Gaji Lulusan Administrasi Perkantoran : Prospek Kerja, Jenjang Karir dan Kompetensi

Gaji Lulusan Administrasi Perkantoran

Gaji Lulusan Administrasi Perkantoran ~ Jurusan Administrasi Perkantoran mempunyai peminat yang sama banyaknya dengan jurusan ekonomi. Kebanyakan mahasiswa milenial, ingin bisa bekerja kantoran yang cenderung lebih nyaman dan bisa berpenampilan rapi. Selain itu ilmu yang didapatkan dari lulusan administrasi perkantoran juga bisa diterapkan untuk membangun bisnis sendiri.

Deskripsi Seputar Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari tentang ilmu manajemen umum, manajemen perkantoran, akuntansi, komputer, pengetahuan kesekretariatan, humas dan protokol serta ilmu – ilmu lainnya.

Jurusan Administrasi Perkantoran menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diburu oleh perusahaan – perusahaan swasta, BUMN hingga instansi pemerintah untuk mendukung proses birokrasi.

Gaji Lulusan Administrasi Perkantoran

Penghasilan bulanan lulusan administrasi perkantoran berkisar mulai dari Rp 3 jutaan. Di masing – masing perusahaan mungkin ada yang memberikan gaji lebih rendah atau bahkan lebih tinggi.

Berikut ini terdapat detail gaji dari lulusan Administrasi Perkantoran :

NoPekerjaanGaji / Bulan
1.ResepsionisRp 3.000.000
2.SekretarisRp 5.000.000
3.Staf AdministrasiRp 3.000.000
4.PNS (Guru, Staf Pemda, Kementerian)Rp 5.000.000
5.Staf KeuanganRp 5.000.000
6Staf AkuntansiRp 5.000.000
7.Staf PersonaliaRp 5.000.000
8.Staf BUMNRp 5.000.000
9.EntreprenuerRp 20.000.000

Nb. besaran gaji di beberapa tempat mempunyai standarisasi yang berbeda – beda.

Prospek Kerja Lulusan Administrasi Perkantoran

Lulusan Administrasi Perkantoran, hampir mirip dengan lulusan ekonomi yang sampai saat ini banyak dicari oleh perusahaan. Yang terpenting adalah mempunyai skill tambahan di bidang teknologi. Pasti akan dilirik banyak perusahaan swasta, BUMN maupun pemerintahan.

Jenjang Karir Lulusan Administrasi Perkantoran

  • Resepsionis
  • Sekretaris
  • Staf Administrasi
  • PNS (Guru, Staf Pemda, Kementerian)
  • Staf Keuangan
  • Staf Akuntansi
  • Staf Personalia
  • Staf BUMN
  • Entreprenuer

Kompetensi Lulusan Jurusan Administrasi Perkantoran

  • Memahami dengan baik fungsi dari Microsoft Office
  • Mempunyai kemampuan komunikasi
  • Pemahaman berbagai perangkat teknologi
  • Mempunyai kemampuan public speaking
  • Mempunyai ketelitian yang tinggi
  • Mempunyai kemampuan hitung
  • Mempunyai kemampuan menulis
  • Bisa manajemen waktu dengan baik

Tips Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Administrasi Perkantoran

Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan, agar selama berkarir di bidang Administrasi Perkantoran bisa sukses :

1. Pastikan CV Benar – Benar Berbobot

CV menjadi modal awal untuk membuka peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Pastikan profesionalitas desain hingga bobotnya benar – benar diperhatikan. Isi yang singkat, padat, jelas dan mampu mewakili semua info tentang diri Anda, biasanya akan membuat HRD lebih tertarik untuk mengenal Anda lebih dalam.

2. Banyaknya Relasi Sangat Penting untuk Perkembangan Karir

Perkembangan karir banyak dipengaruhi dan didukung dari relasi yang Anda ciptakan. Semakin banyak kenalan dan koneksi yang Anda miliki, momen sharing bisa menjadi ladang untuk mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya.

3. Mencari Referensi di Website Loker

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi, mengumpulkan data yang bersumber dari website loker sangat disarankan. Disana terdapat detail informasi yang Anda butuhkan, kemudian bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan mengacu pada sumber lain yakni website resmi masing – masing perusahaan tersebut.

4. Coba untuk Magang

Magang menjadi salah satu alternatif yang bisa membantu mengasah kemampuan sebelum benar – benar masuk ke lingkungan kerja yang sesungguhnya. Selain itu, pengalaman magang bisa membuat CV Anda semakin padat.

5. Ikut Berbagai Pelatihan Online Bersertifikat

Manfaatkan waktu luang Anda dengan sebaik – baiknya untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan selama masa pencarian kerja. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pelatihan online bersertifikat yang bisa Anda ikuti. Mulai dari yang gratis sampai berbayar.

6. Terjun Sebagai Freelancer

Meskipun belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan, tak boleh patah semangat. Sembari melakukan pencarian terus menerus, Anda bisa mencari penghasilan lain sebagai Freelancer. Sebagai lulusan administrasi perkantoran, banyak kok pekerjaan remote yang relevan dengan ilmu yang Anda miliki.

 

Bagikan Postingan: