- Warung Legenda Pak Pur
- Seafood Pakde Atung
- Warung Makan Mbak Bella
- Pak Pong
- Mbah Mo
- Resto Bu Tum
- Pak Jum Resto Ikan Laut
- Ikan Laut Segar Bu Mis
Berbagai macam rekomendasi tersebut dapat dijadikan sebagai referensi untuk membuat brand sendiri. Pastikan bahwa namanya sesuai dan mempunyai keunikan sendiri supaya dapat dengan mudah dikenal oleh orang banyak.
Manfaat Menggunakan Brand Bisnis Kuliner yang Tepat
Tentunya, pemilihan brand untuk usaha bukanlah hal yang sia-sia. Pasalnya, terdapat berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan saat memilih brand yang tepat. Berikut adalah berbagai manfaat tersebut.
1. Sebagai Doa dan Harapan
Pemilihan namanya terkadang bisa menjadi perwujudan dari harapan, doa, sampai dengan pembawa keberuntungan saat usaha tersebut dijalankan kelak. Oleh karena itu, tidak jarang orang menggunakan kata jaya, sukses, berkah, dan kata-kata harapan lain pada namanya.
2. Menarik Minat Pembeli
Kuliner yang namanya unik dan menarik sudah pasti akan memancing orang-orang untuk datang. Tentunya, hal tersebut akan memberikan dampak positif terhadap penjualan dan pendapatan usahanya.
Namun, tentu dalam memilih namanya tidak boleh menggunakan unsur-unsur provokatif atau tidak elegan. Jadi, dengan membaca namanya saja, nanti orang-orang sudah penasaran dan ingin mencoba membeli produk makanannya.
3. Jadi Ciri Khas
Pemilihan kata unik untuk brand bisa menjadi ciri khas tersendiri. Jadi, orang-orang dapat membedakan antara usaha satu dengan lainnya dengan mudah.
4. Namanya Bisa Beredar di Internet
Bisnis yang namanya terkenal dan terbukti punya kualitas pasti akan dibicarakan banyak orang. Hal itu lama-kelamaan akan membuat orang merekomendasikan makanannya ke sosial media atau lebih luas lagi internet.
5. Menjadi Identitas Usaha
Brand nantinya dapat menjadi sebagai gambaran usaha dan identitas. Jadi, saat orang mendengarnya pasti yang ada di pikiran mereka adalah bisnis seafood Anda.
Melihat dari penjelasan di atas, tentu bisa dikatakan bahwa menentukan brand merupakan hal penting. Dengan memilih kombinasi kata yang tepat, unik, dan menarik, pastinya akan tercipta identitas dari bisnis yang dijalankan.
Berdasarkan pembahasan di atas, menentukan nama bisnis seafood yang tepat adalah langkah awal penting. Pasalnya, penggunaan namanya tersebut nantinya akan digunakan sebagai identitas diri dan ciri khas.
Dalam penentuan namanya sendiri, terdapat beberapa hal yang dijadikan sebagai patokan. Anda dapat menentukan namanya berdasarkan makna yang bagus, unik, mudah diingat, dan pastinya beda dari para kompetitor.