Dalam membuat sebuah bisnis, menentukan brand adalah bagian penting dimana bisa mengambil dari bahasa negara lain, termasuk Italia. Nama brand bahasa Italia bisa menjadi referensi untuk berbagai bisnis, mulai dari fashion, kuliner, dan masih banyak lagi lainnya.
Nama-nama merk yang unik dan beda dari lainnya tentu saja akan mudah diingat oleh para konsumen. Italia mempunyai bahasa yang sangat indah serta terdapat banyak vocabulary menarik cocok untuk dijadikan nama bisnis Anda.
Tidak hanya terkenal dengan bidang kuliner saja, di negara Italia sendiri menjadi pusat dari berbagai bisnis dengan brand ternama, sebut saja Gucci, Prada, Dolce & Gabbana, Max Mara, serta lain-lainnya. Temukan referensi aesthetic pada pembahasan berikut.
Cara Memilih Nama Brand Bahasa Italia agar Tampil Keren
Jika Anda tertarik dengan bahasa Italia, maka dapat menjadikannya sumber nama bisnis dengan memilih kosakata yang unik serta keren. Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan nama brand atau merk bisnis seperti berikut.
1. Mempunyai Makna Bagus sesuai Bidang Usaha
Cara pertama adalah mencari vocabulary Bahasa Italy dari berbagai sumber dengan memilih yang mempunyai makna bagus serta pastinya sesuai bidang usaha yang digeluti. Dengan demikian, dapat menyesuaikan juga berdasarkan visi misi bisnis Anda.
2. Mudah Diucapkan
Bahasa Itali bagi kita tentu saja cukup sulit diucapkan, oleh sebab itu pilihlah nama dimana cukup mudah diucapkan serta selaras dengan maknanya yang indah. Ini akan membantu ketika melakukan promosi secara langsung kepada para calon pelanggan.
3. Unik
Dengan memilih bahasa satu ini saja sudah dapat dipastikan akan terdengar unik, namun tidak boleh asal saja mencomot kata. Keunikan harus dipastikan original dimana tidak sedang digunakan oleh usaha milik orang lain.
4. Fresh dan Aesthetic
Agar tidak terlihat monoton dengan tulisan dan artinya, Anda bisa mengkolaborasikan kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan lainnya dalam satu nama brand. Ini akan memberikan hasil penamaan lebih kaya, segar, dan aesthetic.
Kosakata Bahasa Italia untuk Usaha Fashion
Jika Anda sedang menggeluti bidang fashion atau pakaian, maka bisa menggunakan ide nama brand fashion seperti di bawah ini lengkap dengan artinya.
1. Menggunakan Vocab Gabungan Bahasa Italy dan English
Dalam bahasa Italia, terdapat kosa kata bahasa Italia berkaitan tema fashion dimana agar lebih bagus dan universal, tambahkan dengan English. Berikut contoh ide dan artinya.
- La Fancy Abito = Gaun yang indah
- Boutique Estetica = Butik Estetik
- House of Luna = Rumah Bulan
- La Mia Fashion di Bellezza = Fashion-ku yang Indah
2. Makna Estetik
Saat ini, kata-kata estetik menjadi sangat populer karena memberikan kesan indah serta penuh makna. Anda dapat menggunakan beberapa referensi di bawah ini untuk dijadikan nama brand fashion.
- Numero uno artinya nomor satu
- Fausta artinya beruntung
- Achileo artinya manusia bijaksana
- Dante artinya keabadian
- Diego artinya ajaran hal-hal kebaikan
- Ilario artinya selalu dalam bahagia serta anugerah bagi semua orang
- Patrizio artinya mulia
3. Menambahkan Nama Pemilik/Owner
Dengan menambahkan nama orang Italia pada brand juga menjadi salah satu tips menarik untuk dicoba. Berikut ide nama brand baju dan artinya dengan tambahan nama pemilik/owner.
- Valerio = Kuat
- Valentino = Kuat dan sehat
- Zever = Cerah
- Bene = Bagus
- Bello = Tampan atau indah
- Felice = Bahagia
- Ruben = Beruntung
4. Unik dan Menarik
Penggunaan kata menarik nan unik bisa menggabungkan dari kata sifat, kata benda, kata seru, dan lainnya. Sebagai referensi, simak daftar ide di bawah ini.
- Cin Cin = Mari Bersulang!
- Qui = Di Sini
- Buona Fortuna = Semoga Sukses
- Va Bene = Sangat Bagus
- Ciao, Vitus! = Halo, Kehidupan!
Kosakata Bahasa Italia untuk Usaha Kuliner
Usaha kuliner juga banyak digeluti saat ini, mulai dari restoran, café, sampai warung-warung di pinggir jalan. Agar terlihat lebih menarik, gunakan ide nama dari bahasa Italia seperti di bawah ini.
- La torta di compleanno = kue ulang tahun
- Il pane = roti
- La prima colazione = sarapan
- La mensa = kafetaria
- Le caramelle = permen
- La gomma da masticare = permen karet
- Il pollo = ayam
- Il cioccolato = coklat
- La panna = krim
- Il dessert = makanan penutup
- Il piatto = hidangan
- La patatine fritte = kentang goreng
- Il gelato = es krim
- La lasagna = lasagna
- La carne = daging
- La pasta = mie
- La paella = paella
- L’arachide = kacang tanah
- La pizza = pizza
Kosakata Bahasa Italia untuk Usaha Skincare dan Make up
Bidang bisnis lain dengan pasar cukup luas adalah skincare dan make up. Tambahkan nama dari Italian untuk memberikan kesan yang menarik. Nama nama Italia di bawah ini dapat dijadikan referensi penamaan bisnis skincare dan make up.
- Amore artinya cinta
- Dare Vita artinya menciptakan sesuatu yang baru
- Definire artinya mendefinisikan
- Truccare = put makeup on/gunakan riasan
- Detergere = membersihkan
Selain di atas, Anda juga dapat menggunakan nama Italia aesthetic perempuan karena sangat indah seperti berikut.
- Angela = Malaikat
- Annabella = mencintai
- Aria = udara
- Belenda = cantik
- Carlotta = kuat
- Eloisa = sehat
- Eve = hidup
- Giulia = muda
- Greta = mutiara
- Honora = wanita kehormatan
- Liliana = bunga lily
- Mia = milikku
- Naomi = kesenangan
Strategi Efektif Membuat Nama Brand Bisnis
Untuk dapat memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang harus dipersiapkan, termasuk nama brand. Dalam hal ini, Anda dapat mengikuti sejumlah strategi efektif penamaan brand/merk dagang sebagai berikut.
1. Nama sesuai Konteks
Pertama, pilihlah nama sesuai dengan konteks bisnis sehingga calon konsumen bisa dengan mudah mengingat usaha Anda. Apabila tidak sesuai bidang usaha, maka mereka pasti akan kesulitan mengenali.
2. Identifikasi Kompetitor
Lakukan identifikasi terhadap para pesaing di area sekitar dengan melihat penamaan brand mereka supaya bisa menemukan ide baru. Kemudian, ciptakan merk sendiri tanpa menjiplak.
3. Membuat Nama dari Bahasa Asing yang Mudah Dibaca
Saat ini, banyak sekali usaha menggunakan nama brand berasal dari bahasa lain, termasuk bahasa Italia yang estetik dengan makna juga indah. Pastikan memilih nama dengan makna positif dan baik.
4. Pastikan Nama Bisa Bertahan Lama
Strategi berikutnya adalah memastikan pemilihan nama brand mampu bertahan lama sehingga harus menarik, unik, tidak pernah ada sebelumnya, sederhana, serta mudah dibaca dan diingat. Dengan demikian, dapat terlihat lebih menonjol daripada para pesaing.
Dalam memulai sebuah bisnis, tidak hanya strategi dan produk/jasa saja yang dipikirkan, tetapi juga nama brand. Pemilihan merk tidak bisa sembarangan karena menjadi representasi usaha serta menjadi cara branding.
Salah satu tips menggunakan nama brand bahasa Italia dapat dijadikan referensi untuk menciptakan nama dagang unik dan menarik. Pilih nama sesuai konteks bisnis dengan makna yang baik dan bagus.