Banyak sekali jajanan zaman dulu yang kembali populer saat ini, seperti mie lidi yang menjadi peluang bisnis menggiurkan. Ini membuat persaingan bisnis semakin ketat sehingga perlu menyiapkan strategi dengan memilih kata kata promosi mie lidi.
Usaha snack satu ini memiliki pasar yang luas, terlebih para anak-anak, remaja, sampai orang tua yang ingin merasakan nostalgia jajanan ringan tahun 2000-an. Harganya yang murah serta rasanya beraneka ragam membuat konsumen tidak bosan.
Mie lidi dengan bentuknya kecil-kecil beraneka rasa cocok dijadikan teman nyemil di rumah, sekolah, saat piknik, ngumpul bareng sahabat dan masih banyak lagi kegiatan lainnya. Simak strategi bisnis lezat satu ini sampai tips promosi agar mampu bersaing pada pembahasan berikut.
Langkah-Langkah Memulai Usaha
Ide bisnis jajanan zaman dulu menjadi peluang besar saat ini dimana Anda bisa memulai dengan melakukan beberapa tahapan. Karena cukup banyaknya pesaing, maka simak langkah-langkah berikut dengan seksama.
1. Riset Target Pasar
Langkah pertama adalah melakukan riset pasar dimana bertujuan mengetahui siapa calon konsumen paling potensial, misalkan pelajar, mahasiswa, pekerja, dan lain sebagainya. Agar lebih mudah, Anda dapat memanfaatkan fitur pada Google Trends.
2. Branding
Cara untuk dapat bersaing dengan kompetitor yang menjamur menjual mie lidi adalah membuat branding yang tepat, seperti menyiapkan nama brand, logo, kemasan, varian rasa, serta kualitas produk. Branding membutuhkan waktu cukup lama sehingga buat reputasi brand Anda dengan baik.
3. Modal
Hal berikutnya untuk dipersiapkan adalah modal dimana usaha satu ini sebenarnya tidak memerlukan budget yang besar. Anda bisa mulai menjual dengan membeli langsung pada distributor dan mengecek kualitas produk atau dapat juga dikenal sebagai reseller.
4. Pemasaran
Di era digital seperti sekarang, toko online atau belanja secara online menjadi gaya hidup baru masyarakat. Manfaatkan teknologi yang ada untuk melakukan pemasaran atau promosi melalui media sosial dengan membuat narasi atau kata kata promosi mie lidi yang bagus.
Analisis Modal dan Keuntungan
Dalam melakukan bisnis mie lidi, Anda bisa langsung mengambil produk jadi atau membuat mie sendiri dengan menyiapkan sejumlah bahan-bahan serta peralatan. Berikut analisis modal yang perlu disiapkan.
Modal Awal
Modal awal berisi sejumlah bahan-bahan utama pembuatan mie lidi, seperti:
- Tepung terigu
- Tepung sagu
- Baking powder
- Telur
- Bubuk cabai
- Bubuk balado
- Penyedap rasa
- Garam
- Air
- Pembungkus
- Alat pemotong mie
Bahan-bahan tersebut dapat digunakan dalam satu kali produksi dengan takaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Total harga bisa beragam tergantung dari jumlah serta daerah pembuatan.
Estimasi dari biaya operasional kira-kira ada di kisaran Rp2.000.000.
Estimasi pendapatan awal jika dalam 30 hari dapat menjual sampai 100 bungkus dengan harga per bungkus Rp 9.000, maka bisa mendapatkan keuntungan Rp27.000.000.
Dengan demikian, jika dihitung laba satu bulan, maka estimasi pendapatan dikurangi biaya operasional, maka hasilnya adalah Rp Rp27.000.000 – Rp2.000.000 = Rp25.000.000.
Ini merupakan perhitungan secara kasar dan umum sehingga dapat berbeda-beda pada praktiknya tergantung dari berbagai faktor, termasuk banyaknya mie lidi terjual serta biaya operasionalnya.
Kelebihan
Dengan melakukan bisnis mie lidi dimana menjadi kegemaran anak-anak sampai orang dewasa ini, maka Anda bisa memperoleh peluang yang menggiurkan. Ada beberapa kelebihan dari usaha camilan atau makanan ringan tersebut seperti berikut.
1. Bahan Mudah Dicari
Kelebihan pertama dari usaha mie lidi adalah bahwa camilan ini mempunyai bahan-bahan mudah ditemukan di supermarket terdekat. Selain itu, bahannya tidaklah rumit sehingga dapat dilakukan oleh pemula.
2. Mudah Dibuat
Makanan ringan mie yang berbentuk seperti sapu lidi ini juga mudah untuk dibuat karena alat yang diperlukan tidak terlalu banyak dan tidak sulit dioperasikan. Anda hanya perlu menyiapkan alat pemotong mie.
3. Dapat Ditambahkan Berbagai Rasa
Kelebihan dari mie lidi yang disukai banyak orang adalah karena rasa yang sangat beragam dimana konsumen tidak akan pernah bosan. Varian rasa tersebut antara lain, pedas dengan berbagai level, original, balado, pedas manis, jagung, dan masih banyak lagi lainnya.
4. Tahan Lama
Camilan mie lidi dapat bertahan dalam waktu lama sehingga dapat distock untuk beberapa hari dan dikirim sampai ke tempat-tempat cukup jauh. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika teksturnya akan berubah dimana hanya saja perlu kehatia-hatian sebab dapat mudah rusak atau patah-patah.
Kekurangan
Selain menggiurkannya kelebihan dari usaha mie lidi goreng juga mempunyai beberapa kekurangan dimana bisa dijadikan bahan untuk mengevalusi serta pertimbangan secara matang. Berikut daftar kekurangannya.
1. Banyak Pesaing
Kekurangan pertama dari menjalankan bisnis mie lidi adalah banyaknya pesaing sehingga perlu memberikan inovasi baru agar lebih unik dan menarik calon pembeli. Beberapa inovasi baru misalkan terbuat dari bahan organic sehingga kalori mie lidi lebih rendah dan lebih sehat dikonsumsi.
2. Mudah Hancur atau Rusak
Meskipun tahan lama dan teksturnya tidak gampang berubah, tetapi mie lidi sangat rentan mengalami kerusakan atau patah-patah. Dengan demikian, apabila dikirim ke lokasi cukup jauh, harus memberikan extra packing agar tetap utuh saat sampai di tujuan.
Pilihan Kata Kata Promosi Mie Lidi agar Laris
Dalam melakukan kegiatan pemasaran produk, maka harus membuat kata kata yang tepat agar menarik perhatian calon konsumen. Berikut beberapa ide caption untuk dipasang di media sosial atau banner penjualan.
- Mie Lidi Kekinian Viral (…Nama Brand)
- Beli 2 Gratis 1, Yuk Rasakan Lezatnya Mie Lidi
- Nostalgia, Cobain Jajanan Masa Kecil
- Promo Istimewa Bulan Desember Ini Saja. Yuk Di-Gercepin
- Butuh yang Pedes Mini, Mie Lidi Solusinya
Tips Promosi
Pada masa persaingan bisnis di era digital ini, harus pintar dalam mengatur strategi, termasuk melakukan promosi. Ada beberapa tips promosi usaha mie lidi goreng sebagai berikut.
1. Menggunakan Media Sosial
Strategi pertama adalah dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, Youtube, dan lainnya. Gunakan untuk mempromosikan produk dengan upload foto atau video secara rutin agar mendapatkan engagement.
2. Live Shopping
Saat ini dengan melakukan live shopping menggunakan aplikasi belanja online mampu meningkatkan penjualan. Anda dapat memanfaatkan fitur cara penjualan satu ini dengan memberikan tawaran menarik.
3. Promo atau Diskon
Dengan memberikan diskon atau promo produk, maka akan menjadi salah satu langkah paling efektif dalam menarik perhatian pembeli. Adakan ketika pertama kali launching, special day, harbolnas, dan masih banyak lagi event-event lainnya.
4. Menggunakan Jasa Influencer
Tips promosi berikutnya adalah dengan menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk membantu menaikkan produk Anda. Ini merupakan salah satu cara paling bagus karena dampak dari promosi influencer sangat cepat dalam menaikkan angka penjualan.
Merintis bisnis mie lidi yang kembali tren bukan hal mudah karena banyaknya pesaing. Namun, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan pelanggan banyak dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat.
Siapkan berbagai cara promosi termasuk memilih kata kata promosi mie lidi yang menarik untuk dijadikan caption di media sosial atau menjadi banner dipasang di kedai/toko.