Modal Distro : Keuntungan, Resiko dan Tips Usaha

Distro

Kebutuhan akan pakaian saat ini kian berkembang pesat. Terlebih lagi bagi mereka para influencer media sosial yang dituntut berpenampilan good looking. Agar bisa menarik minat para follower, dukungan beragam pakaian baru memang harus dipenuhi. Belum lagi banyaknya orang yang berlomba – lomba untuk menjadi influencer dan memamerkan konten menariknya. Melihat hal tersebut, peluang bisnis distro pun semakin meyakinkan untuk dikembangkan.

Untuk mulai merambah ke usaha distro, setidaknya Anda sudah punya bayangan dan pandangan terkait dengan rincian modal awal yang harus disiapkan hingga peralatan apa saja yang wajib ada terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda pun bisa mulai membeli peralatan sedikit demi sedikit secara bertahap.

Lantas berapa sih sebenarnya modal awal untuk memulai usaha distro? Modal awal untuk buka usaha Distro berkisar antara Rp 30.000.000 hingga Rp 80.000.000. Dengan modal awal segitu, tentu saja sudah include sewa ruko.

Modal Awal Bisnis Distro

Modal awal satu distro satu dengan distro yang lain tak bisa dijadikan sebagai patokan ya. Karena setiap individu pasti memiliki selera dan keinginan masing – masing sehingga sangat mempengaruhi yang namanya nominal. Disini, kami akan mencoba memberikan rincian modal awal usaha distro versi kami ya.

Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mulai usaha distro :

PeralatanHarga
Sewa tempat per tahunRp 15.000.000
Meja Kerja dan Kasir ProfesionalRp 2.000.000
Laptop, Printer dan Software DistroRp 5.000.000
Website Pemasaran DistroRp 1.500.000
Rak PakaianRp 1.000.000
Gantungan PakaianRp 1.000.000
ManekinRp 500.000
EtalaseRp 3.000.000
ATKRp 50.000
Hanging Tag Merk Distro 200 pcsRp 500.000
Spanduk, standing display, papan namaRp 500.000
Desain interiorRp 2.000.000
Pasang CCTVRp 1.500.000
Budget Listrik & AirRp 200.000
Budget internet, telpon dan pulsaRp 300.000
Budget MaintenanceRp 100.000

Total secara keseluruhan perkiraan modal awal untuk usaha distro ialah Rp 34.150.000.

Nominal bisa saja fluktuatif ya, bisa naik bisa juga turun. Silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan Anda masing – masing. Perlu Anda ingat, setiap peralatan di atas juga akan ada perbedaan harga di setiap daerah.

Pengeluaran Per Bulan Pada Bisnis Distro

Tak hanya fokus pada modal awal saja ya, Anda juga harus memikirkan kebutuhan belanja bulanannya. Karena belanja bulanan juga menjadi bagian dari keseluruhan modal yang harus disediakan saat awal mulai usaha distro.

Perkiraan jualan dalam satu bulan pada usaha distro contohnya seperti kemeja panjang 200 pcs, kemeja pendek 200 pcs, kaos pendek 200 pcs, kaos panjang 100 pcs, celana panjang jeans 100 pcs, celana panjang chinos 200 pcs, jacket 50 pcs, topi 25 pcs, hand bag 50 pcs, waist bag 50 pcs dan barang lainnya 100 pcs.

Detail rincian penjualan distro :

  • Kemeja panjang 200 pcs x Rp 120.000 = Rp 24.000.000
  • Kemeja pendek 200 pcs x Rp 100.000 = Rp 20.000.000
  • Kaos pendek 200 pcs x Rp 50.000 = Rp 10.000.000
  • Kaos panjang 100 pcs x Rp 75.000 = Rp 7.500.000
  • Celana panjang jeans 100 pcs x Rp 250.000 = Rp 25.000.000
  • Celana panjang chinos 200 pcs x Rp 150.000 = Rp 30.000.000
  • Jacket 50 pcs x Rp 150.000 = Rp 7.500.000
  • Topi 25 pcs x Rp 80.000 = Rp 2.000.000
  • Hand bag 50 pcs x Rp 120.000 = Rp 6.000.000
  • Waist Bag 50 pcs x 200.000 = Rp 10.000.000
  • Barang lain 100 pcs = Rp 20.000.000

