Modal Digital Agency serta Tips Memulai Usaha

Modal Usaha Agency

Modal Agency ~ Salah satu tolak ukur kesuksesan bisnis anda tentunya adalah seberapa luas jangkauan yang dihasilkan oleh produk/jasa di kalangan masyarakat. 

Bersamaan dengan bergesernya trend market belakangan ini, Digital Agency menjadi salah satu usaha bisnis inovatif yang banyak dilirik orang. 

Digital Agency juga memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Hal ini yang tentunya menjadi poin utama potensi digital agency merajai industri digital.

Apa itu Digital Agency?

Digital Agency adalah perusahaan digital yang bergerak dibidang bantuan pemasaran suatu bisnis. Bantuan yang diberikan oleh agency ini beragam. Mulai dari pembuatan konten, strategi pemasaran, hingga eksekusi di platform digital itu sendiri.

Jadi, secara singkat digital agency adalah pihak ketiga yang membantu proses pembuatan dan pemasaran produk maupun jasa pada platform digital.

Secara umum, digital agency menawarkan bantuan berupa produk dan jasa sebagai berikut:

1. Pembuatan dan pengelolaan website

Website adalah kumpulan halaman yang berada dalam suatu domain yang memuat berbagai informasi agar dapat dibaca, dilihat dan dicari oleh pengguna melalui sebuah mesin pencari.

Singkatnya website bisa disebut sebagai wadah yang memuat suatu produk. bisa berupa produk informasi, produk dagang maupun jenis-jenis produk yang lain.

Sayangnya kemampuan dalam membuat dan mengelola website ini belum banyak dimiliki masyarakat. Hal itu tentunya dimanfaatkan oleh agency untuk menawarkan bantuan kepada klien 

2. Membantu memaksimalkan branding

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agency untuk membantu memaksimalkan branding suatu produk maupun jasa yang dimiliki oleh kliennya, diantaranya:

  • Agency Akan Memperjelas Identitas Bisnis Klien
  • Mempelajari Value Dari Bisnis Maupun Produk Klien
  • Mengenal Target Audiens serta Minat dan Bakat Mereka
  • Memahami Pasar dan Kompetitor klien

3. Meningkatkan Search Engine Optimisation (SEO)

SEO secara umum merupakan cara untuk mengoptimalkan situs web tertentu agar masuk pada peringkat teratas pada hasil pencarian.

Terlebih pada organic research yang dilakukan oleh user atau pada saat memasukkan kata kunci (keyword) pencarian pada browser dan search engine Google.

SEO sangat berfokus pada pencarian kata kunci secara organik. Sehingga optimalisasi SEO ini sangat cocok digunakan untuk website.

4. Pembuatan Aplikasi

Selain membantu pembuatan website, Agency juga memberi penawaran untuk membantu klien dalam pembuatan aplikasi. 

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan aplikasi pada bisnis mobile.

  • Membangun branding semakin luas
  • Membangun loyalitas pelanggan
  • Memperluas Pemasaran atau Market
  • Terciptanya Saluran Pemasaran langsung

5. Desain Grafis

Untuk mewujudkan gambaran visual dari sebuah gagasan bisnis, agency akan membantu mengumpulkan ide-ide untuk mengembangkan suatu produk melalui tampilan visual yang menarik.

Desain grafis yang dirancang dengan baik akan menjadi sarana meningkatkan penjualan, memperkenalkan produk, hingga mendapatkan pasar yang bagus. 

6. Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah proses pemasaran dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk memperkenalkan produk agar dapat menarik minat audiens.

Content marketing  adalah jembatan untuk membangun relasi dengan audiens. Oleh karena itu, konten yang disampaikan harus relevan dengan kondisi audiens agar audiens merasa butuh terhadap konten yang ditampilkan

7. Social Media Marketing

Sesuai namanya, sosial media marketing secara sederhana dapat diartikan sebagai serangkaian proses pemasaran yang dilakukan di media sosial. 

Terdapat beberapa keuntungan yang menjadi alasan pentingnya dilakukan pemasaran melalui media sosial. diantaranya:

  • Meningkatkan Brand Awareness
  • Mendapatkan Feedback produk dan strategi pemasaran
  • Dapat Digunakan Untuk Mempelajari Kompetitor

8. Jasa Fotografi dan Videografi

Tampilan foto maupun video dalam menampilkan suatu produk penting untuk diperhatikan, karena tampilan yang baik dan menarik akan dengan mudah pula menarik minat audiens terhadap produk yang ditampilkan.

Oleh karena itu, seringkali agency menawarkan bantuan berupa jasa fotografi dan videografi kepada klien yang dimaksudkan agar produk dapat tersorot secara sempurna.

Kenapa Harus Memulai Digital Agency?

Orang Berfikir

Di era digital seperti saat ini, hampir seluruh kegiatan bisnis dilakukan secara digital. kegiatan-kegiatan konvensional perlahan juga terlihat mulai ditinggalkan.

Namun sangat disayangkan, belum bisnis-bisnis digital yang saat ini berkembang belum seluruhnya dapat menerapkan digital marketing dengan optimal. 

Masyarakat yang mulai merambah dunia digital nyatanya belum seluruhnya paham betul cara penggunaan internet yang tepat maupun cara menjalankan usaha secara online. Artinya, potensi besar yang dimiliki oleh pasar digital belum seimbang dengan jumlah usaha yang bisa berkembang di dunia online.

Masih marak sekali pelaku usaha dan bisnis yang belum dapat menerapkan digital marketing secara optimal. Mereka membutuhkan wadah yang dapat membantu menyorot dengan baik produknya di antara banyaknya kompetitor.

Nah, celah yang harus dimanfaatkan oleh anda yang berencana membuka digital agency.

Peluang agency dalam jangka panjang tentu cukup baik didukung oleh fakta bahwa bisnis sangat mengandalkan digital agency untuk pemasaran, sebagaimana berikut:

  • Pelaku Bisnis Mengandalkan Agency Karena Ditangani Oleh Ahli
  • Pelaku Bisnis Bisa Lebih Fokus 
  • Perkembangan Digital Marketing Yang Sangat Pesat

Tips dan Modal Memulai Digital Agency

Jadi gimana? digital agency cukup menjanjikan untuk dikembangkan jangka panjang bukan?. Namun tentunya memulai agency tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba sebelum memulai digital agency.

1. Tentukan Jasa Yang Ditawarkan

Pada awal pembentukan agency, anda tidak perlu menawarkan banyak jasa, cukup satu atau dua saja. Anda bisa memulai dengan menawarkan skill yang anda miliki ataupun jasa lain yang masih berhubungan.

2. Pilih Niche Market

Daripada mencari klien dari berbagai macam jenis industri, digital agency lebih disarankan untuk menarget pasar dalam lingkup yang lebih kecil dan spesifik. misal niche market digital marketing anda adalah bisnis fashion. Berarti, anda hanya menargetkan klien-klien yang memiliki bisnis fashion saja.

3. Tentukan Model Bisnis

Model bisnis dalam hal ini adalah tentang bagaimana sistem pembayaran yang akan digunakan pada agensi anda. 

ada tiga jenis model bisnis yang umum digunakan oleh digital agency.

Harga Tetap

pada model ini anda memberikan harga tetap untuk setiap jasa yang ditawarkan. Misalnya, content marketing dengan kisaran harga 500 ribu untuk 10 artikel atau pembuatan logo yang dibandrol dengan harga 750 untuk tiap gambarnya.

Per Jam

Model bisnis jenis ini lebih sering digunakan di luar negeri namun jarang digunakan di Indonesia. Nantinya klien akan membayar sesuai waktu yang anda butuhkan untuk mengerjakan orderan yang diminta.

Biaya Tetap 

Dengan model bisnis ini anda dapat menarik atau mendapatkan uang setiap bulannya sesuai dengan nominal yang telah disepakati sampai proyek yang diminta oleh klien selesai dikerjakan. Model Bisnis ini cocok digunakan pada proyek jangka panjang atau kerja sama dengan klien tetap.

Estimasi Biaya Modal Agency

Jenis KebutuhanBiaya
Gedung/BangunanRp. 1.000.000/Bulan
Komputer atau LaptopRp. 5.000.000
KaryawanRp. 1.500.000/Orang
WifiRp. 300.000/Bulan
Total Rp. 8.800.000

Dari penjelasan beberapa model bisnis dan rancangan modal di atas, anda perlu menyiapkan modal sekurang-kurangnya sebesar Rp. 8.800.000 untuk memulai membuat digital agensi.

Besaran modal untuk masing-masing jenis agensi tentunya beragam, tergantung jasa apa yang akan anda fokuskan pada agensi anda

Selamat Mencoba !

Bagikan Postingan: