Rincian Modal Usaha Laundry Lengkap dengan Analisanya

Membuka usaha laundry kiloan sebenarnya sama seperti membuka usaha pada umumnya. Modal menjadi kunci penting sebelum menjalankan bisnis ini. Lalu apa saja yang menjadi modal usaha laundry dan hal yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha ini?

Sampai saat ini bisnis laundry masih menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Selain memiliki pangsa pasar yang luas, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga tidak terlalu besar. Karena itu tidak heran jika bisnis ini masih diminati.

Perkiraan Modal Usaha Laundry

Perkiraan modal untuk usaha laundry dapat bervariasi tergantung pada skala dan lingkup bisnis yang Anda rencanakan. Namun, berikut ini adalah perkiraan modal awal yang umumnya dibutuhkan untuk memulai usaha laundry termasuk perlengkapan yang dibutuhkan:

1. Modal Peralatan

Modal Peralatan

Modal utama untuk usaha laundry digunakan untuk membeli mesin cuci, pengering, setrika, dan perlengkapan pendukung seperti keranjang, gantungan, dan meja setrika.

Perkiraan biaya ini dapat berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada kualitas dan jumlah peralatan yang dibutuhkan.

Dalam usaha laundry, pilihan mesin cuci yang tepat sangat penting untuk menjalankan operasional dengan efisien. Bahkan, ini menjadi alat utama untuk sebuah usaha laundry. Karena itu modal terbesar laundry biasanya dialokasikan untuk membeli mesin cuci.

Berikut adalah beberapa jenis mesin cuci yang umumnya digunakan dalam bisnis laundry:

Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci front loading adalah pilihan yang populer dalam usaha laundry. Jenis mesin ini efisien dalam penggunaan air dan energi, serta mampu menangani beban cucian yang lebih besar. Mesin ini juga menghasilkan putaran yang lebih tinggi, sehingga pakaian lebih cepat kering.

Mesin cuci front loading umumnya memiliki berbagai program cuci yang dapat disesuaikan dengan jenis kain dan tingkat kekotoran pakaian. Namun untuk harganya mesin cuci front loading tergolong mahal. Saat ini harga mesin cuci front loading kapasitas 7 kg dibanderol dengan harga Rp5 jutaan.

Mesin Cuci Top Loading

Bagi yang memiliki modal kecil untuk memulai usaha laundry, mesin cuci top loading dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan mesin cuci front loading. Mesin cuci ini mungkin tidak seefisien dalam penggunaan air dan energi dibandingkan tipe front loading.

Namun, mesin cuci ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk bisnis laundry dengan volume cucian yang tidak terlalu besar. Mesin cuci top loading menawarkan keunggulan dalam proses pengisian dan pengosongan cucian. Saat ini harga mesin cuci top loading di pasaran mulai dari Rp1 jutaan.

Mesin Cuci Komersial

Jika usaha laundry yang akan menangani volume cucian yang sangat besar, mesin cuci komersial adalah pilihan yang tepat. Mesin ini dirancang khusus untuk menghadapi beban kerja yang berat dan memiliki kapasitas yang besar yakni di atas 10 kg.

Mesin cuci komersial umumnya juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih tahan lama, seperti body yang kuat dan program cuci yang lebih lengkap seperti eco bubble, speed shot, AI Control Inox, dan masih banyak lagi. Untuk harga jenis mesin cuci ini mulai dari Rp10 jutaan.

Mesin Cuci Koin

Jika Anda berencana untuk menyediakan layanan laundry self-service, mesin cuci koin adalah pilihan yang cocok. Mesin ini biasanya memiliki sistem koin yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengoperasikannya sendiri. Harga mesin cuci koin sendiri saat ini sekitar Rp17 jutaan.

Pemilihan mesin cuci tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, termasuk jumlah cucian yang diharapkan, jenis kain yang akan dicuci, dan modal awal yang tersedia.

2. Tempat dan Peralatan Pendukung

Tempat Dan Peralatan Pendukung

Selain mesin cuci, Anda juga perlu menyiapkan lokasi yang sesuai untuk usaha laundry. Peralatan pendukung seperti rak penyimpanan, dispenser deterjen, timbangan, dan perlengkapan kebersihan lainnya juga harus dipertimbangkan dalam perkiraan modal.

Biaya ini dapat berkisar dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada ukuran dan kondisi tempat usaha. Jika Anda memiliki modal yang kecil, Anda juga dapat membuka usaha ini di rumah.

3. Persediaan

Persediaan

Saat memulai usaha tersebut, Anda akan membutuhkan stok deterjen, pelembut, pewangi, plastik dan bahan-bahan sekali pakai lainnya yang diperlukan untuk mencuci pakaian pelanggan. Perkiraan biaya ini akan bergantung pada volume dan jenis persediaan yang Anda butuhkan.

4. Promosi dan Pemasaran

Promosi Dan Pemasaran

Untuk memperkenalkan usaha laundry, Anda dapat mengalokasikan dana untuk promosi. Hal ini dapat mencakup pembuatan brosur, iklan online, penggunaan media sosial, serta program promosi atau diskon untuk menarik pelanggan baru.

5. Biaya Operasional Awal

Biaya Operasional Awal

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah biaya operasional awal seperti listrik, air, dan biaya administrasi lainnya. Jika Anda nantinya juga akan merekrut karyawan, gaji awal karyawan tersebut juga perlu diperhitungkan.

Dalam keseluruhan, perkiraan modal awal untuk memulai usaha laundry dapat berkisar antara puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Anda dapat membuat perencanaan dengan cermat untuk masing-masing item yang akan dibeli.

Selain itu buatlah proyeksi keuangan yang realistis untuk menentukan jumlah modal yang tepat untuk usaha Anda. Lakukan riset untuk masing-masing item yang akan dibeli secara cermat untuk mendapat produk berkualitas dengan harga terbaik.

Modal Usaha Laundry 10 Juta

Modal Usaha Laundry 10 Juta

Bagi Anda yang memiliki modal Rp10 jutaan untuk memulai usaha laundry, Anda dapat mengalokasikan modal tersebut untuk memulai usaha dengan skala kecil terlebih dulu. Berikut ini adalah daftar rancangan anggaran yang dapat dibuat:

1. Alat dan Bahan

  • Mesin Cuci Top Loading 2 unit = Rp6 juta
  • Setrika 3 unit = Rp450 ribu
  • Timbangan digital = Rp200 ribu
  • Set meja dan kursi = 300 ribu
  • Dekorasi ruangan = Rp1 juta
  • Spanduk = Rp100 ribu

Biaya investasi awal yang harus disiapkan untuk pengadaan barang termasuk dekorasi ruangan adalah Rp8.050.000,- Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya operasional bulanan.

2. Biaya Operasional Bulanan

  • Gaji karyawan = Rp1 juta
  • Biaya listrik 1 bulan = Rp500 ribu
  • Detergen laundry 20 kg = Rp500 ribu
  • Pewangi laundry 15 liter = Rp100 ribu
  • Air = Rp300 ribu
  • Lain-lain¬† = Rp200 ribu

Dalam 1 bulan, Anda setidaknya perlu mengalokasikan biaya Rp2.600.000,- Maka, total modal usaha yang perlu disiapkan adalah Rp10.650.000,-

Modal Usaha Laundry Koin

Modal Usaha Laundry Koin

Laundry koin saat ini menjadi bisnis yang kian menjamur karena memungkinkan pelanggan untuk mencuci sendiri. Walaupun termasuk bisnis berskala kecil, laundry koin membutuhkan modal yang cukup besar.

Padahal peralatan yang digunakan tidak terlalu banyak dibandingkan bisnis laundry lainnya. Hal ini karena laundry tersebut menggunakan peralatan khusus yang harganya lebih mahal. Modal yang dibutuhkan antara lain adalah mesin cuci, pengering, dan saluran air panas.

Untuk memulai usaha ini, jumlah modal awal yang dibutuhkan berkisar antara Rp100 juta hingga Rp300 juta rupiah, tergantung pada ukuran bisnis yang akan dijalankan. Biaya tersebut belum termasuk untuk sewa tempat.

Sebagai alternatif, Anda dapat mencari mitra bisnis yang dapat berbagi modal. Namun, pastikan untuk mencari mitra yang dapat dipercaya agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan saling menguntungkan.

Penutup

Modal usaha laundry pada dasarnya sangat bervariasi, tergantung skala usaha yang ingin dibuat. Bagi yang memiliki modal besar, saat ini sudah ada banyak franchise usaha laundry yang menawarkan kemitraan sehingga Anda hanya perlu setor modal dan menyiapkan tempat.

Bagikan Postingan: