8 Contoh Kliping Perubahan Sosial Budaya : Bentuk, Penyebab, Faktor, Dampak, Contoh

Kliping Perubahan Sosial Budaya

Apa Itu Kliping Perubahan Sosial Budaya?

Kliping Perubahan Sosial Budaya ~ Kliping adalah kegiatan mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai macam sumber informasi yang tersedia. Dimana pada tiap informasi yang dikumpulkan akan digunting dan ditempelkan menyerupai penyusunan majalah dinding.

Kali ini tema yang akan dijadikan menjadi kliping adalah tentang perubahan sosial budaya.

blackgarlic

Bagaimana Cara Pembuatan Kliping Perubahan Sosial Budaya?

Bagi Anda yang ingin membuat kliping tentang perubahan sosial budaya, silahkan untuk melihat pada penjelasan di bawah ini:

1. Tentukanlah materi yang ingin Anda sampaikan dalam kliping tersebut

Silahkan untuk mulai menentukan materi yang ingin dimasukkan pada pembuatan kliping Anda. Sedangkan untuk tema kliping perubahan sosial budaya Anda bisa mengambil materi seperti bentuk, penyebab, faktor, dampak dan juga contohnya.

2. Dapatkanlah bahan informasi terkait materi yang hendak Anda sampaikan

Berikutnya Anda bisa mulai untuk mencari bahan informasi terkait materi yang telah ditentukan. Silahkan untuk mencari informasi yang dibutuhkan tidak terbatas hanya pada 1 sumber saja.

iklan gaji

3. Potonglah informasi yang ada pada bagian yang ingin dimunculkan pada kliping

Lanjutkan dengan memotong informasi yang telah didapatkan pada komponen yang penting saja.

4. Susunlah potongan informasi dan rekatkan pada media yang ada

Berikutnya Anda bisa mulai untuk menyusun dan merekatkan bahan informasi yang telah digunting pada media yang telah ditentukan. Pastikan untuk menyusunnya dengan rapi agar mudah dipahami oleh pembaca. Kliping Anda sudah selesai dibuat.

Berikut merupakan contoh dari Kliping Perubahan Sosial Budaya yang dapat Anda ketahui.

Contoh Kliping Perubahan Sosial Budaya
Contoh Kliping Perubahan Sosial Budaya

Contoh Kliping Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Revolusi

Perubahan sosial budaya memiliki terdiri atas 3 bentuk yang bisa Anda ketahui, yaitu dalma bentuk revolusi dan evolusi, lalu ada juga perubahan yang memang dirancang dan tidak dirancang. Dan yang terakhir adalah perubahan besar dan kecil.

Contoh Kliping Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Konflik

Perubahan sosial dan budaya pada masyarakat dapat disebabkan melalui 2 kategori kelompok, yaitu internal dan eksternal. Pada kelompok internal perubahan sosial disebabkan oleh perubahan di masyarakat seperti berubahnya jumlah penduduk, konflik dan lainnya.

Sedangkan untuk kelompok penyebab perubahan sosial budaya eksternal bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti bencana alam, perang, maupun globalisasi. Hal yang bisa diketahui dari perubahan sosial ini adalah disebabkan oleh penyebab dari dalam dan luar masyarakat.

Contoh Kliping Faktor Perubahan Sosial Budaya

Kliping Kontak dengan Budaya Lain

wilayah

Saat ini kegiatan apapun bisa dengan mudah dinikmati oleh semua orang tanpa adanya batasan wilayah dan negara. Sehingga hal ini mampu membuat kontak dengan budaya lain menjadi lebih mudah. Intensitas tersebut mampu menjadi faktor perubahan sosial budaya.

Kliping Sikap Menghargai

saling menghargai

Sikap saling menghargai dan memberikan apresiasi kepada suatu budaya dan karya orang lain, dapat membuat semua orang semangat berkarya dan menciptakan sesuatu yang baru. Kemunculan karya ini mampu mendorong terjadinya perubahan sosial budaya yang baik.

Kliping Sistem Pendidikan yang Maju

pendidikan

Pendidikan adalah salah satu bidang yang berperan pada hampir semua kegiatan. Salah satunya adalah perubahan sosial budaya. Sebab pendidikan membuat individu mampu memiliki daya pikir yang lebih objektif dan rasional.

Contoh Kliping Dampak Perubahan Sosial Budaya

Kliping Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya

Cerdas

Perubahan sosial budaya memberikan dampak positif kepada masyarakat seperti mempererat rasa integrasi, memberikan kemajuan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, memberikan kualitas kehidupan yang lebih baik dan pola pikir maju.

Kliping Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya

Konsumtif

Sejalan dengan dampak positif tentu saja terdapat dampak negatif dari adanya perubahan sosial budaya. Beberapa dampak negatifnya yaitu muncul perilaku konsumtif, unsur kebudayaan asli tertinggal dan juga dekadensi atau penurunan moral individu.

Contoh Kliping Contoh Perubahan Sosial Budaya

Makanan Sehat Sayuran

Gaya hidup termasuk dalam salah satu contoh dari perubahan sosial budaya di masyarakat. Saat ini gaya hidup setiap orang berubah mengikuti perkembangan zaman dan lingkungan tempat tinggal. Seperti gaya hidup baik menjadi vegetarian dan terburuk konsumsi narkoba.

Berikutnya adalah perubahan sosial budaya dalam bidang cara berpakaian. Hal ini jelas dipengaruhi oleh globalisasi dan modernisasi yang sangat mudah diperoleh oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat mengikuti cara berpakaian orang luar negeri yang mereka idolakan.

Itulah penjelasan mengenai “Kliping Perubahan Sosial Budaya” yang dapat Anda pahami. Pastikan untuk memberikan komentar pada kolom yang tersedia dan terima kasih sudah membaca informasi ini.

iklan gaji