Gaji Toko Buah Terbaru 2022

Gaji Toko Buah

Gaji Toko Buah ~ Di sepanjang perjalanan, di tepi jalan-jalan besar Anda pastinya sering menemui toko buah, bukan? Lalu, berapa Gaji Toko Buah?

Gajinya toko buah adalah berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000, tergantung skala tempat usaha dan posisi Anda.

Sekilas Tentang Toko Buah

Sesuai dengan namanya, toko buah ini adalah toko yang menjual berbagai aneka buah segar untuk memenuhi kebutuhan buah masyarakat sekitar. Buah-buah umum yang bisa Anda temukan di toko buah adalah : Pir, Apel Jeruk, Salak, Semangka, Melon, Pisang, Anggur, Manggis, Jambu, Buah Naga, Sawo, Kelengkeng, Duku, dan lain sebagainya.

shopee website

Berdasarkan pelaku usaha dan skalanya, kita bisa membagi toko buah ini jadi 2 yakni yang berskala kecil dan juga menengah-besar.

Toko buah berskala kecil biasanya dikelola oleh perorangan. Dapat Anda jumpai dengan mudah di pinggir-pinggir jalan atau di sekitar pasar. Tidak memerlukan banyak pegawai, biasanya hanya butuh 1-2 pegawai.

Toko buah skala menengah-besar biasanya berbentuk gerai buah yang cukup besar dengan variasi dan jumlah buah yang lebih lengkap, atau ada di dalam supermarket-supermarket besar. Memiliki banyak pegawai.

Gaji Toko Buah Terbaru

  • Karyawan penjaga toko/Shopkeeper di toko buah skala kecil-menengah Rp 500.000 – Rp 1.000.000
  • Karyawan penjaga toko/Shopkeeper di toko buah skala besar/supermarket Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
  • Kasir di toko buah skala besar/supermarket Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
  • Helper (angkat barang) toko buah skala besar Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
  • Supervisor/Leader di toko buah skala besar Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000

Nb : Gaji Toko Buah diatas hanyalah estimasi, besaran gaji yang Anda terima mungkin berbeda. Dihimpun dari beberapa sumber.

Tugas dan Tanggungjawab Pekerja Toko Buah

  • Penjaga Toko/Shopkeeper : Di toko buah skala kecil-menengah yang biasa berada di dekat pasar atau tempat lainnya. Penjaga toko ini bertugas untuk menata buah, menyortir buah yang jelek, melayani pembeli (termasuk menerima uang pembeli dan menyiapkan buah pesanan pembeli), buka tutup toko, menjaga kebersihan toko, dan melaporkan hasil penjualan pada pemilik toko buah.
  • Di toko buah skala menengah – skala besar/supermarket, pekerjaan pramuniaga/shopkeeper/penjaga toko lebih terfokus ke menata buah, melayani pembeli, menjaga kebersihan area, menyortir buah, dan sejenisnya.
  • Kasir di toko buah besar/supermarket : bertugas melayani pembayaran, mencatat transaksi, melayani transaksi jual beli, memasukkan belanjaan konsumen ke kantong plastik, menyetorkan uang pada pemilik, dan sejenisnya.
  • Helper di toko buah skala besar/supermarket biasanya bertugas untuk mengangkat dan menurunkan peti buah atau barang lainnya yang berat dan menyimpannya di Gudang.
  • Supervisor atau leader bertugas untuk memastikan bahwa proses operasional toko buah berjalan dengan lancar.

Di beberapa toko buah, karyawannya biasanya dituntut untuk multitalenta. Contoh, pramuniaga merangkap kasir atau merangkap sebagai helper dan petugas kebersihan. Jadi, sebelum memasukkan lamaran Anda di suatu toko buah, akan lebih baik kalau Anda memastikan lebih dulu jobdesk yang nantinya akan Anda terima.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Gaji Toko Buah

  • Tempat Anda bekerja
  • Lokasi
  • Jobdesk

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa pembahasan mengenai Gaji Toko Buah. Bagaimana? Apakah Anda tertarik?

shopee website