Estimasi hasil penjualan dari distro Rp 162.000.000

Barang yang harus dibeli setiap bulannya pada usaha distro :

BarangBiaya
Kemeja panjangRp 20.000.000
Kemeja pendekRp 16.000.000
Kaos pendekRp 7.000.000
Kaos panjangRp 6.000.000
Celana panjang jeansRp 22.000.000
Celana panjang chinosRp 24.000.000
JacketRp 6.000.000
TopiRp 1.625.000
Hand BagRp 5.000.000
Waist BagRp 9.000.000
Barang lainRp 18.000.000
ATKRp 50.000
Gaji 2 orang karyawanRp 3.000.000
Biaya Listrik dan AirRp 200.000
Biaya internet, telpon dan pulsaRp 300.000
Biaya maintenanceRp 100.000

Jadi pengeluaran per bulan usaha distro mencapai Rp 138.275.000

Bagaimana Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Distro

Setiap orang yang membuka usaha, pastinya ingin penjualannya meningkat secara signifikan. Lantas bagaimana caranya?

  • Punya karyawan yang bisa fokus mengelola media sosial
  • Pengembangan web sebagai media pemasaran harus terus dilakukan secara berkala, termasuk optimasi keyword agar lebih banyak pengunjung
  • Sebulan sekali bisa mengadakan give away untuk menarik minat follower
  • Pastikan distro Anda didesain khusus sehingga meninggalkan kesan yang menarik dan nyaman
  • Memberikan pelayanan yang baik sebelum dan sesudah

Perhitungan Estimasi Keuntungan Bisnis Distro

  • Kemeja panjang 200 pcs x Rp 120.000 = Rp 24.000.000
  • Kemeja pendek 200 pcs x Rp 100.000 = Rp 20.000.000
  • Kaos pendek 200 pcs x Rp 50.000 = Rp 10.000.000
  • Kaos panjang 100 pcs x Rp 75.000 = Rp 7.500.000
  • Celana panjang jeans 100 pcs x Rp 250.000 = Rp 25.000.000
  • Celana panjang chinos 200 pcs x Rp 150.000 = Rp 30.000.000
  • Jacket 50 pcs x Rp 150.000 = Rp 7.500.000
  • Topi 25 pcs x Rp 80.000 = Rp 2.000.000
  • Hand bag 50 pcs x Rp 120.000 = Rp 6.000.000
  • Waist Bag 50 pcs x 200.000 = Rp 10.000.000
  • Barang lain 100 pcs = Rp 20.000.000
  • Total penghasilan kotor = Rp 162.000.000
  • Pengeluaran per bulan = Rp 138.275.000
  • Pendapatan bersih = Rp 23.725.000

Resiko dari Usaha Distro dan Cara Mengatasi

Jika Anda memutuskan untuk terjun langsung buka usaha distro, berbagai tantangan dan resiko itu pasa ada saja. Apa saja resiko yang mungkin timbul?

  • Anda harus siap dengan perubahan tren yang drastis.
  • Kompetitor ada dimana – mana, jika Anda tak kreatif, peluang tersingkir pasti bisa terjadi
  • Pekerjaan rumah yang masih belum banyak dilakukan oleh para pengusaha distro adalah membuat para pelanggannya setia dan repeat order.

Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah segala resiko tersebut?

  • Mempunyai kreatifitas yang tinggi, Anda bisa merevisi pakaian – pakaian yang dianggap tidak tren menjadi lebih menarik sehingga tetap memiliki nilai jual.
  • Hindari membuka distro di lokasi yang banyak pesaingnya.
  • Memberikan pelayanan yang baik, kirimkan survey pelanggan dan rajin berinteraksi dengan para pelanggan.
Bagikan Postingan: