11 Contoh Kliping Musik : Klasik, Jazz, Blues, Country, Reggae, RAP

Kliping Musik

Apa Itu Kliping Musik?

Kliping Musik ~ Kliping musik adalah usaha untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, baik itu sumber media online maupun media cetak dengan satu tema yaitu musik. Sedangkan dalam pembuatan kliping ini Anda membutuhkan beberapa alat untuk merekatkan dan menggunting

Kliping akan digunting sebelum direkatkan pada media kliping yang sudah ditentukan. Selain itu dalam proses pembuatan kliping diperlukan teknik penataan tertentu agar kliping bisa dinikmati oleh pembaca dengan mudah.

blackgarlic

Cara Membuat Kliping Musik

  1. Tentukanlah pembahasan kliping yang sesuai dengan tema musik yang Anda ambil
  2. Kumpulkanlah bahan informasi terkait topik tersebut dari berbagai sumber yang ada
  3. Siapkan alat untuk pembuatan kliping seperti gunting maupun lem
  4. Guntinglah informasi pada bagian yang ingin ditampilkan pada kliping
  5. Rekatkan guntingan informasi tersebut pada media yang sudah disiapkan
  6. Kliping sudah selesai dibuat

Berikut ini adalah contoh Kliping Musik yang bisa Anda ketahui.

Contoh Kliping Musik
Contoh Kliping Musik 2

Sumber Kliping Tentang Musik

1. Kliping Musik Genre Klasik

Gitar

Musik ini memiliki pengertian sebagai jenis musik dengan konsep keindahan dan rasa intelektual. Musik ini banyak diminati oleh penikmat musik di setiap zaman.

2. Kliping Musik Genre Jazz

Terompet

Musik dengan genre jazz adalah suatu jenis musik yang ada karena terjadi penggabungan antara genre musik lain seperti ragtime, blues, musik eropa maupun musik band. Musik ini memiliki beberapa sub genre lagi diantaranya adalah dixieland, bebop, swing, cool jazz dll.

iklan gaji

3. Kliping Musik Genre Blues

Piano

Sedangkan untuk genre blues itu sendiri merupakan pengertian dari sebuah aliran musik yang asalnya dari Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya juga yaitu dalam bentuk musik instrumen maupun musik vokal.

4. Kliping Musik Genre Country

Gitar

Untuk musik genre country merupakan salah satu genre musik yang didapatkan dari percampuran unsur-unsur musik dari Amerika. Musik ini didapatkan dari penggabungan antara musik dari Amerika Serikat Selatan dan Pegunungan Appalachia.

Perlu diketahui bahwa nada utama yang ada pada genre musik country adalah cerita dan dibawakan dengan pembawaan yang ringa dan santai.

5. Kliping Musik Genre Techno

Dj

Musik genre techno merupakan genre musik yang memiliki aliran musik dari tema futuristik. Musik ini bisa Anda temukan ketika menikmati musik dari seorang Disk Jockey atau DJ. Musik ini memerlukan alat digital untuk mendukung tema futuristik yang diinginkan.

6. Kliping Musik Genre Reggae

Saxofone

Musik genre merupakan musik yang lahir Jamaika pada akhir era 60-an. Musik ini memiliki pembawaan yang santai dan memiliki ciri khas dalam gaya musik ritmis, yang biasa disebut dengan skank. Jenis musik reggae biasanya memiliki tempo yang lambat.

7. Kliping Musik Genre R&B

Alat Musik Ritmis

Musik jenis R&B merupakan salah sau jenis musik yang terdiri dari beberapa jenis genre musik lainnya seperti jazz, gospel dan blues. Musik ini merupakan singkatan dari Rhythm and Blues.

8. Kliping Musik Genre Rap

Rap

Musik rap ini tergolong masuk dalam kategori musik hip-hop. Sedangkan untuk musik ini lebih mengedepankan teknik vokal yang cepat dalam berkata-kata dari penyanyinya yang disebut sebagai rapper.

9. Kliping Musik Genre Death Metal

Tangan Metal

Musik ini termasuk dalam kategori subgenre heavy metal, yang mulai berkembang di awal tahun 1980-an dari genre trash metal. Musik ini mempunyai ciri khas pada liriknya yang mengedepankan tema kekerasan dan kematian.

Contoh Kliping Musik

Contoh Kliping Berita Musik

Konser

Niki Zefanya merupakan seorang penyanyi yang berasal dari Indonesia dan sangat berbakat. Sekali lagi Niki Zefanya berhasil membuktikan kemampuannya dengan menjadi penyanyi perempuan dari Indonesia, yang pertama bisa tampil di panggung Coachella.

Penampilan Niki di Coachella pada tanggal 15 April 2022 dengan membawakan pertama “Sempurna” sebelum lagu andalan lainnya seperti “Every Summertime”, yang telah menjadi soundtrack film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings.

Contoh Kliping Pelaku Musik Legendaris Indonesia

Konser Legend

Indonesia juga memiliki banyak sekali musisi legendaris yang telah menciptakan banyak karya musik dengan berbagai genre. Diantaranya adalah Chrisye, Ebiet G Ade, Iwan Fals, Rhoma Irama, Titiek Puspa, Mbah Surip, Bimbo, God Bless dan lainnya.

Itulah tadi penjelasan rinci terkait “Kliping Musik” yang bisa Anda simak. Pastikan untuk menuliskan komentar pada kolom yang tersedia. Terima kasih sudah membaca dan semoga informasi ini  bermanfaat.

iklan gaji