Di berbagai perusahaan tentu membutuhkan divisi marketing atau pemasaran. Pastinya, pada divisi tersebutlah, perusahaan akan dikenal banyak orang. Dari divisi tersebut jugalah, aliran dana masuk dan menjadi penopang kehidupan perusahaan.
Di balik sukses tidaknya divisi marketing, ada peran penting yang memimpin, mau dijajakan ke mana produk-produk perusahaan. Dialah kepala marketing atau yang biasanya disebut CMO. Lantas seberapa banyak tugasnya? Apakah sebanyak gajinya juga?
Deskripsi CMO
CMO atau yang berarti Chief Marketing Officer, merupakan pemimpin dari divisi marketing (pemasaran). Ada sedikit perbedaan antara CMO di perusahaan besar dan kecil.
CMO pada perusahaan besar berfokus untuk bagaimana caranya memperluas pasar serta brand perusahaannya. Berbeda dengan perusahaan kecil atau yang baru dirintis. Karena lebih berfokus pada visibilitas serta prospek perusahaan ke depannya.
Tugas CMO
Sebagai seorang leader, CMO memiliki tugas dan tanggung jawab yang banyak dan begitu penting. Khususnya pada divisinya, marketing atau pemasaran. Di antara tugas-tugasnya meliputi:
- Membuat strategi dan atau perencanaan pemasaran
- Pemasaran produk
- Pengembangan produk dan mengamati perkembangannya
- Menetapkan harga produk
- Melakukan manajemen penjualan
- Mengikuti tren pasar dan melihat peluang dari permasalahan di pasar
- Inovasi produk
- Branding perusahaan
- Menganalisis data
- Melakukan koordinasi dengan para chief divisi lain
- Melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan staff yang dipimpinnya
- Mengawasi kinerja divisinya
- Menganalisis ekonomi mikro
Kualifikasi CMO
Kualifikasi / Skill yang Harus Dikuasai CMO
Demikian tugas-tugasnya yang banyak dan berat, maka dari itulah diperlukan skill yang mumpuni untuk menyelesaikannya. CMO dituntut memiliki beberapa skill penting, di antaranya adalah:
- Skill leadership dan komunikasi yang baik
- Mempunyai visi dan misi yang strategis (visioner)
- Berpikir cepat dan tepat
- Kreatif dan inovatif
- Mampu melihat peluang
- Mampu menganalisis
- Problem solver
- Memahami pergerakan dan situasi pasar
- Fokus pada konsumen dan pengalaman mereka
- Menguasai analisis serta interpretasi data
Pendidikan / Jurusan yang Bisa Diambil CMO
Ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan pendidikan S2 untuk bisa menjadi CMO. Tetapi ada juga perusahaan-perusahaan kecil yang hanya mensyaratkan lulusan S1 menjadi CMO.
- Bisnis
- Pemasaran
- Business Administration
- Manajemen bisnis
Gaji CMO di Indonesia
Gaji untuk Chief Marketing Officer (CMO) berbeda-beda, tergantung pada kebijakan perusahaan. Di perusahaan besar, rata-rata gaji dan tunjangan CMO adalah sekitar Rp 20.000.000 hingga Rp 35.000.000 per bulannya.
Adapun di beberapa perusahaan pembiayaan, CMO mendapatkan gaji pokok sekitar:
- CMO WOM Finance Rp 2.943.553
- CMO Mandiri Utama Finance Rp 3.800.000
- CMO Adira Finance Rp 3.800.000
- CMO FIF Grop Rp 6.000.000
Selain gaji, pada umumnya CMO di perusahaan pembiayaan keuangan juga mendapatkan komisi yang cukup besar.
Prospek Kerja CMO
Jenjang Karir CMO
CMO menjadi posisi eksekutif atau puncak pada divisi pemasaran. Sehingga, kalau dari divisinya, tentu CMO tidak akan naik jenjang pada divisi tersebut. Tetapi, CMO bisa naik ke jenjang karir lain yang lebih tinggi, seperti
- CEO (Chief Executive Officer)
- Direktur (direksi)
Di mana CMO bekerja?
Untuk jabatan dengan sebutan Chief Marketing Officer, banyak dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang usaha perbankan dan layanan keuangan (finance) pembiayaan.
Di bidang usaha lainnya, biasanya lebih menggunakan sebutan manager atau direktur marketing.