Marketing atau pemasaran online saat ini merupakan langkah penting dalam berjualan di era teknologi. Namun, terlepas dari hal itu tentu ada kelebihan dan kekurangan sistem pemasaran online yang perlu dipahami.
Hal itu sangat penting karena seperti halnya sistem lainnya, sistem tersebut juga memerlukan persiapan serta strategi tepat. Jika tidak, maka usaha atau bisnis Anda bukannya mendapatkan untung malah menderita kerugian.
Oleh karena itu, sebelum ikut menggunakan strategi online atau daring ini, Anda memerlukan pertimbangan matang. Untuk membantu dalam memutuskan, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan marketing online.
Kelebihan Sistem Pemasaran Online
Mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem pemasaran online adalah langkah awal yang tepat sebelum Anda menggunakan strategi tersebut. Pada bagian pertama ini, akan dibahas berbagai macam kelebihan dari teknik marketing tersebut, berikut adalah kelebihannya.
1. Memiliki Peluang Akses Pelanggan Luas
Dalam pemasaran secara daring ini, akses bagi Anda untuk menemukan pelanggan potensial sangatlah luas. Pasalnya, di era modern dan teknologi seperti sekarang, hampir semua orang sudah menggunakan jaringan internet baik lewat HP maupun PC.
Hal tersebut tentu membuat Anda dapat menjangkau banyak sekali pelanggan melalui strategi ini. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan pelanggan sesuai target penjualan juga akan menjadi semakin besar.
2. Tidak Terbatas Geografis
Internet adalah media dengan jangkauan luas tanpa adanya batasan geografis ataupun nasional. Artinya, Anda dapat membuat strategi marketing untuk dipasarkan ke berbagai negara tanpa perlu takut adanya batasan geografis.
Hal tersebut membuat orang-orang di dunia dapat melihat iklan yang Anda buat. Kondisi tersebut tentu merupakan salah satu keuntungan iklan online karena membuat jangkauan bisnis Anda tidak hanya terbatas dalam satu negara saja tetapi sudah bisa dilakukan lintas negara.
3. Modal Lebih Terjangkau
Berikutnya, kelebihan pemasaran online ini adalah Anda bisa melakukan promosi bisnis dengan biaya lebih murah. Promosi lewat internet atau online ini jika dilihat biayanya dapat jauh lebih murah dibandingkan dengan metode marketing lainnya.
Hal itu merupakan salah satu alasan mengapa kalangan pebisnis mulai dari skala kecil sampai menengah banyak memakai cara pemasaran tersebut dibanding promosi offline. Bahkan, dengan strategi tepat, marketing ini bisa dilakukan dengan biaya 0 rupiah saja.
4. Mudah Untuk Terhubung ke Customer
Menjaga hubungan dengan customer adalah salah satu cara untuk dapat menjaga loyalitas mereka. Nah, dengan adanya sistem marketing daring ini, Anda sebagai pebisnis dapat selalu terhubung ke customer secara real time.
Anda bisa terus menjangkau customer untuk selalu memberikan promosi secara langsung, update, diskon, ataupun informasi lain terkait perkembangan usaha Anda. Biasanya, langkah ini bisa dilakukan dengan mengirimkan email ataupun memanfaatkan akun media sosial.
5. Memperoleh Feedback Dengan Cepat
Kelebihan berikutnya, Anda juga bisa memperoleh feedback atau umpan balik dari customer secara instan. Adanya akses internet baik lewat website, media sosial, dan juga chat online memungkinkan customer untuk dapat memberikan feedback dengan cepat.
Dari feedback tersebut nantinya bisa dibuat beberapa pengembangan agar bisnis bisa berjalan dan mengakomodasi customer dengan lebih baik. Hal ini sangat penting untuk bisnis karena kesuksesan bisnis ditentukan oleh kepuasan dari para customer.
6. Hemat Waktu
Salah satu keuntungan dari promosi adalah dapat membuat pekerjaan bisnis menjadi lebih hemat waktu. Pasalnya, para pelanggan dapat mengetahui tentang produk yang dijual dengan lebih mudah dan cepat hanya lewat internet.
Dengan kata lain, baik penjual ataupun pembeli sama-sama bisa mendapatkan akses informasi bisnis kapan dan juga di mana saja. Dengan begitu, waktu untuk melakukan kegiatan promosi, datang ke toko, ataupun interaksi jualan bisa menjadi lebih efisien.
Kekurangan Dalam Sistem Pemasaran Online
Pada saat membahas kelebihan dan kekurangan sistem pemasaran online, tentu Anda tidak hanya fokus pada kelebihannya saja tetapi juga kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari sistem ini yang perlu untuk diperhatikan.
1. Masih Terdapat Pelanggan Memilih Toko Offline
Meskipun perkembangan teknologi internet sudah begitu pesat, namun kebiasaan masyarakat dalam berbelanja belum semuanya ikut berubah. Hal itu bisa dilihat masih banyaknya pelanggan yang lebih menyukai berbelanja di toko offline.
Beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi adalah karena pelanggan menganggap beli langsung ke toko lebih aman dibanding beli online. Pemikiran seperti itu tentu bukanlah hal yang baru mengingat cukup banyak kasus penipuan yang dilakukan oknum penjual online.
2. Keterbatasan Kemampuan Customer Menggunakan Internet
Tidak sedikit para customer yang belum begitu mahir dalam memanfaatkan teknologi internet. Kondisi tersebut tentu menjadi salah satu faktor yang bisa membuat Anda tidak mendapatkan tambahan pelanggan.
Kondisi tersebut umumnya terjadi pada kalangan paruh baya ke atas yang mungkin belum begitu akrab dengan teknologi internet. Namun, untuk para generasi muda, menggunakan internet tentu bukanlah hal yang sulit dilakukan.
Pada umumnya, kekurangan promosi online seperti ini ditemui apabila Anda memang menargetkan penjualan untuk semua kalangan usia. Tantangan tersebut bisa menjadi salah satu kendala dalam pemasaran sehingga dibutuhkan strategi marketing online yang tepat.
3. Perubahan Peraturan Dalam Penjualan Online
Dalam praktiknya, selalu terdapat update atau perkembangan aturan dalam penjualan online. Hal tersebut tentu harus diperhatikan apalagi bagi Anda yang berbisnis dengan memanfaatkan berbagai macam platform jual beli online.
Pantau terus perkembangan-perkembangan yang dilakukan oleh platform jualan online. Dengan begitu, Anda diharapkan bisa mendapatkan strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa mendapatkan hasil penjualan yang optimal.
4. Rawan Penipuan
Selanjutnya, kekurangan pemasaran online yang perlu diperhatikan adalah soal adanya penipuan. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya situs atau website tidak sah yang dibuat untuk menipu para customer.
Selain itu, pengambilan data secara ilegal juga menjadi isu yang kerap terjadi pada strategi pemasaran ini. Apabila hal ini terus terjadi, maka ditakutkan dapat membuat para pelanggan merasa takut dan tidak percaya untuk membeli online.
5. Pembeli dan Penjual Tidak Kontak Langsung
Marketing online membuat para pembeli tidak bertemu langsung dengan pelanggan saat proses pemasaran dan pembelian produk. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan hubungan antara kedua pihak terjalin kurang begitu baik.
Oleh karena itu, diperlukan berbagai strategi tepat agar Anda tetap bisa menjalin keterikatan dengan para pembeli. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjaga hubungan melalui interaksi media sosial.
Dengan memilih persona yang baik serta pengelolaan akun media sosial yang tepat, diharapkan pembeli tetap bisa menjalin ikatan. Hal ini perlu dipikirkan secara matang agar para pelanggan bisa percaya terhadap brand produk Anda.
6. Rawan Terjadi Masalah Teknis
Terakhir, salah satu kerugian dalam kegiatan promosi secara online adalah pemasaran bergantung dengan teknologi sehingga membuatnya rawan mengalami masalah teknis. Untuk itu, dalam penerapannya diperlukan ketelitian serta pemeliharaan yang baik.
Kesalahan teknis tersebut bisa disebabkan oleh sistem atau platform yang digunakan ataupun error dari pengguna. Salah satu masalah teknis yang perlu diperhatikan betul adalah masalah metode pembayaran dalam proses transaksi.
Demikianlah tadi berbagai kelebihan dan kekurangan sistem pemasaran online. Meskipun banyak tantangan yang masih perlu diperhatikan, namun sistem pemasaran tersebut dapat berguna dalam memaksimalkan penjualan Anda.