Advertisements

8 Contoh Kliping Tentang Pendidikan : Fungsi, Tujuan, Contoh Masalah

Kliping Pendidikan

Apa Itu Kliping Pendidikan?

Kliping Pendidikan ~ Kliping adalah kegiatan memotong dan menempelkan bahan informasi, yang diperoleh dari berbagai sumber dengan tema yang sama. Sedangkan dalam penataan kliping berada pada media kertas dan lainnya, yang disusun dengan teknik tertentu.

Sedangkan untuk tema kliping yang akan dibuat kali ini adalah mengenai pendidikan.

Advertisements

Bagaimana Cara Pembuatan Kliping Pendidikan

Jika Anda ingin membuat kliping pendidikan, Anda bisa mengikuti cara di berikut ini:

1. Tentukanlah materi pembahasan menurut tema kliping Anda

Pertama silahkan untuk menentukan materi yang ingin dibahas pada kliping. Berdasarkan tema kliping pendidikan Anda bisa menggunakan topik kliping seperti fungsi, tujuan dan juga contoh masalah.

2. Carilah bahan informasi terkait materi kliping pada berbagai sumber

Berikutnya Anda bisa mulai melanjutkan dengan mencari  bahan informasi terkait materi kliping Anda melalui berbagai sumber yang tersedia.

3. Guntinglah bahan informasi untuk mendapatkan informasi yang penting

Agar informasi yang disajikan pada kliping lebih efisien, Anda bisa mulai dengan menggunting bahan informasi pada bagian yang penting-penting saja.

Advertisements

4. Tempelkan informasi yang sudah digunting pada media yang ada

Terakhir adalah silahkan untuk menempelkan potongan informasi pada media yang diminta. Pada umumnya media pembuatan kliping bisa menggunakan kertas hvs, folio maupun jenis kertas lainnya. kliping tentang pendidikan sudah selesai dibuat.

Di bawah ini beberapa contoh “Kliping Pendidikan” yang dapat Anda ikuti.

Contoh Kliping Pendidikan
Contoh Kliping Pendidikan 2

Contoh Kliping Fungsi Pendidikan

1. Kliping Fungsi Sosialisasi

Sosial

Pendidikan memiliki fungsi dan peran yang sangat besar teurtama dalam proses sosialisasi masyarakat agar berjalan denan lancar. Dengan adanya pendidikan diharapkan tiap masyarakat bersosialisasi dengan wajar tanpa adanya batasan lain.

2. Kliping Fungsi Kontrol Sosial

Interaksi

Pendidikan bagi semua manusia mempunyai fungsi dalam mempertahankan dan melakukan kontrol sosial. Melalui pendidikan ini tiap individu mampu menanamkan nilai dan melakukan interaksi secara baik, terlepas dari perbedaan pandangan maupun batasan lainnya.

3. Kliping Fungsi Pelestari Kebudayaan Masyarakat

budaya

Melalui pendidikan tiap-tiap budaya yang ada dalam masyarakat dapat bersatu terlepas dari keberagaman yang ada. Dengan adanya hal ini tentu saja pendidikan mampu menjadi sebuah wadah dalam proses pelestarian budaya dan adat istiadat di masyarakat.

4. Kliping Fungsi Latihan, Seleksi dan Pengembangan Tenaga Kerja

Kerja

Saat ini tiap kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan memiliki kualifikasi tenaga kerja dari berbagai sisi, terutama dalam bidang pendidikan. Maka dari itu untuk menyiapkan kebutuhan kerja dan masa depan, pendidikan menjadi solusi  wadah yang sangat tepat.

Contoh Kliping Tujuan Pendidikan

Buku

Pendidikan memiliki tujuan sebagai media dalam pengembangan potensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia yang ada. Selain itu pendidikan juga dapat mencerdaskan manusia supaya mempunyai kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Tiap negara selalu berupaya untuk meningkatkan angka kualitas pendidikan yang dimiliki. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan adalah salah satu hal paling penting dalam kemajuan pada sebuah negara.

Contoh Kliping Masalah Pendidikan

Pendidikan yang Belum Merata

Sekolah

Seperti halnya pembangunan, dalam bidang pendidikan pemerintah Indonesia juga belum bisa maksimal dalam melakukan programnya. Saat ini dibeberapa wilayah terpencil di Indonesia masih banyak yang belum bisa menikmati pendidikan secara baik.

Hal tersebut dapat ditandai dengan tidak adanya lembaga pendidikan di wilayah tersebut, tidak adanya guru atau tenaga pengajar, tidak adanya fasilitas dan kesulitan akses pendidikan.

Bahan Belajar Kurang Memadai

Siswa

Pendidikan di Indonesia pada beberapa wilayah juga memiliki bahan ajar untuk keperluan belajar mengajar yang kurang. Hal ini menjadi salah satu masalah pendidikan yang memang harus diperhatikan dengan baik.

Sebab bahan ajar ini  berfungsi untuk penunjang belajar dari tiap siswa. Sudah seharusnya siswa mendapatkan kualitas bahan ajar yang baik dan kemudahan untuk mendapatkannya.

Anggaran Pendidikan yang Terbatas

ekonomi

Pemerintah Indonesia memiliki anggaran pada sektor pendidikan yang masih tergolong kecil. Meski tiap tahunnya anggaran pendidikan selalu diupayakan untuk mengalami kenaikan. Namun faktanya di lapangan belum mampu menjangkau semua wilayah.

Hal ini yang membuat masalah pendidikan di Indonesia tidak kunjung selesai dimana seharusnya Indonesia sudah harus meningkatkan kualitasnya.

Itulah pengertian dari “Kliping Pendidikan”. Tuliskan komentar Anda pada kolom yang tersedia, terima kasih sudah membaca serta semoga info ini berguna.