Gaji Call Center : Job Desk, Kualifikasi dan Jenjang Karir

Call center merupakan pusat layanan informasi yang memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Fungsi call center sebagai media informasi bagi customer untuk memberikan informasi yang diperlukan. Misalnya, suatu perusahaan sedang meluncurkan produk terbarunya, maka para pelanggan dapat mencari info seputar produk tersebut melalui call center.

Berapa besaran gaji call center? Besar gaji call center adalah berkisar antara Rp 2.325.000 hingga Rp 5.000.000. Berikut ini adalah daftar gaji seorang call center.

Daftar Gaji Call Center

  • Call Center Assistant Manager Rp 5.000.000
  • Call Center Officer Rp 4.000.000
  • Team Leader Call Center Rp 4.550.000
  • Call Center Supervisor Rp 5.000.000
  • Coordinator Call Center Rp 3.300.000
  • Corporate Call Center Supervisor Rp 5.000.000
  • Senior Call Center Agent Rp 2.325.000
  • Leader Call Center Officer Rp 4.000.000
  • Supervisor Call Center (Inbound & Outbound) Rp 5.000.000
  • Call Center Quality Control dan Admin Rp 3.500.000
  • Call Center Operation Support Rp 4.000.000
  • Marketing & Call Center Rp 3.800.000
  • Team Leader Desk Control Operational Call Center Rp 4.000.000

Daftar gaji di atas hanyalah kisaran saja. Perolehan gaji seorang call center nantinya akan tergantung tempat kerja, UMR setempat, insentif, kemampuan, dan pengalaman yang Anda miliki.

Job Desk Call Center

Seorang call center harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik supaya kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan terjamin. Berikut ini merupakan cakupan job desc call center.

  • Menerima dan menjawab panggilan telepon masuk di saluran call center
  • Mendengarkan panggilan pelanggan dengan seksama dan menghadapi setiap keluhan dengan sopan
  • Memberikan jawaban atau informasi dari setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan terkait produk maupun layanan lainnya
  • Memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi pelanggan
  • Selalu memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan cepat pada setiap pelanggan.

Kualifikasi Call Center

Profesi call center menempati posisi di garda terdepan sebuah perusahaan dalam menghadapi konsumen. Oleh karena diperlukan beberapa kualifikasi sebagai berikut.

  • Cepat tanggap
  • Komunikatif
  • Berempati
  • Antusiasme
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman produk atau jasa yang disediakan perusahaan dengan baik

Skill yang Harus Dikuasai

Keahlian yang setidaknya dimiliki oleh call center diantaranya:

  • Persuasi
  • Selalu tersenyum
  • Kemampuan memahami pelanggan
  • Kemampuan komunikasi
  • Keahlian komputer
  • Keterampilan memecahkan masalah

Pendidikan Call Center / Jurusan yang Bisa Diambil

Untuk memenuhi posisi sebagai call center, pendidikan minimal yang dibutuhkan yaitu D3 semua jurusan dengan IPK minimal 3.00. Anda juga disarankan untuk menguasai bahasa Inggris aktif supaya cakupan pelanggan yang Anda tangani bisa lebih luas.

Jenjang Karir Call Center

Selain dapat bekerja di berbagai perusahaan populer, seorang call center memiliki jenjang karir jelas dan gaji yang lumayan besar.

Profesi sebagai call center memiliki jenjang karir yang diukur berdasarkan pengalaman kerja dan kompetensinya. Berikut ini urutan jenjang karir call center secara umum.

  • Call center agent (call center representative) untuk tingkat junior (pengalaman 1-3 tahun)
  • Call center specialist untuk tingkat menengah (pengalaman 4-8 tahun)
  • Call center manager / director untuk tingkat senior (pengalaman lebih dari 8 tahun)

Dimana Call Center Bekerja

Hampir setiap perusahaan yang menawarkan produk atau jasa memiliki call center agent yang bertanggung jawab menghandle keluhan pelanggan. Mulai dari perbankan, marketplace, operator seluler, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah informasi daftar gaji seorang call center secara garis besar. Bagi Anda yang merasa memenuhi kualifikasi dan tertarik bekerja dibidang ini, segera masukkan lamaran Anda ya!

Bagikan Postingan: